Kolesterol berlebih adalah merupakan salah satu pemicu timbulnya penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Banyak sekali yang sering beranggapan keliru tentang kolesterol yang hanya di derita oleh kalangan orang yang menginjak usia tua. Banyak di ketahui sekarang bahwa penderita penyakit kolesterol juga di derita oleh anak di usia muda, bahkan kini jumlahnya sudah mengimbangi jumlah yang di derita oleh orang yang berusia tua.

makanan berlemak memicu kolesterol berlebih

makanan berlemak memicu kolesterol berlebih [ image source ]

Banyaknya kolesterol dalam tubuh yang berlebih kemudian mengendap pada dinding arteri dapat menggangu kelancaran suplai darah ke jantung, otak dan semua bagian tubuh manusia. Terhambatnya suplai darah ke seluruh tubuh dapat mengakibatkan terjadinya penyakit yang serius seperti stroke, kepikunan dini, gagal jantung dan yang lainnya. Kolesterol mungkin adalah ancaman yang jarang di perhatikan oleh banyak orang, yuks simak beberapa tanda yang bisa buat kamu tahu bahwa kolesterol di tubuhmu mulai berlebihan.

1. Gelapnya Warna Kuku di Jarimu, biasanya Berwarna Biru Gelap

Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kolesterol daam tubuhmu adalah dengan cara memeriksa pada bagian kuku. Jika pada kuku orang yang tak memiliki kadar kolesterol tinggi berwarna putih dan cerah, maka sebaliknya pada kuku penderita kolesterol tinggi akan mulai berubah warna menjadi gelap, biasanya berwarna kehitaman atau kebiruan.

kuku yang mulai membiru

kuku yang mulai membiru [ image source ]

Gejala ini di sebabkan oleh tidak lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh yang tidak lancar sehingga membuat suplai darah ke seluruh tubuh menjadi berkurang. Akibat dari kurang lancarnya suplai darah, maka pada bagian kuku akan mulai menghitam atau menjadi berwarna lebih gelap. Selain perubahan warna pada area kuku, lambatnya pertumbuhan kuku juga bisa di jadikan patokan bahwa kolesterol mulai menumpuk di tubuh.

2. Tubuh Akan Mudah Lelah Karena Kinerja Tubuh Terhambat

Jumlah kolesterol normal mungkin bisa sangat bermanfaat bagi tubuh karena akan di jadikan sumber energi. Tubuh akan mengubah lemak menjadi cadangan energi yang banyak di butuhkan oleh organ-organ lain yang di suplai lewat pembuluh darah. Mengumpulnya kolesterol berlebih pada arteri akan menghambat proses pengiriman energi ke seluruh tubuh.

tubuh mudah menjadi lelah akibat kadar kolesterol tinggi

tubuh mudah menjadi lelah akibat kadar kolesterol tinggi [ image source ]

Jika suplai energi mulai terhambat, maka sel-sel pada tubuh tidak bisa bekerja sesuai kapasitasnya sehingga menjadikan energi yang di perlukan tubuh tidak terpenuhi. Terhambatnya aliran darah yang membawa oksigen dapat membuat kerja jantung harus lebih bekerja ekstra memompa darah keseluruh tubuh, inilah salah satu pemicu orang menjadi mudah lelah karena jantungnya over atas kinerjanya.

3. Sering Merasakan Sakit dan Kesemutan di Bagian Tangan dan Kaki

Gejala lain yang dapat di gunakan sebagai tanda bahwa kamu harus mengecek kadar kolesterolmu adalah sering terjadi kesemutan. Salah satu penyebab dari kesemutan adalah kurangnya suplai oksigen dalam darah pada bagian tubuh mengalami penurunan atau terhambat. Tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak untuk merespon bagian yang kekurangan suplai darah yang membuat efek rasa geli berlebih pada bagian yang kesemutan.

sering kesemutan adalah tanda kolesterol tinggi

sering kesemutan adalah tanda kolesterol tinggi [ image source ]

Selain gejala kesemutan, tanda dari banyaknya kolesterol dalam tubuh yang terlah mulai menumpuk banyak adalah sering timbul rasa sakit nyeri yang berlebihan pada kaki dan tangan. Biasanya gejala ini timbul dengan rasa panas dan kurang nyamannya pada bagian kaki atau tangan ketika beraktifitas, bahkan menjadi sakit ketika di fungsikan gunakan. Biasanya hal ini sering terjadi menjelang berhentinya aktivitas keseharianmu atau saat kamu mulai tidur malam.

