Setiap orang pasti memiliki kesibukannya masing-masing sesuai dengan keperluannya. Oleh sebab itulah banyak orang yang harus memilih untuk begadang guna menyelesaikan sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Namun selain begadang karena tuntutan dari apa yang menjadi tanggung jawabnya, tidak sedikit pula yang begadang hanya untuk sebuah kesenangan atau bahkan karena mengidap penyakit insomnia.

Begadang Melelahkan

Begadang Melelahkan [ image source ]

Rutinitas begadang memang akan menimbulkan rasa kantuk berlebih di keesokan harinya. Dan hal tersebut memang wajar terjadi karena tubuh sedang kekurangan jatah porsi waktu untuk beristirahat. Namun ternyata rasa kantuk berlebih akibat begadang ternyata bisa diatasi dengan beberapa cara ini lho. Langsung saja yuk, simak penjelasannya tentang bagaimana caranya agar tubuh bisa tetap bugar setelah melakukan aktivitas begadang.

1. Jangan Lupa Makan Dan Banyak Minum

Saat Begadang Imbangi Dengan Makan

Saat Begadang Imbangi Dengan Makan [ image source ]

Aktivitas begadang adalah aktivitas yang membuat seluruh organ tubuh akan bekerja ekstra keras melebihi dari jatah kerja normalnya. Dan pada saat itulah, tubuh akan sangat membutuhkan banyak sekali energi guna operasional organ seluruh tubuh. Nah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan energi adalah dengan makan serta minum air putih yang banyak.

2. Berjemur Langsung Dibawah Sinar Matahari

Berjemur Dibawah Sinar Matahari

Berjemur Dibawah Sinar Matahari [ image source ]

imbas dari aktivitas begadang memang kerap menimbulkan efek melelahkan yang disertai dengan rasa kantuk berlebih pada keesokan harinya. Namun tahu nggak kamu kalau rasa kantuk tersebut adalah karena tubuh sedang mengeluarkan hormon melatonin yang biasanya diproduksi malam hari pada saat kondisi gelap. Nah jika ingin mengurangi efek ngantuk di pagi hari, sebelum kamu tidur sebaiknya berjemur dulu dibawah sinar matahari agar tubuh berhenti menghasilkan hormon tersebut.

3. Manfaatkan Waktu Untuk Power Nap

Manfaatkan Waktu Untuk Power Nap

Manfaatkan Waktu Untuk Power Nap [ image source ]

Buat kamu yang belum tahu maksud dari arti power nap, ini adalah merupakan jenis dari aktivitas tidur siang dengan panjang waktu ideal kurang lebih selama 20 – 30 menit lamanya. Meskipun tergolong sangat sebentar durasinya, namun metode power nap ini ternyata sangat efisien untuk menggantikan waktu tidur malam hari yang hilang akibat aktivitas begadang.

4. Berolahraga Ringan Sebelum Beristirahat

Olahraga Sebelum Istirahat

Olahraga Sebelum Istirahat [ image source ]

Aktivitas begadang memang akan membuat tubuh menjadi lemas akibat kurangnya waktu beristirahat. Namun, melakukan olaharga ringan sebelum kamu beristirahat dari aktivitas begadang ternyata dapat sedikit membantu tubuh untuk menjadi lebih sehat dan menyegarkan. Nggak perlu olahraga yang berat, cukup melakukan olah raga ringan seperti jalan atau melakukan joging.

5. Minum Vitamin Tambahan

Menambah Asupan Vitamin

Menambah Asupan Vitamin [ image source ]

Tubuh lemas akibat begadang terjadi karena seluruh organ tubuh bekerja secara maksimal saat seseorang mulai terjaga dari aktivitas begadang. Nah salahs atu cara agar kamu bisa tetap segar seusai kegiatan begadang adalah di imbangi dengan meminum tambahan vitamin seprti vitamin C, B komplek dan sebagainya saat begadang atau sesudahnya.

Sahabat iyakan.com, itulah cara yang bisa digunakan untuk menjaga tubuh agar tetap bisa fit setelah melakukan aktivitas begadang. Nah buat kamu yang suka begadang, ingat ya bahwa begadang itu boleh saja, asal ada maksudnya.

No more articles