Telur puyuh adalah salah satu telur yang banyak di gemari untuk di konsumsi di kalangan masyarakat. Telur yang memiliki bentuk kecil ini biasanya banyak di jumpai dalam ragam aneka olahan masakan seperti sate telur puyuh, telur puyuh sambal bali dan banyak lagi lainnya. Seperti yang tertera pada namanya telur ini adalah telur yang di hasilkan oleh burung puyuh.

Burung-puyuh

burung puyuh dan telurnya – image [ source ]

Burung puyuh merupakan salah satu dari varian burung yang mampu memproduksi telur sangat tinggi mencapai 300 butir/tahun. Daya tahan dari telur puyuh ini juga tidak begitu lama, karena kualitas telur puyuh yang baik hanya memiliki daya tahan hanya sekitar 3 minggu.

Nah mungkin banyak orang hanya mengetahui telur puyuh dari segi olahan masakan saja. Namun perlu di ketahui bahwa telur puyuh ternyata juga memiliki banyak khasiat yang terkandung di dalamnya. Masih penasaran apa saja khasiat telur puyuh yang sering kita konsumsi. Berikut adalah beberapa fakta luar biasa tentang telur puyuh.

1. Sebagai Obat Penyembuh Alami

Tercatat bahwa sejak dari ribuan tahun yang lalu, banyak dari ilmu pengobatan China kuno yang memanfaatkan telur puyuh sebagai sarana pengobatan tradisional. Telur puyuh ternyata memiliki banyak khasiat sebagai pengobatan medis alami, seperti asma, demam, batuk, maag dan juga sebagai pengobatan beberapa masalah penyakit kulit.

telur puyuh

telur puyuh bisa di gunakan sebagai obat – image [ source ]

Bagi seseorang yang memiliki masalah dalam pencernaan atau memiliki gangguan tekanan darah tinggi di anjurkan untuk mengkonsumsi telur puyuh sebanyak 120 butir selama 25 hari. Sedangkan untuk diabetes dan animea di anjurkan untuk mengkonsim sebanyak 240 butir selama 49 hari.

2. Kandungan Vitamin Yang Tinggi

Telur puyuh sering dikatakan memiliki kandungan kolestrol yang tinggi, namun ternyata semua itu tidaklah benar adanya. Telur puyuh merupakan jenis telur yang ternyata memiliki kandungan lemak jahat yang sangat rendah. Meskipun telur ini memiliki bentuk yang sangat kecil di bandingkan dengan telur ayam, ternyata telur ini memiliki kandungan gizi empat kali lebih banyak di bandingkan dengan telur ayam.

telur puyuh bervitamin

telur puyuh adalah telur tinggi vitamin – image [ source ]

Telur puyuh mengandung 13 persen protein, sedangkan telur ayam hanya memiliki 11 persen kandungan protein. Selain itu vitamin B1 telur puyuh 140 persen lebih banyak di banding 50 persen vitamin B1 pada ayam. Sangat besar kan kandungan yang di miliki telur puyuh ini, telur ini sangat cocok di berikan sebagai penunjang tumbuh kembang anak.

3. Tak Menimbulkan Alergi Malah sebagai penyembuh alergi

Dari kandungan vitamin tinggi yang di miliki telur puyuh, ternyata telur ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi seseorang yang rutin mengkonsumsinya. Khasiat bagi anak-anak adalah telur puyuh ternyata mampu menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit menular. Anak-anak akan memiliki potensi lebih sedikit untuk mudah terkena penyakit yang menular di banding anak-anak yang jarang mengkonsumsinya.

Kandungan-Serta-Khasiat-Telur-Puyuh

telur puyuh tidak mengakibatkan alergi – image [ source ]

Yang sangat ajaib dari telur ini adalah tidak akan menimbulkan efek alergi bagi yang mengkonsumsinya. Bahkan sangat banyak di percaya kalau telur puyuh itu ternyata mampu menyembuhkan orang dari alergi telur yang di milikinya.

4. Membantu Mencerdaskan Otak

Telur puyuh mengandung kandungan kolin yang sangat tinggi, manfaat dari kolin sangatlah mempengaruhi bagi perkembangan otak. Kandungan kolin terlur puyuh sama dengan kandungan kolin yang terdapat pada telur bebek. Bagi ibu yang sedang hamil sangat di anjurkan untuk rutin mengkonsumsi banyak telur puyuh. Telur puyuh ternyata akan menyediakan kolin sebagai penunjang tumbuh kembang otak sang janin.

Kecerdasan-Otak-Anak

mengkonsumsi telur puyuh mempengaruhi kecerdasan otak – image [ source ]

Selain itu bagi ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsinya jika ingin memiliki anak yang cerdas nantinya dengan memiliki otak yang sempurna. Dalam masa kandungan kandungan telur puyuh ini ternyata memilki peran yang mampu mencegah terjadinya cacat kandungan bahkan mampu mengurangi tingkat keguguran. Bagi yang memiliki usia produktif maupun lanjut usia telur puyuh juga sangat di anjurkan untuk di konsumsi, karena mampu menjaga kesehatan otak dan akan menghambat terjadinya kepikunan dini.

5. Melindungi Mata Juga Sebagai Obat Awet Muda

Warna kuning yang terkandung dalam telur puyuh memiliki kandungan senyawa lutein dan zeaksantin. Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung senyawa lutein dan zeaksantin ternyata akan meningkatkan kandungan lutein dan zeaksantin yang ada dalam retina mata. Kedua kandungan senyawa tersebut merupakan asupan gisi untuk pigmen mata yang akan mampu menjaga kesehatan mata.

tips-mata-sehat-cantik

mata sehat dengan konsumsi telur puyuh – image [ source ]

Kandungan senyawa lutein ternyata juga mampu menghambat proses terjadinya penuaan. Kandungan lutein ternyata mampu memberikan peran sebanyak 40 persen yang mampu mempercepat regenerasi sel yang membuat kita tampak menjadi tua. Jika kandungan lutein dalam telur puyuh sangatlah tinggi maka bukan tidak akan mungkin jika rutin mengkonsumsinya maka tubuh kita akan selalu terlihat muda.

Nah itulah beberapa fakta luar biasa yang dimiliki oleh telur puyuh. Sangat beruntung kita tinggal di Negara Indonesia karena dapat dengan mudah mendapatkan dan membeli telur puyuh dengan harga relatif terjangkau. Tak perlu terlalu khawatir tentangĀ  bakteri salmonela yang mungkin terkandung di dalam telur puyuh karena burung puyuh ternyata tahan terhadap infeksi dan merupakan jenis burung yang memilki kandungan lisozim yang mampu membunuh bakteri. Jangan mengabaikan kebaikan yang di bawa telur puyuh ya, sesekali penuhi gizimu dengan memakannya.

No more articles