Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak sekali tempat destinasi wisata alam yang nggak ngebosenin untuk di kunjungi. Namun dari sekian banyak tempat wisata alam yang ada di Indonesia, berikut ini adalah 7 destinasi wisata alam terindah di Indonesia yang tercetak di mata uang kertas rupiah. Nah buat kamu yang penasaran dengan tempat wisata mana saja yang tercetak di uang kertas rupiah, langsung saja yuk simak ulasannya sembari kamu cocokkan langsung dengan yang ada di uang kertas yang kamu miliki.

1. Banda Neira Maluku

Banda Neira Maluku

Banda Neira Maluku [ image source ]

Dimulai dari nilai pecahan Rp. 1000, tempat wisata yang tercetak di uang kertas ini adalah Pulau Banda Neira, yang berada di Kabupaten Maluku Tengah. Nggak hanya memiliki keindahan alam yang sangat memukau dan menakjubkan, Pulau Banda Neira juga dikenal sebagai kawasan bersejarah yang pernah menjadi lokasi pengasingan Bung Hatta.

2. Ngarai Sianok Sumatera Barat

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok [ image source ]

Tempat wisata berikutnya adalah yang tercetak di uang kertas pecahan Rp.2000 yaitu Ngarai Sianok yang lokasinya berada di Kota Bukititinggi, Sumatera Barat. Ngarai Sianok ini adalah lembah sempit yang dikelilingi bukit lengkap dengan adanya aliran sungai, satwa dan flora. Jika beruntung kamu bisa melihat bunga terbesar di dunia yaitu Raflesia Arnoldi yang tumbuh subur disini.

3. Gunung Bromo Jawa Timur

Gunung Bromo

Gunung Bromo [ image source ]

Pemandangan indah berikutnya adalah Gunung Bromo yang tertuang dalam cetakan uang kertas Rp. 5000. Membicarakan Gunung ini memang tidak akan ada habisnya, karena disini kamu bisa menyaksikan keindahan dari sunrise, sunset, kawah Bromo, pasir berbisik, dan bukit teletubies yang sangat mengagumkan untuk dipandang.

4. Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi [ image source ]

Nggak kalah populernya dari tempat wisata sebelumnya, Taman Nasional Wakatobi yang tercetak dalam pecahan uang kertas Rp.10.000 ini juga memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Sesuai dengan gambarnya, lokasi ini disebut sebagai salah satu wisata bahari terbaik di Indonesia. keindahan ekosistem bawah lautnya yang mencapai 1,39 juta hektare, dijamin bakal membuatmu terpana dan betah lama-lama ditempat ini.

5. Pulau Derawan Kalimantan Timur

Pulau Derawan

Pulau Derawan [ image source ]

Wisata bahari berikutnya yang juga ada di uang kertas rupiah adalah Pulau Derawan Kalimantan Timur yang tercetak di lembaran uang kertas nominal Rp.20.000. Bak pulau pribadi, Pulau Derawan juga menjadi salah satu tempat destinasi wisata yang diimpikan oleh wisatawan manca negara. Derawan disebut memiliki spot diving untuk melihat keanekaragaman biota laut yang serba menakjubkan.

6. Taman Nasional Komodo NTT & NTB

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo [ image source ]

Tempat terbaik berikutnya adalah Taman Nasional Komodo di NTT & NTB yang tercetak pada lembaran uang kertas Rp. 50.000. sesuai dengan namanya sebagai pulau Komodo, disini kamu bisa melihat tingkah laku komodo dari jarak yang sangat dekat. Nggak hanya melihat komodo, kamu juga bisa menyaksikan keindahan sunset yang dilatar belakangi rentetan pulau-pulau yang indah.

7. Raja Ampat Papua Barat

Raja Ampat

Raja Ampat [ image source ]

Dari sekian banyak tempat wisata, Raja Ampat sepertinya menduduki peringkat tertinggi dalam daftar tempat wisata impian para traveler. Dalam pecahan uang kertas rupiah, Raja Ampat tercetak pada lembaran Rp.100.000 yang menjadi nominal tertinggi mata uang rupiah. Selain dapat menikmati keindahan panorama bukit kars, suasananya yang masih benar-benar alami dijamin bakal bikin betah tinggal di tempat ini.

No more articles