Global Positioning System atau yang lebih akrap disebut dengan GPS merupakan fitur yang umumnya ada di ponsel ponsel pintar jaman sekarang. GPS ini memudahkan kita menemukan lokasi lokasi tertentu tanpa perlu banyak penjelasan. Dengan gps, kita bisa memesan taksi online tanpa pelu panjang lebar memberi ancer ancer lokasi tempat kita berada. Dengan GPS kita bisa berbagi lokasi rumah dengan teman, tetangga atau kerabat yag mau berkunjung ke tempat kita.

Bahaya Penyalahgunaan Aplikasi Fake GPS Dan Mock Location  Untuk Gojek, Grab Hingga Membajak Kapal Perang

Bahaya Penyalahgunaan Aplikasi Fake GPS Dan Mock Location Untuk Gojek, Grab Hingga Membajak Kapal Perang Image [source]

Selain banyak fungsi, ternyata GPS juga banyak di salah gunakan. Lokasi GPS di Ponsel seseorang ternyata bisa di palsukan. Caranya adalah dengan membuka akses root di hp android atau lewat cara jail break di ponsel ponsel iphone. Setalah akses root didapat, pera pelaku penyalah gunaan GPS memasang aplikasi fake GPS atau Mock Location. Berikut ini contoh beberapa kasus penyalah gunaan lokasi GPS palsu serta bahaya dan kerugian yang di timbulkannya.

1. Penyalah Gunaan Fake Gps Dalam Game Berbasis Lokasi Ingress.

Penyalah Gunaan Fake Gps Dalam Game Berbasis Lokasi Ingress.

Penyalah Gunaan Fake Gps Dalam Game Berbasis Lokasi Ingress. Image [source]

Tahun 2015, untuk pertama kali Google lewat anak perusahhannya yang bernama Niantic mengucicobakan game berbasis lokasi yang dikenal dengan Ingress. Game ingress ini mengubah lokasi lokasi populer di dunia nyata menjadi portal portal tempat 2 tim dalam game ingress berduel. Untuk bisa main dan mengambil bionus, gamer harus datang ke lokasi asli tersebut dan melakukan perjalanan dalam jarak tertentu. Pemain curang memanfaatkan aplikasi Fake GPs dan Mock location untuk memalsukan lokasi mereka dan soelah olah jalan jalan di dunia nyata sambil menyerang portal portal lawan dan dapat bonus besar di game. Padahal mereka aslinya sedang tiduran di kamar. Para pemain jujur pun dirugikan oleh gamer curang dengan aplikasi fake gps ini.

2. Penyalahgunaan Fake GPS Dalam Game Pokemon Go.

Penyalahgunaan Fake GPS Dalam Game Pokemon Go.

Penyalahgunaan Fake GPS Dalam Game Pokemon Go. Image [source]

Pokemon go menjadi sebuah game yang booming di awal tahun 2017. Untuk bisa main dan menangkap monster monster pokemon, orang harus benar benar keluar ke jalan dan tempat tempat populer dimana arena pertarungan serta portal di pasang. Tapi pemain curang bisa memalsukan lokasi GPS di ponsel mereka dan membuat pemain asli keok dalam berebut pokemomon. Padahal si pemain asli sudah repot repot menempuh puluhan kilometer, serta menghabiskan berliter liter bensin. Sementara yang tiduran dirumah bisa mendominasi di game hanya bermodalkan aplikasi fake GPS dan Mock Location.

3. Penyalahgunaan Fake GPS Dalam Aplikasi Ojek Online Gojek.

Pernah enggak sih pesan ojek online lewat aplikasi gojek, di peta drivernya sudah deket banget tapi di tunggu tunggu tidak sampai sampai? Jika pernah, maka mungkin kamu jadi korban oknum driver nakal yang memakai aplikasi fake GPS. Driver nakal tersebut memalsukan lokasi GPS di ponsel yang mereka pakai. Lokasi di ponsel driver nakal tersebut di setting ada di suatu titik di dekat kamu padahal sebenarnya mereka sedang tidur di rumah mereka yang lokasinya mungkin agak jauh.

