Indonesia adalah negeri seribu pulau yang tak perlu diragukan lagi dalam hal kekayaan dan keindahan panorama alamnya. Semua panorama Indonesia sangat banyak sekali dan pastinya tidak habis-habisnya untuk di jelajahi yang pastinya tidak bikin kamu bosan untuk datang dan datang lagi. Mulai dari sabang sampai merauke, indonesia memiliki sejuta tempat wisata yang sangat menakjubkan, bahkan beberapa diantaranya dikatakan mirip dengan yang berada di luar negeri.

tempat wisata Indonesia yang mirip dengan yang di luar negeri

tempat wisata Indonesia yang mirip dengan yang di luar negeri [ image source ]

Jangan heran mengapa kini banyak turis asing mulai melirik Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata mereka. Tidak hanya di bali saja pastinya yang menjadi tujuan dari para turis asing, semua pulau ternyata kini mulai di lirik oleh turis asing untuk di kunjungi. Kalau turis asing aja suka jelajah Indonesia mengapa kamu harus pergi keluar negeri untuk traveling. Di Indonesia banyak kok tempat wisata yang mirip dengan yang ada di luar negeri. Yuk simak ulasan berikut yang emmbahas beberapa tempat wisata yang berada di indonesia namun mirip dengan tempat wisata populer di luar negeri.

1. Cukang Taneuh, Green Canyonnya Indonesia

Cukang Taneuh adalah salah satu obyek wisata dengan sebutan Green Canyon ( ngarai hijau ) yang di miliki Indonesia, berlokasi di Jawa Barat tepatnya di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Untuk mencapai tempat wisata ini harus ditempuh dengan menyewa perahu kayuh dengan memakan waktu 30-45 menit. Selama dalam perjalanan menuju Cukang Taneuh para wisatawan akan dimanjakan oleh panorama alam yang sangat indah dan spektakuler.

Cukang Taneuh, Green Canyonnya Indonesia

Cukang Taneuh, Green Canyonnya Indonesia [ image source ]

Warna hijau airnya menambah nuansa menjadi penuh dengan kesejukan, panorama alam inilah yang menjadikan Cukang Taneuh dijuluki sebagai Green Canyon Indonesia yang mirip dengan Green Canyon di Colorado. Kesegaran airnya bakal bikin betah dan bakal bikin kangen untuk dateng ketempat ini lagi, kalau nggak percaya coba deh buktikan sendiri keindahan dari Cukang Taneuh ini.

2. Sungai Maron Pacitan, Sungai Amazonnya Indonesia

Sungai Maron terletak di Daerah Pacintan tepatnya di Desa Dersono, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan Jawa Timur. Sungai Maron merupakan destinasi wisata yang terbilang baru dan benar-benar masih sangat alami, di sepanjang tepi aliran sungainya di tumbuhi dengan pepohonan hijau dan tanaman kelapa yang bisa disusuri dengan menyewa perahu dari penduduk sekitar.

Sungai Maron Pacitan, Sungai Amazonnya Indonesia

Sungai Maron Pacitan, Sungai Amazonnya Indonesia [ image source ]

Jarak yang ditempuh untuk menyusuri Sungai Maron adalah 4,5 Km dengan durasi waktu sekitar 45 menit, dengan hanya membayar sewa perahu sekitar Rp. 150 ribu sudah termasuk dengan jasa kemudi. Aliran Sungai Maron bermuara di Pantai Ngiriboyo, selama perjalanan yang ditempuh wisatawan akan di berikan sensasi sungai yang jernih airnya dan panorama alam yang masih liar seperti sedang menyusuri sungai Amazon.

3. Gumuk Pasir, Gurun Saharanya Indonesia

Tak kalah dengan daerah lainnya, Yogyakarta ternyata juga memiliki tempat wisata yang mirip dengan yang berada diluar negeri, yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo yang mirip dengan gurun pasir di Sahara. Gumuk pasir ini berada disepanjang muara sungai Opak hingga ke Pantai Parangtritis, gumuk dalam bahasa Jawa adalah merupakan gundukan atau tumpukan yang proses terjadi karena adanya peran serta alam dari gunung berapi, sungai dan laut.

Gumug Pasir, Gurun Saharanya Indonesia

Gumug Pasir, Gurun Saharanya Indonesia [ image source ]

Kini tempat ini sering menjadi salah satu destinasi wisata kalau sedang berada di kota Yogyakarta. Gumuk pasir juga merupakan obyek wisata indah bagi para photographer, tidak sedikit loh yang melakukan foto preweding di gumuk pasir ini. Selain itu disana juga disediakan papan seluncur untuk para wisatawan yang ingin mencoba sensasi sandboarding atau berseluncur di padang pasir. Pokoknya seru banget mengunjungi gumuk pasir ini dengan masih ada suasana pantainya, anginnya sepoi-sepoi bikin kamu betah di sini.

