Alam merupakan arsitek yang paling canggih. Banyak sekali bentukan bentukan alam yang mengagumkan dan tidak bisa ditiru oleh manusia. Ukuran bangunan bentukan alam ini besar besar melebihi ukuran bangunan yang mampu dibuat manusia. Jika bangunan buatan manusia dibuat dalam jangka waktu yang relatif singkat, maka alam membuat bentukan ini dalam waktu yang sangat lama.

5 lansekap bentukan alam dan batuan mengagumkan

5 lansekap bentukan alam dan batuan mengagumkan.image [source]

Ada kesamaan antara bangunan yang di buat manusia dengan bentukan yang dibuat oleh alam. Kesamaan nya yaitu, kedua duanya perlu energi dalam membuatnya. Jika manusia menggunakan energi listrik, serta bahan bakar minyak untuk membuat sesuatu, maka alam menggunakan energi angin, tektonik, panas matahari hingga energi gelombang pasang surut air laut. Berikut ini beberapa bentukan alam serta batuan yang perlu kamu ketahui.

1. Cerobong Asap Peri ( Fairy Chimney)

Cerobing asap peri ini berbentuk kerucut-kerucut dari batuan yang menjulang vertikal. Ukuran dari kerucut batuan cerobong asap peri ini cukup besar. Cerobong asap peri ini ada di Cappadocia, satu wilayah di negara Turki. Tiap tahun banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Pada bagian dalam bentukan batuan yang tinggi besar tersebut juga di pahat untuk membuat ruang rung seperti kamar kamar di rumah biasa. Ada juga bagunan hotel dari pahatan batu yang disewakan disana. Jika anda ingin merasakan sensasi tinggal di dalam gua, namun dengan fasilitas hotel, maka Fairy Chimney inilah tempat yang cocok.

Cerobong Asap Peri

Cerobong Asap Peri.image [source]

Proses pembentukan cerobong asap peri ini dimulai berjuta juta tahun yang lalu. Aktivitas dari gunung berapi yang massif, menyemburkan abu dan lavanya sehingga menutupi tanah di sekitarnya. Oleh kekuatan air hujan selama berjuta juta tahun, sebagian batuan dan abu gunung berapi tersebut terkikis. Menyisakan bagian keras berupa batuan berukuran besar yang menjulang tinggi vertikal. Karena keunikan struktur batuan disana, UNESCO memasukkan cerobong asap peri ini sebagai salah satu situs warisan dunia (Word Herritage).

2. Mata Gurun Sahara (The Eye Of Sahara)

The Eye of Sahara ini merupakan bentukan berupa lapisan batuan biru putih melingkar dengan ukuran sangat besar. Mata gurun sahara ini mempunyai diameter kurang lebih 50 kilometer. Mata gurun Sahara ini bentuknya lingkaran hampir simetris. Para ahli sempat menduga bahwa mata gurun sahara ini terbentuk dari meteor yang menabrak bumi berjuta juta tahun yang lalu. Namun belum ada bukti kuat yang mendukung teori ini.

Mata Gurun Sahara

Mata Gurun Sahara. image [source]

Terbentuknya mata gurun Sahara diyakini sebagai akibat dari aktifitas tektonik terangkatnya lapisan batuan dalam ukuran yang besar, kemudian mengalami erosi. Mata gurun sahara ini dikenal juga dengan Richat Structure dan merupakan salah satu bentukan yang terlihat dari luar angkasa oleh para astronot. Dari luar angkasa mata gurun sahara ini terlihat seperti mata biru raksasa yang menatap secara langsung ke arah para astronot.

3. Konblok Konblok Raksasa (Giant Causaway) di Irlandia Utara

Di tempat ini struktur batuan vulkanik berbentuk segi lima tertata rapi dan saling mengunci. Batuan ini disebut batuan basal yang warnanya hitam. Jika dilihat maka sepertinya ada orang yang secara khusus menata kolom kolom batuan segi lima ini secara vertikal. Tentu saja bukan manusia yang melakukannya karena ukuran batuan segi lima ini cukup besar dan menutupi daerah yang cukup luas.

