Setiap orang selalu mendambakan bisa backpacking ke berbagai tempat wisata menarik di dunia, namun tak jarang diantara mereka terbentur masalah biaya, apalagi mereka yang masih menyandang status pelajar dan mahasiswa. Tapi minimnya uang bukan berarti Anda tidak bisa backpacking.

Sebagai pejalan sejati, haruslah kalian tau Tips dan Trik apa yang cocok dan sesuai dengan hobi Traveling kalian ini, dengan memiliki konsep Traveling ala kalian masing2, kalian bisa mendapatkan perjalanan yang maksimal dengan budget yang seminimal mungkin. Berikut adalah 5 tips berhemat saat backpacking keluar kota atau negeri:

1. Booking Transportasi Jauh-Jauh Hari

Transportasi bisa menjadi sektor yang paling menyedot dana saat berwisata.  Apalagi jika anda berencana untuk naik pesawat.  Oleh karena itu, cobalah untuk mencari budget airlines atau maskapai penerbangan murah, seperti Air Asia atau Tiger Airways untuk penerbangan internasional, atau Mandala untuk penerbangan lokal.
ilustrasi transportasi
Budget airlines juga biasanya harga tiketnya jauh lebih murah apabila dibooking jauh-jauh hari. Bahkan mereka memberikan promo diskon yang bisa membuat anda menghemat sejumlah banyak uang.  Oleh karena itu, perhatikanlah faktor ini dengan benar-benar serius.

2. Makan di Warung Tenda

Sepintas memang terdengar berisiko, namun inilah yang menjadi sensasi tersendiri dari wisata murah ala backpacker.  Makanan jalanan memiliki harga yang lebih murah daripada makanan restoran, dan membuat anda serasa menjadi warga lokal negara tersebut.  Yang jelas, perhatikan dengan seksama, apakah makanan tersebut benar-benar dibuat dan disajikan secara higienis.
makan di ppinggir jalan
Jika anda ingin lebih aman, carilah review dan informasi tentang kedai-kedai jalanan murah di internet, yang menawarkan makanan yang layak konsumsi.  Alternatifnya, anda bisa membeli makanan instan dan memasaknya sendiri.

3. Nginep di Rumah Temen

Selain menghemat ongkos hotel, tinggal di tempat teman juga bisa memberi berbagai pengalaman baru bagi anda dan menambah jaringan.  Cobalah untuk mengontak teman-teman senegara, atau bahkan teman beda negara yang sudah anda kenal sebelumnya.  Beritahukan rencana kedatangan anda, dan tanyakanlah kemungkinan untuk tinggal di tempatnya selama beberapa hari.
tidur dirumah teman
Yang jelas, jika tinggal di tempat teman anda harus benar-benar menjaga etika. Jangan terlalu merepotkan, dan usahakan agar sang teman tidak mengeluarkan uang untuk anda.  Bawa oleh-oleh yang layak dari tempat anda untuknya, dan pastikan untuk menanyakan kemungkinan tinggal di tempatnya jauh-jauh hari sebelum hari-H.

4. Cari Wisata yang Murah dan Menarik

Tentu saja prinsip utama untuk berwisata murah adalah dengan mencari daerah yang baik biaya hidup maupun biaya transportasinya tidak terlalu mahal.  Akan lebih baik lagi jika daerah tersebut masih jarang dikunjungi turis sehingga perjalanan anda ke sana terkesan lebih istimewa.  Oleh karena itu, diperlukan riset yang cukup serius untuk menemukan tempat-tempat seperti ini.
mengunjungi tempat wisata
Jika berwisata ke luar negeri, pilihlah negara yang tidak memerlukan visa, atau di mana anda bisa membuat visa on arrival (visa dibuat saat mendarat di bandara tujuan).  Hal ini akan menghemat biaya dan waktu.  Negara-negara seperti India, Maladewa, dan Nepal bisa menjadi tujuan ideal, karena proses visa yang mudah dan biaya transport yang relatif lebih murah.

5. Foto Adalah Cinderamata dari Hasil Backpacking

Satu hal yang perlu diingat, oleh-oleh utama anda dalam wisata murah ala backpacker adalah foto-foto.  Oleh karena itu, tidak perlu terlalu banyak membeli oleh-oleh, apalagi sampai membuat anda harus membayar bagasi ekstra.  Jika membeli sesuatu, pastikanlah untuk mendapatkannya di tempat-tempat murah dan jangan lupa untuk menawarnya.
foto sebagai cinderamata
Karena foto adalah hal yang paling penting, pastikan anda menyimpan backup data seandainya memori card atau kamera anda rusak. Upload foto-foto anda ke Facebook atau ke email sesegera mungkin setelah anda mengunjungi objek wisata.
No more articles