Penyalahgunaan Fake GPS Dalam Aplikasi Ojek Online Gojek.

Penyalahgunaan Fake GPS Dalam Aplikasi Ojek Online Gojek. Image [source]

Tujuannya memalsukan lokasi ini adalah agar mereka dapat mengambil order pengguna gojek yang ada di titik tersebut tanpa harus stanby di pinggir jalan. Enak bagi drivernya tapi pelanggan harus nunggu lumayan lama agar si driver sampai ke titik yang sebenarnya. Driver jujur juga dirugikan oleh pengguna aplikasi fake gps ini. mereka yang benar benar stanbay di titik tersebut justru ordernya direbut oleh mereka yang tidur dirumah tapi pakai aplikasi GPS palsu

4. Penyalahgunaan Aplikasi Fake GPS Pada Taksi Online Grab Car.

Penyalahgunaan Aplikasi Fake GPS Pada Taksi Online Grab Car.

Penyalahgunaan Aplikasi Fake GPS Pada Taksi Online Grab Car. Image [source]

Curangi order aplikasi grab, 7 driver nakal di makasar ditangkap polisi. Begitu kira kira bunyi berita yang jadi trending di media online beberapa hari ini. dengan melakukan order palsu serta menyelesaikan job fiktif pakai fake GPS, mereka bisa tutup point dan mendapatkan bonus harian yang besarnya sampai Rp 240 ribu perhari. Yang di rugikan dalam kasus penipuan pakai fake gps ini tentu saja perusahaan grab nya. Mereka harus membayar bonus Rp 240 ribu sehari kepada orang yang tidak berhak. Kerugian yang diakibatkan penyalahgunaan fake gps serta aplikasi Mock Location ini tinggal 240 dikali 7 terus dikali lama waktu mereka beroperasi sebelum tertangkap. Cukup gede juga kan kalau penipuan ini sudah jalan selama beberapa bulan?

5. Penyalahgunaan Fake GPS Untuk Menyabotase Kapal Perang.

Pada tanggal 22 juni 2017, sebuah kapal perang milik amerika serikat tersesat sejauh 32 kilometer di laut hitam. Sebuah kapal perang dengan teknologi canggih sampai tersesat tentu saja cukup aneh bukan? apalagi tersesatnya sampai sejaun 32 kilometer dan saat di cek semua peralatan navigasi termasuk gps ternyata berfungsi normal. Insiden tersesatnya kapal perang ini menimbulkan kecurigaan bahwa rusia sedang mencoba senjata baru yang bisa mengacaukan sinyal gps satelit. Senjata baru milik rusia tersebut bisa memalsukan sinyal gps yang diterima kapal perang milik amerika dan membimbingnya ke arah yang palsu. Keamanan navigasi berbasis GPS pun kembali di ragukan setelah insiden ini.

Penyalahgunaan Fake GPS Untuk Menyabotase Kapal Perang.

Penyalahgunaan Fake GPS Untuk Menyabotase Kapal Perang. Image [source]

Tanggal 22 Agustus, sebuah kapal perang amerika bernama John S mcain juga menabrak kapal tangker komersial di laut dekat selat malaka. Amerika pun mencurigai navigasi GPS mereka di bajak dan mengakibatkan tabrakan ini.

Tuh kan penyalah gunaan aplikasi fake GPS serta Mock location ternyata bermacam macam modusnya. Dari yang efeknya ringan seperti kecurangan dalam game sampai sabotase kapal perang. Dimasa depan mobil mobil dengan fitur self driving car pun berpotensi di curi orang dengan tekning GPS spoofing serta jamming ini. jadi meskipun sering pakai GPS kamu perlu waspada juga ya.

No more articles