Sudah bisa di pastikan bahwa hampir di seluruh bagian wilayah Indonesia terdapat jenis hewan yang populer dinamakan dengan kadal. Kadal adalah salah satu spesies hewan yang di kelompokan kedalam jenis reptil sama halnya dengan cicak, tokek bunglon dan masih banyak lagi lainnya. Kebanyakan jenis kadal yang sering di temukan di Indonesia itu bentuknya kecil, bersisik, licin dan berwarna hijau bercampur dengan kuning ke emasan.

salah satu spesies kadal unik

salah satu spesies kadal unik [ image source ]

Ngomongin soal reptil yang satu ini, ternyata kadal di dunia itu sangat banyak sekali jenisnya dan kebanyakan memiliki bentuk tubuh yang unik. Tidak hanya unik, kebanyakan dari spesies kadal juga memiliki bentuk tubuh yang menyeramkan layaknya moster. Buat menambah ilmu pengetahuanmu tentang jenis dan bentuk kadal, yuk simak ulasan tentang keberagaman spesies kadal yang unik dan menyeramkan berikut ini.

1. Kadal Phrynocephalus

Phrynocephalus

Phrynocephalus [ image source ]

Phrynocepalus juga sering sekali di sebut dengan Toadhead Agama, kadal ini memiliki bentuk tubuh yang kecil dan banyak di temukan di wilayah gurun. Cara berkomunikasi dengan kadal sejenisnya terbilang cukup unik, yaitu dengan cara menggerakkan ekornya naik turun. Kadal yang satu ini sangat gemar sekali mengubur dirinya di pasir, cara menguburnya juga terbilang unikl karena tidak dengan cara menggali namun dengan menggetarkan badannya yang lantas menenggelamkan tubuhnya ke pasir. Wajahnya akan berubah mengerikan jika menemui predator, mulutnya akan terbuka lebar dengan tampangnya yang berubah sangar agar predator takut.

2. Kadal Brookesia Minima

Brookesia Minima

Brookesia Minima [ image source ]

Jenis kadal yang satu ini terbilang sangat unik dan lain dari yang lainnya karena tubuhnya sangat kecil dan di catat sebagai kadal terkecil di dunia. Ukuran tubuhnya tergolong sangat kecil, kira-kira besar dan panjang tubuhnya hanya sebesar jari kelingking manusia dewasa. Bentuknya memang tidak mirip dengan kadal yang biasa kita lihat, namun bentuk dari Brookesia minima ini berwujud bunglon mini. Kadal ini sering di sebut dengan bunglon kurcaci daun dengan habitatnya di pepohonan, dan makanan favoritnya adalah serangga yang tentunya juga kecil sesuai dengan tubuhnya.

3. Kadal Phrynosoma

Phrynosoma

Phrynosoma [ image source ]

Phrynosoma adalah jenis kadal yang tubuhnya mungkin termasuk unik dan menyeramkan, karena tubuh kadal ini seperti memakai jubah yang di punuhi dengan duri. Meskipun Phrynosoma adalah spesies kadal, namun kadal unik yang satu ini justru sering sekali di juluki dengan kodok bertanduk karena tubuhnya yang gemuk hampir mirip dengan kodok. Kadal yang satu ini habitatnya berada di lahan kering dan berpasir seperti pada wilayah gurun pasir yang tandus. Makanan kesukaannya adalah gerombolan semut, saat sedang terdesak kasal yang satu ini bisa menyemburkan zat asam mirip darah dari sekeliling pembuluh darah matanya.

4. Kadal Moloch Horridus

Molloch Horridus

Molloch Horridus [ image source ]

Untuk jenis kadal yang satu ini bentuk tubuhnya tidak kalah unik dengan kadal Phrysonoma atau yang sering di juluki dengan kodok bertanduk. Tubuhnya hampir memiliki karakter yang sama dengan di penuhi banyak duri. Kalau di lihat, bentuk tubuhnya justru lebih menyeramkan dari kadal Phrynosoma karena betuk duri-durinya lebih mengerikan. Kadal ini sering di juluki dengan sebutan kadal Iblis Berduri atau kadal setan berduri. Habitatnya juga sering banyak di temui di area gurun berpasir, makanan kesukaannya adalah semut. Kadal ini sangat lihai dalam melakukan kamuflase saat ada predator mendekat, sekalipun tertangkap kadal ini akan sulit di telan karena duri-durinya.

