Banyak pepatah mengatakan bila kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Layaknya itu adalah benar. Namun sangat wajar jika tidak ada satupun yang ikhlas jika mendapatkan kegagalan, berada di bawah sangatlah menyakitkan, palagi terlihat buruk di mata orang.

Gagal memang sakit namun bukan berarti kita terus berada dalam kesakitan itu. Gagal juga bukan sebuah hukuman. Kamu harus tahu bahwa Tuhan tidak akan setega itu untuk mempermalukanmu. Tuhan hanya menginginkan kamu untuk sedikit bersabar dan berusaha untuk mencoba lagi saat gagal karena kamu akan mendapat banyak pelajaran untuk mendewasakanmu. Kamu harus terus mencoba melakukan banyak hal jika kamu sering mendapatkan kegagalan, seperti apa mari kita simak ulasannya..

1. Belajar dan Menang di lain waktu

Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak pernah gagal. Dalam kondisi dan situasi apapun pasti semua pernah mengalami kegagalan. Besar atau kecil tetap terhitung dalam kuota gagal. Saat kamu merasakan kegagalan, pastikan bahwa yang gagal adalah caramu berusaha bukan dirimu sedniri.

belajarlah dan menang lain waktu [image source]

belajarlah dan menang lain waktu [image source]

Belajarlah terus dan menanglah di lain waktu. Sejatinya, orang yang gagal kemudian tidak belajar dari kesalahannya dan hanya berdiam diri menyesali kegagalannya adalah orang yang gagal.

2. Kritik Dirimu Sendiri!

Banyak orang yang sangat berani mengumbar kelebihan dirinya dan menyembunyikan kekurangannya. Janganlah menjadi munafik dan tidak berani memperlihatkan kelemahanmu, kamu bisa mendapat saran dari orang-orang sekelilingmu. Terkadang tantangan yang paling berat adalah ketika mengakui tentang diri sendiri.

kritik dirimu sendiri [image source]

kritik dirimu sendiri [image source]

Kamu harus menjadi dewasa. Beranilah untuk menertawakan dirimu sendiri saat kamu melakukan kekonyolan, berani menegur diri sendiri saat kamu melakukan kesalahan dan juga beranilah untuk mengkritik dirimu sendiri. Mulailah dari dirimu, selidiki kelamahanmu, catat dan terimalah kemudian perbaiki.

3. Jangan Sesekali Menyalahkan Nasib

Jika kamu menyalahkan nasib berarti kamu juga menyalahkan Tuhan. Di dunia ini, Tuhan tidak akan pernah memberikan kesuksesan secara khusus kepada siapapun yang tidak berjuang dan berusaha. Satu-satunya cara untuk sukses adalah dengan usaha dan berdoa. Jika kamu mengalami kegagalan terus, cari tahu apa yang keliru kemudian perbaiki.

jangan menyalahkan nasib [image source]

jangan menyalahkan nasib [image source]

Orang yang menyalahkan nasib adalah orang yang ingin maju namun tidak berusaha sedikitpun. Kamu cukup percaya bahwa masa depan yang gemilang di rebut dari sebuah menerima tantangan dan berjuang dari tantangan itu.

4. Berdoa dan Berusaha adalah Modal Dasarnya

berdoa dan berusaha [image source]

berdoa dan berusaha [image source]

Tuhan memberikan paket menuju kesuksesan dengan berdoa dan berusaha. Namun jangan sesekali kamu hanya memanfaatkan doa tanpa melakukan apapun. Doa yang diformulasikan dengan usaha yang sungguh-sungguh akan memberikan jaminan akan pencapain yang besar. Bertahanlah dengan cita-citamu dan jangan beralih. Belajarlah jika kamu belum berhasil dan jangan menyerah.

5. Ambil Himahnya

ambil hikmahnya [image source]

ambil hikmahnya [image source]

Setiap kondisi apapun yang di berikan Tuhan kepadamu selalu memiliki hikmah. Akan selalu ada sisi baik dalam setiap kegagalan yang kamu dapatkan, seburuk apapun kegagalan yang kamu terima. Tuhan maha baik, Dia tidak akan mengambi satu lalu memberikan satu juga, namun ketika Tuhan mengambil satu sebagai gantinya Dia akan memberikan dua atau bahkan lebih. Apapun yang kamu rasakan dan dapatkan, terimalah dengan ikhlas. Jika itu sebuah keberhasilan maka syukuri dan jika itu sebuah kegagalan maka belajarlah.

Jangan terpaku karena kegagalan yang sering kamu alami. Justru dari banyak kegagalan yang kamu alami, kamu akan mendapatkan banyak sekali pelajaran dan pengalaman. Kamu jadi tahu bagaimana cara menghadapi situasi yang sulit dan banyak hal lainnya.

Well itulah tadi beberapa hal yang terus harus kamu lakukan dan mencobanya ketika kamu mendapakan kegagalan. Percayalah bahwa Tuhan tidak tidur. Semoga bermanfaat dan Tetap semangat..

No more articles