Menahan kencing terlalu lama ternyata dapat membahayakan tubuh. Proses buang air kecil menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada dalam tubuh berjalan dengan baik. Semua kotoran dan sisa-sisa pencernaan yang sudah selesai disaring dan dibersihkan oleh tubuh akan keluar melalui urin.

Proses buang air kecil juga memiliki suatu tanda – tanda tertentu yang bisa kita jadikan sebagai patokan alat ukur mengenai kesehatan kita. Hal ini dapat dilihat dari kondisi warna dari urin yang keluar dari tubuh kita. Apabila memiliki warna yang bening, dapat disimpulkan bahwa tubuh kita tidak mengalami dehidrasi dan memiliki siklus pencernaan yang berjalan dengan sangat baik. Namun, apabila urin berwarna kuning pekat, maka terdapat sesuatu yang salah pada pencernaan, seperti dehidrasi. Selain itu urin yang keluar bersamaan dengan darah juga menunjukkan adanya infeksi pada bagian – bagian organ dalam tertentu. Berikut ini adalah bahaya yang akan terjadi jika kamu terlalu sering menahan kencingmu.

1. Menggangu Proses Pencernaan

Dengan menahan buang air kecil, maka secara langsung kamu akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam dirimu. Ketika proses pencernaan harusnya sudah selesai, namun tidak ditntaskan, maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya.

Menggangu proses pencernaan [ Image Source ]

Menggangu proses pencernaan [ Image Source ]

Proses pencernaan berikutnya bisa mengalami proses yang cukup maksimal dan tertunda karena kamu belum membuang sisa hasil pencernaan sebelumnya.

2. Mengganggu Organ-organ Pencernaan

Dengan terganggunya proses pencernaan, maka organ – organ yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan pun akan terganggu. Beberapa organ seperti ginjal, kandung kemih dan saluran kencing akan sangat terganggu fungsinya.

Menggangu organ pencerman [ Image Source ]

Menggangu organ pencerman [ Image Source ]

3. Infeksi Saluran Kencing

Sama seperti infeksi pada kandung kemih, infeksi pada saluran kencing juga dapat terjadi karena adanya bakteri dan kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Infeksi pada saluran kencing juga memiliki gejala – gejala yang sama dengan infeksi kandung kemih. Ketika kamu sudah merasakan gejala – gejala seperti di atas maka kamu wajib memeriksakan hal tersebut ke dokter.

Infeksi saluran kencing [ Image Source ]

Infeksi saluran kencing [ Image Source ]

Biasanya penyakit yang berhubungan dengan terganggunya proses pencernaan memliki gejala – gejala yang mirip, sehingga dokter pun akan mengetahui gangguan apa yang terjadi pada organ pencernaan anda.

4. Gagal Ginjal

Dengan menumpuknya kotoran yang berasal dari urin yang seharusnya dikeluarkan, maka ginjal akan mengalami kerusakan apabila menampung urin terlalu lama. Hal ini biasa disebut dengan istilah gagal ginjal.

Gagal ginjal [ Image Source ]

Gagal ginjal [ Image Source ]

Apabila gagal ginjal sudah terjadi, maka ginjal tidak mampu menyaring dan membuang kotoran – kotoran sisa pencernaan, siklus pencernaan akan menjadi kacau dan semakin buruk, gagal ginjal merupakan tahapan yang sudah parah, dan tidak bisa disembuhkan. Gagal ginjal hanya dapat diatasi dengan cara melakukan pendonoran pada ginjal pasiennya.

5. Anyang-anyangan

Anyang – anyangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil. Anyang – anyangan dipastikan merupakan akibat dari kebiasaan dalam menahan buang air kecil, dan merupakan tanda – tanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih.

Anyang-anyangan [ Image Source ]

Anyang-anyangan [ Image Source ]

Menahan buang air kecil dapat berpengaruh pada infeksi saluran kencing, infeksi kandung kemih dan infeksi ginjal. Dengan terjadinya infeksi tersebut, maka bakteri dan kuman dapat memperparah infeksi yang terjadi, sehingga dapat berkembang menjadi sel kanker.

Well guys itu tadi beberapa bahaya yang akan terjadi jika kamu terlalu sering menahan kencingmu. Sebelum semua itu terjadi, maka lakukanlah hal yang akan membuatmu tidak mengalami hal itu. Kamu hanya perlu untuk disiplin dan tidak menahan-nahan kencingmu. Semoga bermanfaat.

No more articles