Berbicara tentang keindahan alam Indonesia, sepertinya belum ada yang mampu menandingi kekayaan dari keindahan yang dimiliki oleh bumi pertiwi. Mulai dari sawah, sungai, danau, laut gunung, dan yang lainnya dipastikan semuanya ada di negara Indonesia tercinta ini. Namun dari sekian banyak hal yang memiliki keindahan, yang akan kita bahas kali ini adalah tentang danau alami yang ada di Indonesia. bukan sembarang danau, tapi danau yang nuansanya bakal bikin mata dan hatimu jadi adem karena kejernihan airnya. Nggak usah panjang lebar lagi, buat kamu yang penasaran mana danau biru terbut, yuk simak langsung ulasan berikut ini.

1. Telaga Semares Papua

Telaga Semares Papua

Telaga Semares Papua [ image source ]

Kalau lagi ke Papua jangan hanya mengunjungi Raja Ampat ya, karena masih ada tempat wisata yang nggak kalah menariknya dari Raja Ampat yaitu Telage Semares. Telaga ini disebut-sebut sebagai salah satu danau paling biru di Indonesia, yang berlokasi di Samares, Biak Timur, Papua. Selain kejernihan airnya, telaga ini juga dikelilingi oleh pemandangan alam yang sangat indah.

2. Danau Tebing Makriki Maluku

Danau Tebing Makriki Maluku

Danau Tebing Makriki Maluku [ image source ]

Di Maluku ternyata juga ada surga wisata air tersembunyi yang harus kamu kunjungi jika lagi berada di Maluku. Namanya adalah Danau Tebing Mariki yang lokasinya berada di Kecamatan Tehoru, Pulau Seram, Maluku Tengah. Selain airnya yang berwarna biru, danau ini ternyata ada di dalam hutan rimba. Memang dibutuhkan sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke danau ini, tapi perjuanganmu bakal terbayar melebihi dari apa yang kamu bayangkan sebelumnya.

3. Danau Biru Walasiho Sulawesi Tenggara

Danau Biru Walasiho Sulawesi Tenggara

Danau Biru Walasiho Sulawesi Tenggara [ image source ]

Nah buat kamu yang nggak percaya kalau ada danau yang bisa buat ngaca, coba deh kalau pas lagi berada di Sulawesi Tenggara dateng ke Danau Biru Walasiho. Danau yang lokasinya berada di Kolaka Utara, Desa Walasiho ini memiliki kedalaman 7 meter yang tentunya juga asyik digunakan untuk berenang sembari wisata snorkeling. Asyiknya lagi lokasi danau ini juga nggak jauh dari lokasi pantai pasir putih yang juga indah. Jadi kalau sudah bosan berada di danau ini kamu, bisa langsung mantai.

4. Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur [ image source ]

Nggak hanya berada di Danau Biru Walasiho yang bisa buat ngaca, tapi juga Danau Labuan Cermin yang ada di Desa Labuan Kelambu, Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini dinamai dengan danau cermin seiring dengan realita bahwa kondisi airnya begitu jernih sehingga dapat digunakan untuk bercermin. Bahkan saking jernihnya, biota berukuran kecilpun dapat terlihat jelas saat di dalam air. Yang lebih unik adalah air di danau ini rasanya asin seperti halnya dengan air laut.

5. Telaga Rambut Monte Jawa Timur

Telaga Rambut Monte Jawa Timur

Telaga Rambut Monte Jawa Timur [ image source ]

Siapa bilang hanya Jepang yang memiliki kolam biru yang airnya sangat jernih seperti Kaminoko Ike. Indonesia ternyata juga punya yang seperti itu yang lokasinya berada di Desa Grisik Gandusari, Jawa Timur. Jika dilihat danau disini airnya berwarna kebiru-biruan, bahkan terkadang berwarna hijau tosca. Kabarnya, danau ini dibuat oleh orang yang sangat sakti mandraguna bernama mbah Monte. Salah satu larangan yang nggak boleh dilanggar adalah jangan pernah mengambil barang apapun, terutama ikan Sangkring hitam.

6. Telaga Biru Semin Yogyakarta

Telaga Biru Semin Yogyakarta

Telaga Biru Semin Yogyakarta [ image source ]

Danau yang berada di wilayah desa Candirejo, Semin, Gunungkidul ini memang bukan merupakan danau alami. Melainkan sebuah danau yang tercipta akibat bekas galian tambang yang terendam air. Namun meski begitu, Telaga Biru Semin ini nggak kalah indahnya dengan danau-danau sebelumnya karena warna airnya di danau ini juga berwarna biru mempesona. Suasana alam disekitarnya juga nambah bikin danau ini menjadi tampak sangat indah yang bakal bikin para pengunjung betah berada di tempat ini.

7. Danau Kaolin Belitung

Danau Kaolin Belitung

Danau Kaolin Belitung [ image source ]

Sepertinya benar kata orang jika danau Kaolin ini adalah merupakan danau yang turun dari langit. Salah satu alasan mengapa disebut sebagai danau yang turun dari langit adalah memang karena danau ini seperti memiliki warna air yang senada dengan warna langit, serta dikelilingi tanah putih bak sebagai awannya. Namun sejatinya danau ini bukanlah merupakan danau alami, melainkan danau yang tercipta akibat bekas galian tambang yang sudah tidak digunakan seperti pada Telaga Biru Semin.

8. Situ Cilembang, Jawa Barat

Situ Cilembang, Jawa Barat

Situ Cilembang, Jawa Barat [ image source ]

Orang Kalimantan memang boleh berbangga karena memiliki danau Labuan Cermin yang dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah. Namun orang Jawa juga punya tandingannya, yaitu Situ Cilembang yang tepatnya berada di Desa Curug, Sumedang, Jawa Barat. Soal air di danau ini dijamin nggak kalah jernihnya dengan air yang ada danau Labuan Cermin. Jadi buat kamu yang masih terbentur biaya perihal acara kunjunganmu melihat keindahan langsung danau Labuhan Cermin, nggak ada salahnya sembari menabung kamu sambangi dulu Situ Cilembang ini.

No more articles