Tanggal 25 Oktober 2016 kemarin di Nevada, berlangsung perhelatan ajang kontes kecantikan dari seluruh dunia. Ajang kontes kecantikan tersebut bernama Miss Grand International. Indonesia mengirimkan salah satu wakilnya yang bernama Ariska Putri Pertiwi. Gadis kelahiran Aceh dan runner up Putri Indonesia 2016 ini maju untuk bersaing dengan wanita-wanita lain dari 86 negara yang berbeda.

Sososk Ariska Putri Pertiwi, Miss Grand Internatiobal

Sososk Ariska Putri Pertiwi, Miss Grand International. image [source]

Di persaingan seru yang mengadu kecantikan, kepandaian,serta budaya dari masing masing peserta tersebut, Indonesia berhasil menggondol juara pertama. Tentu saja kemenangan Indonesia di ajang miss Grand International ini membuat kita bangga. Pasalnya Indonesia melalui Yayasan Putri Indonesia baru 2 kali mengirimkan wakilnya di ajang ini. berikut ini beberapa hal terkait kemenangan wakil Indonesia dalam ajang Miss Grand International tersebut.

1. Apa Ajang Miss Grand International Itu?

Ajang kecantikan Miss Grand International merupakan kontes kecantikan yang berasal dari Thailand. Ajang ini mempunyai misi untuk menjalin persahabatan dunia lewat budaya dan pariwisata. Selain Indonesia, ada 86 negara lain yang menjadi peserta. Indonesia sendiri baru mengikuti ajang ini 2 kali. Sedangkan tahun 2016 ini merupakan gelaran ajang Miss Grand International tahun ke 4.

Apa Ajang Miss Grand International Itu

Apa Ajang Miss Grand International Itu. image [source]

Pada tahun 2013 yang lalu, Yayasan Putri Indonesia juga mengirimkan wakilnya untuk mengikuti ajang ini. waktu itu runner up Putri Indonesia 2013 Novia Mamuya dikirim untuk mewakili Indonesia. namun sayang sekali saat itu Indonesia belum berhasil membawa pulang mahkota kemenangan. Tahun 2016 ini runner up Putri Indonesia 2016 yang bernama Ariska Putri Pertiwi berangkat ke ajang kecantikan yang diselenggarakan di Nevada, Ametika Serikat tersebut. Tahun 2016 ini ajang kecantikan miss Grand International diselenggarakan mulai tanggal 5 Oktober hingga puncak final tanggal 25 Oktober kemarin.

2. Siapa Sosok Ariska Putri Pertiwi Itu?

Perjalanan Ariska Putri Pertiwi menuju puncak kontes kecantaikan Miss Grand International 2016 ini tidaklah mudah. Gadis kelahiran Lhokseumawe 13 Januari 1995 ini pertama kali dikenal publik ketika berhasil menjadi Putri Sumut 2015. Setelah dinobatkan menjadi Putri sumut tersebut, ia kembali memperoleh beberapa penghargaan antara lain menjadi Putri Pariwisata Siantar dan menjadi juara dalam ajang Indonesia Creative Icon.

Siapa Sosok Ariska Putri Pertiwi Itu

Siapa Sosok Ariska Putri Pertiwi Itu. image [source]

Ia pun kemudian ikut dalam ajang konters kecantikan Putri Indonesia pada tahun 2016 ini dan berhasil menjadi runner up Putri Indonesia 2016. Yayasan Putri Indonesia kemudian mengirimnya untuk mewakili Indonesia dalam Konters kecantikan Miss Grand International dan berhasil menjadi juara pertama. Gadis yang akrap disapa dengan ika tersebut menjelaskan bahwa dulunya dia adalah seorang yang pemalu. Karena kebiasaan jalan miring, ibunya pun kemudian memasukkan ika ke dalam kursus modelinng. Tidak disangka, kebiasaan jalan miringnya tersebutlah yang mengantarkan Ika menuju prestasi yang membanggakan ini.

3. Persiapan Apa Yang Dilakukan Oleh Ariska Putri Pertiwi

Dalam rangka mengikuti ajang kontes kecantikan Miss Grand International ini persiapan yang dilakukan Oleh Ariska Putri Pertiwi cukup banyak. dari segi makanan, ia melakukan diet yang benar-benar ketat. Jika jika menjelang konters Putri Indonesia yang lalu ia masih bisa makan nasi, maka untuk menghadapi kontes Miss Grand International ini ia hanya makan sayur-sayuran dan menghindari makanan berminyak. Selain menjalani diet ketat, Ariska juga rutin berolah raga untuk menjaga bentuk tubuh tetap langsing.

Persiapan Apa Yang Dilakukan Oleh Ariska Putri Pertiwi

Persiapan Apa Yang Dilakukan Oleh Ariska Putri Pertiwi. image [source]

Untungnya dalam melakukan persiapan menghadapi kontes Miss Grand International ini Ariska tidak sendirian. Ada beberapa desainer baju yang mensupportnya dan menyediakan berbagai macam gaun yang akan dikenakan di ajang Miss Grand International 2016. Beberapa desainer yang terlibat mendukung Ika tersebut antara lain: Dynand Fariz dari Jember Fashion Carnaval (JFC), Anaz Khairunnas, Tertia, Alleira, dan Intan Avantie. Para desainer baju tersebut mempersembahkan karya unggulan masing-masing antara lain berupa kain songket balu, batik sulur dan kostum Royal Shigokh yang dikenakan di final.