4. Raja Ampat, Phi Phi Islandnya Indonesia

Siapa yang tak mengenal akan kepulauan Raja Ampat di Papua, sebuah tempat wisata dengan surga keindahan alam yang sangat spektakuler ini memiliki panorama laut yang sangat indah dan berpasir putih. Kepulauan ini dikatakan mirip dengan Phi Phi island di Thailand, akan tetapi survey banyak membuktikan bahwa keindahan dari alam Kepulauan Raja Ampat telah mengungguli Phi Phi Island di Thailand. Kepulauan Raja Ampat adalah surganya para penyelam yang termasuk dalam kategori 10 perairan terbaik untuk melakukan diving dengan keindahan biota lautnya yang masih alami.

Raja Ampat, Phi Phi Islandnya Indonesia

Raja Ampat, Phi Phi Islandnya Indonesia [ image source ]

Di juluki Raja Ampat adalah dimana dikawasan wisata tersebut terdapat empat gugusan pulau yang berdekatan seperti Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Kepulauan Raja Ampat adalah bukti dari salah satu tempat wisata yang tak kalah indah dengan tempat wisata luar negeri, ternyata berwisata indah tak perlu keluar negeri. Pokoknya kalau kamu punya waktu sempetin datang ke Raja Ampat ya biar kamu bisa buktikan sendiri keindahannya nggak kalah seru dengan yang di Thailand.

5. Monumen Simpang Lima Gumul, Arc De Triomphenya Indonesia

Monumen Simpang Lima Gumul sering disebut dengan singkatan Monumen SLG adalah merupakan salah satu bangunan yang kini menjadi ikon Kabupaten Kediri yang bentuknya menyerupai Arc De Triomphe yang berada di Paris, Perancis. Monumen SLG di bangun pada tahun 2003 dan diresmikan tahun 2008. Jangan lupa kalau lagi di Kediri nyempetin selfie di tempat ini, pasti banyak yang bakal mengira kamu sedang di luar negeri.

Monumen Simpang Lima Gumul, Arc De Triomphenya Indonesia

Monumen Simpang Lima Gumul, Arc De Triomphenya Indonesia [ image source ]

Berbeda sejarahnya dengan Arc De Triomphe yang di bangun untuk menghormati para pejuang yang bertempur dan mati untuk Revolusi Perancis, Monumen SLG konon dibuat karena terinspirasi dari tekat Jongko Joyoboyo Raja Kediri yang ingin menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri. Kawasan wisata monumen SLG ini tidak pernah sepi dari pengunjung, karena disekitar wilayah terdapat banyak pedagang kaki lima yang berjejer di area Pasar Tugu dan pada hari sabtu, minggu kawasan ini juga ramai didatangi pengunjung yang ingin berolah raga lari pagi (jogging).

6. Candi Sukuh, Piramidanya Suku Maya Indonesia

Candi Sukuh merupakan komplek wisata yang memiliki bangunan candi dari Hindu yang terletak di Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini memiliki bentuk yang kurang lazim yang dianggap kontroversial karena ditemukan adanya penggambaran alat-alat kelamin manusia pada beberapa figurnya. Jika dilihat dengan sekilas, bangunan Candi Sukuh ini sangat mirip dengan bangunan Piramida Suku Maya Chichen Itza.

Candi Sukuh, Piramidanya Suku Maya Indonesia

Candi Sukuh, Piramidanya Suku Maya Indonesia [ image source ]

Konon salah satu dari bagian candi Sukuh pada jaman dahulu sering difungsikan oleh masyarakat sekitar sebagai alat tes keperawanan dan keperjakaan. Selain itu Candi Sukuh pada Zamannya dulu difungsikan sebagai tempat suci untuk kelangsungan ritual-ritual besar sama dengan fungsi bangunan Piramida Suku Maya. Banyak para ahli hingga saat ini masih melakukan penelitian kenapa bangunan yang terpisah benua ini memiliki kemiripan struktur desain arsitekturnya.

Benerkan kalau wisata dari Indonesia itu tidak kalah menariknya dengan yang ada di luar negeri yang jauh di sana. Indonesia memang gudangnya panorama alam yang sangat indah, nah semoga dengan ulasan tadi kamu sekarang bisa tau tempat wisata mana saja yang ada di Indonesia mirip dengan yang ada di luar negeri. Jika kamu mulai penasaran, jangan lupa untuk mengunjunginya kalau lagi ada di wilayah-wilayah tersebut ya, pokoknya di jamin seru.

No more articles