4. Sering Stres dan Nyeri di Bagian Dada

Kandungan kolesterol jahat dalam tubuh yang tinggi pasti akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Salah satu dari hal lainnya yang bisa kamu jadikan tanda kolesterolmu di luar batas normal adalah kamu akan menjadi mudah stres. Stres yang di derita terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen dalam darah pada otak yang membuat kerja otak menjadi berlebih dari kapasitas yang biasanya. Biasanya selain stres kamu akan mudah menjadi gugup ketika menghadappi sebuah masalah.

nyeri pada bagian dada bisa di picu karena tingginya kolesterol

nyeri pada bagian dada bisa di picu karena tingginya kolesterol [ image source ]

Nyeri pada bagian dada juga merupakan salah satu tanda bahwa seseorang memiliki tingkat kolesterol yang berlebih dalam tubuh. Pengendapan kolesterol yang terdapat pada diding arteri darah mengakibatkan berkurangnya suplai oksigen yang di perlukan oleh jantung sehingga membuat kinerja jantung akan ekstra over untuk memompa darah keseluruh tubuh. jika kam usering merasakan nyeri seperti di tusuk pada bagian dada maka tak ada salahnya untuk segera ke dokter, karena hal tersebut juga menjadi salah satu tanda akan terjadinya gagal jantung.

5. Kepala Belakang Merasa sakit dan Pandangan Menjadi Kabur

Salah tanda yang membuktikan bahwa kolesterol yang menumpuk sudah terlalu over di tubuhmu adalah dengan adanya sakit kepala pada bagian belakang. Mungkin tanda-tanda ini adalah hal yang sering di sepelekan oleh banyak orang yang hanya mengira adalah sakit kepala biasa saja. Jika sakit kepala bagian belakang sudah kamu obati namun sering kambuh, itu mungkin adalah salah satu tanda kolesterol sudah menghambat sistem peredaran darah di bagian leher ke otak, jangan sepelekan hal ini karena bisa memicu terjadinya stroke.

sakit kepala belakang

sakit kepala belakang [ image source ]

Penyempitan pembuluh darah akibat adanya tumpukan kolesterol pada bagian mata ternyata yang sering membuat kinerja mata kita tidak berfungsi dengan sebagai mana mestinya. Pandangan kabur atau menjadi buram adalah salah satu gejala kolesterol yang patut di waspadai karena dengan adanya gejala tersebut tingkat kolesterol dalam tubuh sudah dalam ambang tidak wajar atau terlalu tinggi.

6. Terjadi Perubahan pada Kulit, adanya gumpalan lemak yang keluar

Waspadai jika kulit di sekitar mata kamu mulai menunjukkan perubahan dengan adanya gumpalan lemak yang keluar atau sering di sebut dengan xanthoma. Gejala ini adalah salah satu tanda yang bisa kamu jadikan acuan bahwa kamu sedang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Gejala ini biasanya timbul di area mata dengan gumpalan berwarnya putih atau kekuningan.

xanthoma pada area mata

xanthoma pada area mata [ image source ]

Pada usia lanjut pada penderita kolesterol tinggi gumpalan-gumpalan ini tidak hanya akan muncul di bagian kelopak mata saja, melainkan bisa muncul pada bagian siku tangan atau lutut kaki. Bahkan menurut beberapa ahli medis mengatakan bahwa gumpalan xanthoma ini juga bisa timbul di bagian tubuh lainnya seperti di bagian bokong atau punggung.

Kolesterol jahat dalam tubuh adalah merupakan momok yang sebagian orang jarang memperhatikan namun dapat mengakibatkan penyakit serius bagi tubuh. Batas normal dari nilai kolesterol wajar dalam tubuh adalah bernilai antara 160-200mg. Bagi yang sudah memiliki nilai kolesterol dari yang di sarankan alangkah baiknya segera memeriksakan dirinya ke dokter untuk mencegah terjadinya hal fatal. Sangat di anjurkan bagi yang memiliki kadar kolesterol tingi untuk selalu menjaga pola makan dengan menghindari makanan berminyak, berlemak dan lainnya, atau dapat di ganti dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan.

No more articles