5. Kadal Hydrosaurus Pustulatus

Hydrosaurus Pustulatus

Hydrosaurus Pustulatus [ image source ]

Kadal ini mungkin adalah salah satu spesies kadal mungkin datang langsung dari zaman permian yang merupakan salah periode terakhir di era Paleozoikum. Kadal ini juga sering di sebut dengan kadal sailfin Filipina, habitatnya berada di daerah tropis yang umumnya sering berada di dekat sungai. Kadal ini termasuk kedalam hewan omnivora amfibi sebagai pemakan buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga serangga kecil di dekat sungai. Beberapa kadal sejenisnya memiliki tubuh yang berwarna biru, merah dan ungu yang terlihat indah.

6. Kadal Bipes Biporus

Bipes Biporus

Bipes Biporus [ image source ]

Bipes Biporus mungkin memiliki tubuh yang terbilang aneh ketimbang dengan kadal yang lainnya karena tubuhnya hampir mirip seperti ular. Banyak yang menjuluki kadal ini dengan sebutan kadal tikus meksiko atau kadal cacing baja. Bipes Biporus memiliki kekurangan dalam hal penglihatan, dan kebanyakan hidupnya di habiskan untuk mencari cacing di dalam tanah. Hal unik yang sangat mencolok dari bentuk tubuh Bipes Biporus ini adalah memanjang seperti ular namun hanya memiliki sepasang kaki pada bagian depan. Tidak hanya mencari cacing saja, kadal yang satu ini juga gemar sekali memakan serangga kecil.

7. Kadal Heloderma Suspectum

Heloderma Suspectum

Heloderma Suspectum [ image source ]

Dari sekian banyak kadal yang dikatakan beracun, mungkin Holoderma Suspectum adalah satu-satunya kadal yang paling beracun di dunia. Kadal ini sering sekali di sebut dengan julukan kadal monster gila karena tubuhnya yang gemuk dengan ekor ekornya juga gemuk. Hal lain yang menjadikan kadal ini unik adalah corak tubuhnya yang memiliki pola yang indah. Habitatnya sering di temukan di kawasan bebatuan atau di dalam tanah, bahkan di padang pasir yang tandus. Kadal ini gemar sekali memakan serangga, tikus kecil, telur burung atau bahkan burung kecil. secara alamiah musuh terbesarnya adalah manusia, karena banyak memburunya untuk di jadikan koleksi.

8. Kadal Varanus Komodoensis

Kadal Varanus Komodoensis

Kadal Varanus Komodoensis [ image source ]

Mungkin keberadaan komodo sudah bukan menjadi sesuatu yang asing lagi untuk orang Indonesia, semua itu lantara komodo adalah hewan yang hanya ada di Indonesia. Komodo adalah salah satu jenis kadal yang tubuhnya paling besar di dunia dan keberadaannya bisa membahayakan manusia. makanan kegemarannya adalah bangkai hewan, yang sering kali mati akibat terkena gigitan komodo. Komodo adalah salah satu kadal yang di katakan juga beracun, liurnya mengandung banyak sekali bakteri yang mampu menyebabkan infeksi yang berujung pada kematian. Salah satu kehebatannya adalah mampu mendeteksi bangkai dalam radius yang sangat jauh hanya dengan lidahnya.

9. Kadal Lialis Burtonis

Lialis Burtonis

Lialis Burtonis [ image source ]

Jika kamu menganggap bahwa semua jenis kadal itu memiliki kaki, maka tidak sepenuhnya apa yang kamu pikirkan itu benar. Hal itu di buktikan dari adanya spesies kadal Lialis Burtonis atau sering di juluki dengan kadal tanpa kaki. Sepintas mungkin banyak orang akan menganggap bahwa kadal ini adalah merupakan ular karena memang sangat mirip dengan ular. Namun perbedaannya adalah kadal ini tidak seagresif ular alias sangat jinak, bahkan kadal ini tidak bisa melilit seperti kebanyakan ular. Makanan kesukaannya meliputi dari serangga dan ulat, dan panjangnya dapat tumbuh mencapai panjang 60 cm.

Nah sahabat iyakan.com, itulah beberapa jenis dari spesies kadal yang unik dan menyeramkan. Beberapa jenis diantaranya dikatakan sudah cukup mengkhawatirkan karena banyak di buru untuk di jadikan koleksi hiasan.

No more articles