Indonesia merupakan tujuan wisata paling populer nomer 4 di seluruh dunia. Tak kurang dari 17 ribu pulau tersebar dari sabang di ujung barat hingga merauke di ujung timur. Banyak orang Indonesia sendiri tidak tahu bahwa Indonesia itu merupakan tujuan wisata yang menarik. Karena ketidak tahuannya itu impian meraka melulu piknik keluar negri. Piknik ke hongkong, singapura, eropa dan berbagai tujuan wisata lainnya padahal di Indonesia sendiri punya tujuan wisata yang asik dan unik. Indonesia punya lombok, Indonesia punya pulau Sumba, Raja Ampat, pulau Komodo dan masih banyak lagi.

6 hal manarik dari indonesia

Tujuan Wisata Indonesia. image [source]

Kepopuleran Indonesia sebagai tujuan wisata sedikit banyak mulai dikenal oleh turis asing. Bahkan banyak turis asing yang pernah berkunjung ke Indonesia membagikan pengalaman indahnya dalam situs atau blog pribadi mereka. Turis yang pernah berkunjung ke Indonesia tersebut menuliskan hal menarik apa saja yang mereka ketemui saat berwisata. Berikut ini 10 hal yang menarik dari Indonesia menurut turis asing.

1. Komodo.

Komodo merupakan kadal terbesar yang hidup di dunia. Hebatnya lagi binatang yang satu ini hanya ada di Indonesia. Komodo termasuk dalam keluarga biawak. Ukurannya bisa mencapai panjang 2-3 meter. Kadal raksasa ini bisa ditemui di pulai Komodo, Rinca, Flores dan Nusa Tenggara. Ukurannya yang besar disebabkan karena di pulau-pulau tersebut tidak ada mamalia karnivora yang memburunya serta laju metabolisme yang kecil.

Keindahan Pulau Komodo

Keindahan Pulau Komodo. image [source]

Jika berwisata ke pulau komodo para turis bisa melihat langsung kehidupan komodo ini di alam liar. Tapi hati-hati ya, meskipun berukuran besar, kadal raksasa ini bisa berlari cukup kencang saat mengejar mangsanya. Disamping itu gigitan dari kadal raksasa ini cukup mematikan. Penyebabnya adalah karena di dalam air liur komodo terdapat bakteri yang akan menginfeksi mangsa yang digigitnya. Pastikan juga jika ingin melihat komodo di alam liar, ada petugas penjaga yang mendampingi. Karena binatang yang satu ini bisa memakan orang.

2. Scuba Diving dan Snorkeling.

Para turis asing yang berkunjung ke Indonesia rata-rata puas dengan aktivitas scuba diving serta snorkeling yang mereka lakukan. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena Indonesia punya banyak spot wisata untuk snorkeling dan scuba diving ini. Beberapa spot snorkeling yang bagus di Indonesia antara lain: pantai pantai di Raja Ampat, Wakatobi, Taman Nasional Komodo. Bunaken dan Karimun Jawa.

Scuba Diving Spot dan Snorkeling

Scuba Diving Spot dan Snorkeling. image [source]

Keindahan spot snorkeling di Raja Ampat sangat dikagumi bahkan oleh turis asing. Di pulau ini terdapat 75 % spesies karang dan koral yang ada di dunia. Disamping itu ada lebih dari 1500 spesies ikan. Keragaman kayati yang ada di pantai pulau Raja Ampat serta airnya yang dangkal jernih inilah yang membuat turis merasa puas snorkeling di spot ini. Sedangkan di spot Taman Nasional Komodo, wisatawan dihibur dengan adanya terumbu karang dengan warna yang indah dan bermacam-macam. Di Wakatobi ada 750 jenis koral dan 850 spesies biota laut. Buktikan sendiri ya keindahan spot-spot snorkeling serta scuba diving ini.

