Terlalu banyak melakukan aktivitas memang menjadi salah satu faktor utama penyebab tubuh mengalami kelelahan. Sedangkan menurut penelitian, mengalami kelelahan kronis atau yang sering disebut dengan chronic fatigue syndrome ternyata dapat membuat penderitanya menjadi mudah mengalami stres. Pada umumnya untuk mengatasi kelelahan seseorang hanya cukup melakukan istirahat yang cukup.

Makanan Sumber Gizi

Makanan Sumber Gizi [ image source ]

Namun selain itu memberikan asupan nutrisi bagi tubuh ternyata juga menjadi hal penting yang tidak boleh terlewatkan saat kamu sedang kelelahan. Pasalnya, saat sedang merasa kelelahan tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi yang banyak untuk mengisi kembali energi tubuh yang telah hilang. Nah berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi sguna memulihkan dan menguatkan stamina secara cepat.

1. Nasi Merah

Nasi Merah

Nasi Merah [ image source ]

Meski sama-sama menjadi sumber karbohirat layaknya nasi putih pada umumnya, nasi merah ternyata lebih dianggap memiliki sumber karbohidrat yang lebih kompleks. Oleh sebab itulah nasi merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi kamu yang menderita kelelahan karena proses pencernaan dan penyerapannya oleh tubuh lebih cepat dibanding nasi putih pada umumnya.

2. Buah Tinggi Vitamin C

Buah Tinggi Vitamin C

Buah Tinggi Vitamin C [ image source ]

Salah satu efek terburuk yang bisa terjadi saat sedang mengalami kelelahan berat adalah tubuh akan menjadi mudah terserang virus. Untuk mengatasi hal seperti ini seseorang bisa banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C seperti buah jambu, jeruk dan yang lainnya. Pasalnya buah nggak hanya dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga mampu memulihkan energi dengan cepat.

3. Roti Gandum Dan Selai Kacang

Roti Gandum Dan Selai Kacang

Roti Gandum Dan Selai Kacang [ image source ]

Saat sedang dalam kondisi kecapekan, seseorang akan menjadi lebih malas untuk melakukan apapun termasuk makan. Namun bagi kamu yang malas makan berat kini nggak usah khawatir lagi karena kamu bisa mencukupi sumber tenagamu kembali hanya dengan roti gandum dan selai kacang. Selai kacang yang kaya akan lemak dan protein nabati sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sedangkan roti gandum akan menjadi pengganti sumber energi tubuh yang telah hilang.

4. Buah Pisang

Buah Pisang [ image source ]

Buah Pisang [ image source ]

Buat kamu yang alergi protein nabati nggak perlu khawatir karena kamu masih bisa kok memulihkan tenaga hanya dengan mengkonsumsi buah pisang. Kandungan yang ada di dalam buah pisang dipercaya mampu memulihkan energi yang hilang karena lelah. Selain itu buah pisang juga akan merangsang tubuh untuk meningkatkan hormon dopamine yang akan membantu seseorang menjadi lebih merasa bugar dan bahagia.

5. Daging Ikan

Daging Ikan

Daging Ikan [ image source ]

Dalam membentuk energi, tbuh membutuhkan protein sebagai sebagai bahan bakar yang paling dibutuhkan. Nggak hanya protein nabati yang hanya ada di jenis kacang-kacangan saja, tapi juga protein hewani seperti halnya dengan daging ikan ternyata juga sangat baik diolah menjadi sumber energi baru. Nah buat kamu yang ingin mengembalikan stamina secara cepat, maka konsumsilah daging ikan saat kamu sedang merasa kelelahan.

6. Telur Ayam Kampung

Telur Ayam Kampung

Telur Ayam Kampung [ image source ]

Selain daging ikan, kamu juga bisa mengkonsumsi telur ayam kampung untuk meningkatkan staminamu. Sebenarnya telur ayam ras juga dapat kamu konsumsi, namun jika dilihat dari kandungan gizinya telur kampung memiliki nilai protein yang sangat tinggi ketimbang telur ayam ras. Ada berbagai macam cara untuk mengkonsumsinya, bisa dengan direbus atau dijadikan sebagai bahan campuran pada minuman atau jamu.

7. Sayuran Bayam

Sayuran Bayam

Sayuran Bayam [ image source ]

Segala jenis sayuran memang baik dikonsumsi secara rutin karena kaya akan kandungan antioksidannya. Namun sayuran yang paling cocok untuk dikonsumsi guna membantu meningkatkan stamina saat sedang capek adalah bayam. Kandungan zat besi yang ada pada bayam dapat membantu dengan cepat penyebaran protein dan oksigen keseluruh tubuh sehingga proses pemulihan tenaga akan menjadi lebih cepat.

No more articles