Konblok Konblok Raksasa

Konblok Konblok Raksasa. image [source]

Struktur batuan dari Giant Causaway ini diperkirakan akibat adanya aktivitas gunung berapi 50 sampai 60 juta tahun yang lalu. Kolom kolom batuan segi lima raksasa ini ada yang berukuran hingga 12 meter tingginya. Tertata rapi dari kaki bukit dan perlahan menghilang tenggelam di laut. Ada legenda di sana yang mempercayai bahwa batuan batuan ini di buat oleh raksasa yang mereka sebut Fion Mac Cumhaill. Dia ditantang oleh raksasa lain di seberang lautan. Agar bisa bertemu maka dengan kemampuan supernatural dibuatkan pijakan pijakan segi lima dari batuan tersebut membelah lautan. Kemudian ketika dia tahu musuhnya lebih besar, Fion melarikan diri kembali ke Irlandia dan menghancurkan pijakan yang di tengan laut . dengan begitu dia tidak di kejar raksasa musuhnya dari seberang laut.

4. Gua Kristal Raksasa Di Meksiko.

Gua kristal raksasa ini terletak di kota Naika Cihuahua Meksiko. Sepasang penambang yang mencari perak dan timah mengali di wIlayah Meksiko. Bukannya timah dan perak, mereka berdua menemukan gua berisi kristal kristal raksasa yang ada di kedalaman 300 meter di bawah tanah. Struktur kristal raksasa ini diperkirakan terbentuk akibat, tanah kapur yang jenuh air mengalir melewati gua, kemudian dipanaskan oleh lava dari gunung api dan mengalami pendinginan secara tiba tiba. Umur dati kristal raksasa ini diperkirakan mencapai 500 ribu tahun.

Gua Kristal Raksasa Di Meksiko

Gua Kristal Raksasa Di Meksiko. image [source]

Ukuran dari kristal yang ditemukan di gua ini bervariasi. Paling besar berukuran tinggi 12 meter dan diameter 4 m. Suhu di gua kristal ini cukup tinggi, yaitu sekitar 58 derajat celsius. Orang normal yang memakai pelindung panas hanya mampu bertahan selama 10 menit. Oleh karena itu gua kristal raksasa ini belum sepenuhnya di jelajahi.

5. Sinkhole.

Pernah membayangkan sedang enak-enak duduk nonton televisi di rumah, tiba-tiba kursi beserta rumah sekaligus 100 rumah tetangga disekitarmu ambles, masuk tertelan kedalam tanah, Tak terlihat lagi? Mengerikan bukan. Peristiwa amblesnya tanah sehingga menjadi lubang besar dan dalam sering terjadi di wilayah yang banyak mengandung kapur.

Sinkhole

Sinkhole. image [source]

Lubang raksasa ini terbentuk di daerah yang lapisan tanah bawahnya berupa batuan kapur. Air hujan yang mengandung karbon dioksida, bereaksi dengan sisa sisa tumbuhan serta hewan yang membusuk di tanah membentuk air asam. Air asam ini merembes masuk kedalam tanah dan sampai di batuan kapur. Batuan kapur yang menyangga tanah dari bawah larut dalam air asam tadi. Semakin lama terbentuk rongga batuan kapur yang semakin besar. Batuan kapur yang menyangga lapisan tanah atas hilang sehingga ketika tanah atas tidak mampu menyangga beratnya sendiri, tanah akan ambles sangat dalam. Amblesnya tanah ini membentuk lubang yang dasarnya tidak terlihat. Ukuran dari lubang singhole ini bervariasi tergantung luasnya batuan kapur yang terkorosi oleh air hujan asam. Singhole terbesar ada di Quatara, sebuah wilayah di sebelah barat Kairo. Panjang singhole ini mencapai 80 km dengan lebar 120 km dan kedalaman mencapai 133 meter. Pernah membayangkan seluruh kota jogja jatuh ambles sedalam 133 meter ke dalam tanah? Lumayan mengerikan bukan.

No more articles