4. Pro Kontra Tentang Pakaian Royal Shigokh Yang Dikenakan Ariska

Pakaian Royal Shigokh yang dikenakan Ariska dalam Ajang Miss Grand International ini Menuai pro-kontra. Pasalnya pakaian tersebut di klaim bernuansa pakaian tradisional lampung. Salah satu tokoh adat masyarakat Tulang Bawang Lampung, Basyuni mengungkapkan bahwa pakaian Royal Shigokh tersebut jauh dari Budaya lampung. Menurutnya pakaian adat lampung tidak sembrono serta sangat memperhatikan etika sopan santun. Ketika memakai pakaian adat Lampung, betis pun tidak boleh kelihatan, apalagi paha. Selain terbuka di bagian paha, Basyuni juga mengungkapkan bahwa siger yang dipakai di kepala Ariska terlalu tinggi. bawahan yang di pakai pada pakaian Royal Sigokh juga bukan merupakan Tapis. Itu hanyalah kain biasa yang dihiasi ornamen seperti Tapis. Oleh karena ada unsur ketidak sopanan tersebut, Basyuni beserta masyarakat tradisional lampung keberatan jika Royal Shigokh disebut sebagai pakaian adat Lampung.

Pro Kontra Tentang Pakaian Royal Shigokh Yang Dikenakan Ariska

Pro Kontra Tentang Pakaian Royal Shigokh Yang Dikenakan Ariska. image [source]

Diketahui pakaian Royal Sigokg rancangan Dynand Faris tersebut memang sedikit terbuka. Ketika memakai pakaian tersebut, belahan paha Ariska terlihat dengan jelas. Meskipun mendapat kritikan keras dari berbagai pihak, ternyata berkat pakaian Royal Shigokh ini Ariska menyabet gelar kostum Nasional terbaik.

5. Unggul Di Ajang Kostum Nasional

Sigokh merupakan mahkota khas Lampung yang menjadi simbol keagungan di budaya setempat. Mahkota Sigokh terbuat dari lempengen tembaga, kuningan atau logam lain yang dicat dengan warna emas. Mahkota Sigokh ini juga memiliki lekukan yang bercabang tujuh atau sembilan. Selain mahkota yang bernuansa pakaian tradisional Lampung, kain yang di pakai Ariska juga menggunakan kain Tapis asli. Bukan hasil printing atau sablon. Dengan kostum yang terbuat dari kain asli lampung dan logam tersebut berat total Royal Shigokh ini mencapai 15 kilogram.

Unggul Di Ajang Kostum Nasional

Unggul Di Ajang Kostum Nasional. image [source]

Berkat dukungan dari perancang busana yang juga penggagas Jember Fashion Karnival tersebut Indonesia memperolah gelar kostum nasional terbaik di ajang Miss Grand International. Ariska dan Royal Sigokh berhasil mengalahkan 86 pakaian nasional dari negara lain.di peringkat berikutnya ada kostum nasional dari kontestan asal Paraguay, Equador, India, Bahama dan Filipina. Keberhasilan Ariska memperoleh gelar kostum nasional terbaik itu juga tidak lepas dari dukungan voter penduduk Indonesia lewat media sosial.

6. Kunci Kemenangan Dari Jawaban Emas

Sejak awal babak penilaian Ariska Putri Pertiwi ini memang kelihatan menonjol diantara kontestan lain, itulah sebabnya ia bisa lolos di babak 10 besar. Di babak 5 besar dia bersaing dengan kontestan dari negara Filipina, Thailand, Puerto Rico dan Amerika Serikat. Penentu kemenangan Ariska tersebut adalah jawaban emas yang di lontarkan Ariska ketika diberi pertanyaan di babak 5 besar. Pada babak 5 besar ini, masing-masing kontestan diberi pertanyaan yang sama. Pertanyaan tersebut adalah, “jika harus memilih, siapa yang akan kamu pilih untuk menghentikan perang. Donald Trump atau Hillary Clinton”.

Kunci Kemenangan Dari Jawaban Emas

Kunci Kemenangan Dari Jawaban Emas. image [source]

Dengan tegas, runner up Putri Indonesia 2016 Ariska Putri Pertiwi tersebut menjawab Hillary Clinton. Ariska beralasan bahwa Hillary Adalah sosok wanita yang independent dan juga pintar. dengan jawaban singkat ini, mahkota kemenangan Miss Grand International pun dikunci oleh Ariska Putri Pertiwi, kontestan asal Indonesia. dengan kemenangan di ajang ini, maka Ariska Putri Pertiwi adalah wanita Asia Pertama yang memenangi kontes bergengsi ini.

Itulah beberapa hal terkait kemenangan Ariska Putri Pertiwi di ajang Miss Grand International yang di langsungkan di Nevada, Amerika serikat. Ini membuktikan bahwa wanita Indonesia itu tidak kalah cantik dengan wanita-wanita lain dari seluruh dunia. Demikian juga desain pakaian yang terinspirasi dari budaya Indonesia itu bisa bersaing dengan pakaian nasional dari negara manapun. Oleh karena itu kita sebagai warga Indonesia patut bangga. Semoga wanita Indonesia dari generasi generasi berikutnya mampu mengharumkan nama Indonesia seperti Ariska Putri Pertiwi ini.

No more articles