Setiap alat elekronik yang memiliki layar ternyata mengeluarkan berbagai macam spektrum cahaya mulai dari merah hijau dan biru. Menurut para ahli, cahaya biru dari alat elektronik itu cukup berbagaya karena tidak di filter oleh retina dan langsung sampai ke bagian belakang mata. Cahaya biru tersebut ternyata juga bisa merusak fotoreseptor pada mata dan tidak bisa di pulihkan lagi sepanjang umur orang tersebut.

Kelamaan Pakai Ponsel Bisa Bikin Buta? Begini Cara Mengatasinya.

Kelamaan Pakai Ponsel Bisa Bikin Buta? Begini Cara Mengatasinya. Image [source]

Kondisi ini cukup mengkhawatirkan mengingat, rata rata orang saat ini tidak bisa lepas dari barang elektronik terutama ponsel. Melihat layar ponsel sehari lebih dari 8 jam tentu bisa berakibat fatal. Enggak mau kan gara gara gemar facebokan mata kita jadi buta? nah untuk meminimalisir efek merusak dari cahaya biru dari ponsel tersebut, berikut pencegahan yang bisa di lakukan.

1. Istirahatkan Mata Setiap 20 Menit.

Istirahatkan Mata Setiap 20 Menit.

Istirahatkan Mata Setiap 20 Menit. Image [source]

Main game, baca baca facebook, ngobrol di whatsapp seringkali membuat mata kita terus menerus melihat layar ponsel. Inibahaya karena saat mata kita di pakai, otot mata itu selalu berkontraksi. Kalau di biarkan lama lama tanpa jeda, otot mata juga bisa mengalami kelelahan. Oleh karena itu dianjurkan mengistirahatkan mata setiap dipakai 20 menit. istirahatnya dengan cara melihat benda benda yang jauh selama 20 detik. Simple kan?

2. Cegah Kekeringan Lensa Mata Dengan Sering Berkedip.

Cegah Kekeringan Lensa Mata Dengan Sering Berkedip.

Cegah Kekeringan Lensa Mata Dengan Sering Berkedip. Image [source]

Asik scroll scrool time line sosial media membuat kita jarang berkedip. Padahal berkedip itu penting lho. berkedip menjaga retina dan lensa mata kita tetap basah. Kalau retina sampai kering bisa gawat. oleh karena itu meskipun asik main gadget, jangan lupa berkedip ya.

3. Seting Kecerahan Serendah Mungkin.

Seting Kecerahan Serendah Mungkin.

Seting Kecerahan Serendah Mungkin. Image [source]

Layar ponsel yang di setting terlalu terang ternyata cepat membuat mata lelah. Apalagi kalau mainnya di tempat dengan pencahayaan kurang. Oleh karena itu sebaiknya, pencahayaan layar diatur seminim mungkin agar matamu tidak mengalami kelelahan dan cahaya biru yang sampai ke mata sedikit.

4. Jarak Ponsel Dengan Mata Tidak Bileh Terlalu Dekat.

Jarak Ponsel Dengan Mata Tidak Bileh Terlalu Dekat.

Jarak Ponsel Dengan Mata Tidak Bileh Terlalu Dekat. Image [source]

Rata rata orang memakai ponsel itu jaraknya terlalu dekat dengan mata. Biasanya ponsel di pegang pada jarak 8 incian. Ternyata jarak segini belum cukup aman bagi mata kita. cahaya biru yang masuk ke mata masih terlalu kuat. Untuk itu disarankan memegang ponsel pada jarak 16 inchian. Agak kikuk pasti awal awalnya, tapi nanti lama lama kamu akan terbiasa

5. Download Aplikasi Aplikasi Pengatur Pencahayaan.

Download Aplikasi Aplikasi Pengatur Pencahayaan.

Download Aplikasi Aplikasi Pengatur Pencahayaan. Image [source]

Di playstore banyak sekali aplikasi yang fungsinya ntuk mengatur pencahayaan ponsel biar pas. Salah satunya adalah F.luc. dengan aplikasi ini kamu bisa mensetting pencahayaan ponbsel ke mode malam jika sedang ada di tempat tempat yang pencahayaanya kurang. Dengan menseting pencahayaan ke mode malang, cahaya biru yang masuk ke mata pun bisa di kurangi.

No more articles