Hingga kini penyakit batuk adalah salah satu jenis penyakit yang disebut-sebut sebagai penyakit paling menjengkelkan. Pasalnya kebanyakan orang mengaku kalau sudah terjangkit penyakit batuk tubuh akan menjadi lebih merasakan rasa capek yang luar biasa. Hal itu dipicu lantaran pengaruh rasa sesak yang dialami akibat intensitas batuk yang terlalu menguras tenaga.

Meredakan Batuk

Meredakan Batuk [ image source ]

Mengobati batuk memang butuh perhatian ekstra supaya bisa segera lekas sembuh. Selain menggunakan obat yang dijual dipasaran, nggak ada salahnya loh kalau kamu juga mengkombinasikan pengobatan batuk dengan menggunakan minuman tradisional yang dipercaya mampu membantu mengatasi batuk secara menyeluruh. Nah berikut ini adalah jenis minuman tradisional yang bisa kamu coba untuk membantu meredakan masalah batukmu yang membandel.

1. Jeruk Nipis Dan Kecap

Jeruk Nipis Dan Kecap

Jeruk Nipis Dan Kecap [ image source ]

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, perasan air jeruk nipis yang dicampur kecap adalah merupakan resep rahasia yang dipercaya mampu membantu mengatasi masalah batuk. Cara untuk membuatnya pun tidak terlalu sulit, karena hanya cukup memeras jeruk nipis yang kemudian airnya dicampur dengan kecap secukupnya lalu diminum setelah kamu selesai makan.

2. Jeruk Nipis Hangat

Jeruk Nipis Hangat

Jeruk Nipis Hangat [ image source ]

Jika kamu nggak terlalu suka dengan resep pertama, menyeduh air perasan jeruk nipis dengan air hangat saja ternyata juga sudah sangat cukup untuk dijadikan sebagai obat pereda batuk. Khasiat jeruk sendiri ternyata ada banyak bagi penderita batuk yaitu dapat membantu meredakan gatal ditenggorokan dan melemaskan otot pernafasan.

3. Jeruk Nipis Dan Madu

Jeruk Nipis Dan Madu

Jeruk Nipis Dan Madu [ image source ]

Mnuman yang berikutnya masih menggunakan bahan jeruk nipis. Namun untuk kali ini yang dijadikan campuran bukanlah kecap melainkan adalah madu. Madu sendiri disebut sebagai salah satu bahan alami yang mampu melawan bakteri penyebab berbagai macam penyakit. Untuk itulah perpaduan air jeruk nipis dan madu sangat efektif digunakan untuk meredakan batuk.

4. Jamu Kencur

Jamu Kencur

Jamu Kencur [ image source ]

Wedang kencur atau sering disebut dengan jamu kencur juga dianggap sebagai salah satu obat tradisional paling mujarab untuk menyembuhkan batuk. Sifatnya yang dapat menghangatkan tenggorokan saat bauk membuat jamu ini banyak diburu sebagai obat batuk. Bahkan jamu kencur juga dipercaya mampu merawat kesehatan paru-paru secara alami.

5. Wedang Jahe

Wedang Jahe

Wedang Jahe [ image source ]

Nggak hanya dijadikan sebagai minuman enghangat badan, wesang jahe ternyata sejak zaman dahulu juga digunakan sebagai minuman untuk membantu meredakan batuk. Bahkan menurut penelitian, jahe adalah merupakan jenis tanaman antibiotik alami yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk saat sedang menderita batuk.

No more articles