Seperti yang kita ketahui, saat ini Google merupakan mesin pencari paling populer di dunia maya. Tidak hanya itu, Google mengembangkan berbagai proyek sampingan yang ternyata banyak yang menuai sukses besar. Android adalah salah satu proyek Google yang sukses mengubah cara hidup orang orang di dunia.

proyek futuristik google

proyek futuristik google. image [source]

Tidak hanya berhenti sampai pada kesuksesan android dan mesin pencari saja, ternyata Google masih mengembangkan banyak sekali proyek rahasia. Proyek proyek sampingan Google yang belum sepenuhnya dirilis ke publik tersebut banyak diantaranya fokus untuk mengembangkan teknologi super canggih yang bisa memudahkan manusia dimasa depan. Apa saja proyek-proyek futuristik Google tersebut? Berikut ini 10 diantaranya.

1. Rumah Android

Sudah tahu kan bahwa Google mengembangkan androidnya dibeberapa piranti lain, selain handphone. Ya, ada Google glass kacamata pintar bersistem operasi android. Ada smartwatch, jam bersistem operasi android. Bahkan ada juga kan kamera pintar android, televisi pintar bersistem operasi android dan masih banyak lagi alat-alat android lainnya. Namun siapa sangka Google akan mengembangkan rumah yang memiliki sistem operasi android.

rumah android google

Rumah Android Google. image [source]

Di rumah bersistem operasi android ini alat-alatnya bisa berjalan secara otomatis. Kapan waktu lampu menyala dan kapan mati bisa di setting otomatis. Tidak hanya lampu, AC, penguncian pintu bahkan penyediaan secangkir kopi panas pun bisa dilakukan oleh sistem operasi android yang tertanam di rumah masa depan buatan Google tersebut. Jadi siap-siap ya mengambar pola untuk meng-unlock pintu rumah depan ketika mau masuk. Yang suka lupa pola kunci keamanan hp, siap-siap juga tidak bisa masuk rumah.

2. Pengembangan Robot Google.

Ada rumor yang beredar bahwa Google membentuk divisi rahasia yang bertugas mengembangkan robot. Proyek Google yang satu ini diberi kode Google-x. Di lansir dari the Newyork Times, Google membangun sebuah laboratorium yang letaknya tidak dibeberkan ke publik untuk mengerjakan proyek tersebut. Jangan khawatir, Google tidak sedang membuat robot T100 seperti dalam film terminator yang akan memusnahkan umat manusia.

Robot Google

Robot Google. image [source]

Robot-robot yang dikembangkan Google tersebut hanya akan diberi kemampuan untuk mengerjakan tugas-tugas rutin manusia baik di kantor maupun di rumah. Tugas-tugas yang bisa dikerjakan oleh robot tersebut antara lain: membuat kopi, merapikan kertas, memindahkan barang ke tempat-tempat tertentu dan tugas-tugas lainnya. Diharapkan dengan kehadiran robot ini, manusia bisa fokus untuk mengerjakan tugas-tugas yang lebih penting. Kita tunggu bersama sama ya kehadirannya.

3. Mobil Tanpa Supir.

Sudah mencoba sendiri belum kehandalan navigasi turn by turn Google map? Cukup akurat bukan? bahkan belokan kurang berapa meter pun navigasi Google map mampu memberi tahu kita dengan tepat. Tidak puas dengan menyediakan map serta sistem navigasi yang handal tersebut, Google mengembangkan mobil tanpa supir. Jadi selain bisa menunjukkan arah menuju ke suatu tempat, dimasa depan Google bisa mengantarmu langsung ke tujuan dengan mobil tanpa supirnya.

mobil tanpa supir google

Mobil Tanpa Supir Google. image [source]

Lalu keuntugannya buat Google apa ya dengan memproduksi mobil otomatis yang bisa berjalan tanpa supir ini? Dengan adanya mobil otomatis tanpa supir ini, Google akan menampilkan iklan-iklan berbasis lokasi kepada para penumpangnya . sebagai contoh misal kamu berkendara dari Monumen Jogja kembali di Yogyakarta mau ke Malioboro, maka di tengah jalan mobil tanpa supir dari Google tersebut akan menampilkan iklan di tempat tempat tertentu kamu bisa membeli barang-barang yang diiklankan di Google. Demi naik mobil secanggih itu ngak papa deh sekali-kali denger iklan.

4. Lift Menuju Ruang Angkasa.

Keruang angkasa dengan pesawat ulang alik sudah biasa. Lagi pula yang bisa melakukannya hanya para astronot dan orang-orang yang mengikuti latihan dalam jangka waktu yang lama. Keruang angkasa dengan lift mungkin bisa dilakukan oleh semua orang dan bisa menjadi alternatif di masa depan. Google merupakan salah satu perusahaan yang mempunyai mimpi membuat lift menuju ruang angkasa tersebut.

space elevator google

space elevator google. image [source]

Mimpi Google yang satu ini masuk dalam proyek Google-x. Idenya adalah membuat penghubung antara permukaan bumi dengan ruang bebas gravitasi di orbit bumi. Dengan adanya penghubung antara bumi dan ruang angkasa tersebut diharapkan berbagai macam penelitian ilmiah akan mudah dilakukan. Banyak pihak yang berani meramalkan, bahwa lift menuju ruang angkasa ini akan terwujud dalam 10 tahun kedepan.

5. Proyek Energi Hijau.

Saat ini sebagian besar energi yang dipakai oleh penduduk dunia berasal dari pembakaran minyak dan batubara. Pengguanaan minyak dan batubara ini terbukti menghasilkan gas yang mengancam kelangsungan kehidupan di bumi itu sendiri. Pembakaran minyak dan batubara tersebut menghasilkan gas c02 yang terkumpul di atmosfer bumi. Gas co2 tersebut membungkus bumi seperti rumah kaca. Dengan adanya lapisan gas co2 di atmosfer bumi tersebut, sinar matahari bisa masuk, tapi tidak bisa keluar. Mirip seperti yang terjadi pada rumah kaca. Lambat laun bumi semakin panas, cadangan es di kedua kutup mencair, terjadi kenaikan air laut dan berubahnya iklim global.

Google Clean Energy

Google Clean Energy. image [source]

Untuk mencegah kerusakan bumi lebih lanjut, Google mengembangkan proyek energi yang ramah lingkungan. Google mengembangkan turbin penghasil energi listri kyang digerakkan oleh sinar matahari. Caranya dengan memasang kaca yang bisa mengikuti gerak matahari dan mengumpulkan sinarnya. Selain itu, Google juga memetakan daerah-daerah yang menyimpan potensi energi panas bumi. Intinya Google mencoba untuk menghasilkan energi yang biayanya lebih murah dari membakar minyak dan batubara. Energi alternatif tersebut juga lebih bersih emisinya. Tidak banyak menghasilkan gas rumah kaca.

Itulah sebagian dari proyek proyek futuristik google. Semoga lekas terwujud ya, sehingga kehidupan manusia di masa depan bisa lebih mudah dan bumi menjadi tempat yang lebih nyaman.

No more articles