Kota Ambon sedari dulu memang terkenal sebagai daerah yang memiliki variasi kuliner yang unik dan menarik untuk dinikmati. Oleh sebab itulah, buat kalian yang lagi di kota Ambon wajib rasanya kamu untuk tidak melewatkan berbagai macam makanan menu khas yang bakal memanjakan lidahmu. Pokoknya dari mulai menu olahan hidangan laut hingga olahan makanan nabati, semuanya wajib kamu coba jika tidak ingin menyesal dikemudian hari. Nah berikut ini adalah beberapa ragam kekayaan kuliner khas kota Ambon yang sebaiknya jangan sampai pernah di lewatkan saat sedang berkunjung di kota Ambon.

1. Papeda Dan Ikan Kuah Kuning

Papeda Dan Ikan Kuah Kuning

Papeda Dan Ikan Kuah Kuning [ image source ]

Kata orang Ambon, belum lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Ambon kamu nggak mencicipi menu kuliner yang disebut dengan ikan kuah kuning yang dimakan bersama dengan papeda. Papeda adalah bahan pengganti nasi yang dibuat dari bahan tepung sagu yang menyerupai lem dengan rasa tawar yang dijamin akan menambah sensasi tersendiri saat kamu mencicipinya dengan ikan kuah kuning.

2. Kue Kenari, Kue Tumbu Dan Kue Bagea

Kue Kenari

Kue Kenari [ image source ]

Memiliki banyak sekali kekayaan alam berupa kenari turut menjadikan kota Ambon memiliki banyak aneka ragam khas menu olahan dari biji kenari. Meski tergolong memiliki tekstur yang keras, namun kue kenari nggak boleh untuk dilewatkan. Nggak hanya kue kenari saja, melainkan juga kue tumbu dan kue bagea yang juga wajib kamu cicipi saat lagi berada di Ambon.

3. Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar [ image source ]

Selain di Ambon, menu olahan seperti ikan asap memang ada banyak sekali diberbagai tempat yang ada di Indonesia. Namun untuk ikan asap atau yang sering orang Ambon sebut dengan ikan Komu Asar ternyata memiliki ketahanan yang dapat bertahan hingga sepekan lamanya. Uniknya, ikan asap ini dibumbui terlebih dahulu sebelum pada akhirnya ditusuk bambu lalu diasapi hingga matang.

4. Sambal Colo-colo

Sambal Colo-colo

Sambal Colo-colo [ image source ]

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati menu kuliner ikan asar atau ikan asap. Salah satunya adalah dengan menikmatinya bersama sambal colo-colo yang terbuat dari bawang merah, cabai rawit, tomat dan jeruk nipis yang semuanya di iris tipis lalu dicampurkan dengan kecap. Pokoknya buat kamu pecinta pedas, wajib hukumnya kalau mencicipi sambal colo-colo saat kamu lagi berada di kota Ambon.

5. Rwbia

Rwbia

Rwbia [ image source ]

Rwbia adalah merupakan menu kuliner berbahan dasar bia atau kerang yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah. Dari tampilannya Rwbia sendiri sangat mirip sekali seperti menu masakan rendang. Bahkan tidak sedikit yang menyebut bahwa Rwbia sebagai rendangnya khas kota Ambon yang rasanya juga sangat lezat.

6. Rujak Natsepa

Rujak Natsepa

Rujak Natsepa [ image source ]

Hampir tidak ada yang berbeda dengan rujak pada umumnya, karena rujak Natsepa juga memiliki rasa pedas manis yang juga berisi berbagai macam buah seperti timu, kedondong, pepaya, mangga, nanas, jambu air, belimbing dan sebagainya. Namun yang membedakan dari rujak Natsepa adalah adanya potongan buah pala yang dicampur dengan irisan gula merah dan kacang goreng.

7. Kopi Rarobang

Kopi Rarobang

Kopi Rarobang [ image source ]

Sekilas memang nampak memiliki tampilan yang berbeda dari kopi biasa pada umumnya. Karena memang kopi Rarobang tidak hanya berupa kopi biasa melainkan dibuat dengan diberi biji kenari didalamnya. Selain itu kopi Rarobang juga di buat dengan tambahan jahe putih dan juga madu yang menambah sensasi dari rasa kopi Rarobang menjadi sangat unik.

No more articles