Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menabung. Salah satu alasannya, adalah karena gaya hidup yang tidak berbanding lurus dengan pendapatan. Padahal, menabung itu sangatlah penting untuk persiapan kehidupan kita nanti di masa yang akan datang.

Kali ini, team iyakan akan memberikan ide-ide untuk menabung yang unik dan super seru. Cara-cara berikut begitu mudah buat dilakukan di rumah loh. Penasaran seperti apa? langsung saja kita simak di bawah ini yuk readers Boombastis sekalian.

1. Jadwalkan Waktu Menabung

Ngaku deh, diantara kalian pasti ada kan yang menabung itu hanya kalau ada uang sisa bulanan saja. Padahal, pemikiran ini nih yang harus di ubah. Iya kalau ada sisa, kalau engga ada sisa gimana? Belum lagi kalau kamu tipe orang yang boros? Yang ada kamu gak akan nabung-nabung deh.

Jadwalkan-Menabung-cdogoilpress

Jadwalkan Menabung [ Image Source ]

Jadwalkanlah waktu menabung di awal bulan. Jadi saat kamu menerima gaji, langsung sisihkan untuk kebutuhan sehari-hari selama sebulan, lalu sebagian lagi langsung kamu tabung, sisanya baru deh bisa kamu pakai buat senang-senang, misalnya nonton, makan di restoran ataupun nongkrong di cafe.

2. Celengan 20 Ribu

Ada lagi nih cara unik untuk menabung yang gak bikin hidup susah. Cara ini sudah tersebar di internet dan populer dengan nama “The Power Of 20 Ribu”. Yaa, sesuai namanya, uang yang kita gunakan untuk ditabung adalah uang lembaran 20 ribu rupiah.

The-Power-Of-20Ribu-cbidhuan

The Powe Of 20Ribu [ Image Source ]

Jadi setiap kamu mendapatkan pecahan 20 ribu setiap habis belanja, langsung masukkan uang tersebut ke dalam celengan yang di gembok. Harus digembok yaa, biar kamu tidak tergiur untuk mengambilnya kembali. Jika pecahan 20 ribu terlalu besar menurut kamu, kamu bisa menggantikan dengan pecahan 10 ribu atau 5 ribu.

3. Menabung Sesuai Tanggal

Selain menabung di awal bulan, kamu juga bisa loh mencicilnya setiap hari. Gak usah panik dulu readers, karena cara menabung di sini sangat asyik loh. Dijamin deh bisa melatih kamu untuk menabung dan membuat kamu jadi gemar sekali menabung. Caranya adalah dengan nominal menabung sesuai dengan tanggal.

Nominalnya-Sesuai-Tanggal-Menabung-cbrilio

Nominalnya Sesuai Tanggal Menabung [ Image Source ]

Misalkan untuk tanggal 1 kamu menabung Rp. 1000,- , kemudian tanggal 2 kamu menabung Rp. 2.000 dan seterusnya hingga tanggal 30 nanti kamu menabung Rp. 30.000. Dengan cara yang sempat menjadi viral di Internet ini, dalam sebulan kamu bisa mendapatkan kurang lebih sekitar Rp. 400.000,- . Lumayan banyak juga kan.

4. Jangan Sepelan Uang Koin

Ini dia nih yang paling sering sekali kita sepelekan. Dalam sehari tentunya kita begitu sering bertemu dengan uang koin bukan. Terkadang kita menilai uang koin ini begitu rendah. Jadi setiap mendapatkannya, kita menaruhnya secara sembarangan. Padahal, yang namanya uang mau sekecil apapun nilainya tetap berharga bukan.

Menabung-Uang-Koin-cpinterest

Menabung Uang Koin [ Image Source ]

Nah, dari pada tercecer begitu saja, lebih baik kita celengkan uang itu. Setiap kamu mendapatkan koin, langsung kamu masukkan ke dalam suatu wadah yang terkunci. Jika wadah sudah penuh, kamu bisa menukarkannya dengan pecahan yang lebih besar ke Bank.

5. Beri Tanda Penyemangat

Coba deh, kamu beri nama disetiap wadah untuk menabung, entah itu celengan, toples atau apapun. Kamu bisa memberikan nama sesuai dengan tujuan kamu menabung, misalnya “biaya tugas akhir”, “untuk liburan”, atau yang jangka panjang “biaya resepsi menikah”.

Catatan-Penyemangat-Pada-Celengan-chomefirstcertified

Catatan Penyemangat Pada Celengan [ Image Source ]

Nah, kalau di wadah atau celengan kita udah ada tulisan penyemangat kayak gini, dijamin deh kamu gak males lagi buat menabung. Malah mungkin kamu menjadi menggebu-gebu untuk menabung. Gimana? cara ini gampang banget kan buat di coba bukan.

Gimana nih readers, kelima cara menabung yang unik diatas? Sangat mudah untuk di coba bukan. Menurut readers sendiri, cara yang nomor berapa nih yang paling seru buat dilakukan? Atau readers punya cara unik lainnya?

No more articles