3. Makanan dan Kopi.

Turis asing yang pernah berkunjung ke Indonesia juga kagum pada makanan serta kopi yang disuguhkan kepada mereka. Menurut para turis asing ini, setiap hari mereka bisa makan menu yang berbeda beda. Indonesia memang kaya akan resep makanan tradisional. Banyak makanan asli Indonesia tersebut enak enak dan unik rasanya. Salah satu makanan yang disukai turis asing adalah sate. Tahu kan sate? daging ayam atau kambing yang diiris kecil kecil, diberi bumbu kecap kacang dan dibakar.

Makanan Indonesia Sate

Makanan Indonesia Sate. image [source]

Nasi goreng juga populer di kalangan turis asing. Makanan berikutnya yang berkesan bagi turis asing adalah gudeg. Makanan asli asal Yogkakarta ini terbuat dari buah nangka muda yang diolah dalam waktu lama bersama daging ayam dan bumbu lain. Kopi juga merupakan daya tarik tersendiri bagi turis asing yang berkunjung ke Indonesia. kopi luwak, yang di luar negri di hargai sangat mahal merupakan kopi asli produk Indonesia yang diminati banyak orang asing.

4. Pisang

Turis asing sebagian besar merupakan penyuka pisang. Sebagai bukti mereka menamai tanaman pisang dengan sebutan musa paradisima yang berarti tanaman surga. Jika didata maka di Indonesia terdapat ratusan jenis pisang. Yang ada disekitar rumah saja misalnya ada pisang kepok, pisang raja, pisang emas, pisang uter sampai pisang batu yang banyak bijinya. Tiap-tiap pisang tersebut mempunyai rasa yang berbeda-beda.

Buah Asli Indonesia Pisang

Buah Asli Indonesia Pisang. image [source]

Salah satu kelebihan dari buah pisang adalah bisa disajikan dengan banyak cara. Dimakan langsung sehabis sarapan bisa. Di restoran restoran yang sering disinggahi turis asing, pisang sering disajikan dengan digoreng lalu ditaburi coklat atau bahan-bahan lainnya. Terbukti makanan yang banyak terdapat di Indonesia ini berkesan bagi turis asing yang memakannya. Mereka mau menuliskan pengalaman makan pisang tersebut di blog dan situs pribadi mereka.

5. Borobudur.

Dibuat sekitar abad ke 9, Borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia. Candi borobudir ini terletak di magelang jawa tengan. Tidak kurang dari 2000 relief batuan serta 500 patung menyusun candi Borobudur ini. Meskipun sering penuh sesak dengan pengunjung, para turis asing sangat menikmati kunjungan ke Borobudur ini.

Candi Borobudur

Candi Borobudur. image [source]

Untuk menghindari berdesak desakan dengan banyak orang, menikmati Borobudur sebaiknya di lakukan di waktu pagi. Keuntungan lainnya jika menikmati Borobudur di pagi hari adalah bisa menikmati matahari terbit dari puncak candi. Disamping itu sinar matahari juga tidak terlalu panas menyengat. Puas menjelajahi bangunan candi, saat turun pun kita bisa membeli aneka cinderamata oleh-oleh khas Borobudur.

6. Orang-orangnya

Salah satu daya tarik Indonesia di mata turis asing ternyata adalah orang orang Indonesia itu sendiri. Di mata turis asing, orang orang Indonesia terkenal ramah dan sangat welcome dengan kehadiran wisatawan mancanegara. Menurut turis-turis asing ini, Indonesia adalah negara dimana mereka disambut dengan senyuman lebar dari penduduk lokal.

Senyum Orang Indonesia

Senyum Orang Indonesia. image [source]

Dimata turis asing ini orang-orang Indonesia terkenal bangga dengan sejarah serta kebudayaan yang dimiliki. Semangat untuk berbagi cerita bahkan dengan turis asing juga menjadi alasan turis asing puas berinteraksi dengan orang Indonesia. semoga saja pandangan turis asing tentang orang-orang Indonesia ini tidak berubah dan para wisatawan asing makin betah berkunjung ke Indonesia.

Setujukah kamu dengan pendapat turis turis asing diatas bahwa indonesia itu menarik?

No more articles