Madu adalah merupakan cairan kental menyehatkan yang diproduksi oleh para lebah atau serangga lainnya menggunakan nektar dari berbagai macam jenis bunga sebagai bahan baku utamanya. Karena terkenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh, tidak heran jika semakin hari madu menjadi semakin banyak diburu oleh banyak orang. Namun sayangnya selain banyak diburu, keberadaan madu kini ternyata juga mulai banyak dipalsukan oleh sejumlah oknum nakal yang hanya ingin mendapatkan untung lebih dengan cara yang salah.

Madu

Madu [ image source ]

Fenomena madu palsu yang semakin banyak beredar memang telah membuat resah banyak orang. Salah satu alasannya adalah karena selain tidak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, membedakan madu palsu dengan madu yang asli ternyata tidaklah mudah. Nah buat kamu yang hingga kini masih bingung tentang bagaimana cara membedakan madu asli dengan yang palsu. Langsung coba saja praktekkan beberapa cara berikut ini yang paling sering dipakai untuk mengetes keaslian dari sebuah madu.

1. Mengecek Kekentalannya

Cek Kekentalannya

Cek Kekentalannya [ image source ]

Cara yang pertama yang sering dilakukan untuk mengecek apakah madu itu asli atau palsu adalah dengan cara melihat kekentalannya. Meski ada berbagai macam jenis madu dengan kekentalan yang berbeda-beda, namun tetap saja madu yang asli akan selalu memiliki aliran yang tidak gampang putus saat dituangkan. Nah jika madu yang kamu ternyata alirannya mudah putus bisa jadi itua adalah madu yang sudah dicampur dengan bahan lain alias madu palsu.

2. Menuangkannya Kedalam Air Putih

Menuangkannya Kedalam Air Putih

Menuangkannya Kedalam Air Putih [ image source ]

Selain mengecek kekentalannya sembari melihat aliran saat dituangkan. Mengecek madu dengan cara menuangkannya kedalam air putih ternyata juga sering dijadikan sebagai cara untuk mengecek keaslian madu. Madu murni memiliki kekentalan yang alami sehingga jika dituangkan kedalam air tidak mudah menjadi larut. Begitu juga sebaliknya dengan madu palsu yang akan cepat larut ketika dituangkan ke dalam air putih.

3. Meneteskannya Keatas Kertas

Meneteskannya Keatas Kertas

Meneteskannya Keatas Kertas [ image source ]

Menggunakan kertas sebagai media untuk mengetahui keaslian madu memang sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Caranya pun tidak terlalu sulit yaitu hanya dengan cara meneteskan madu ke atas kertas. Meskipun cairan madu akan membasahi bagian kertas, namun untuk kertas yang terkena madu asli tidak akan mudah robek meski telah basah terkena madu. Begitu juga sebaliknya kertas yang terkena madu palsu akan lebih mudah robek dan tembus.

4. Dengan Cara Dibakar

Dengan Cara Dibakar

Dengan Cara Dibakar [ image source ]

Ada dua versi tentang cara membedakan madu asli dengan cara dibakar, yaitu yang pertama adalah langsung menyulutkan api ke dalam botol madu. Madu asli dipercaya akan mengeluarkan gas alami yang sifatnya mudah terbakar. Oleh sebab itulah botol yang berisi madu asli akan menyala saat didekatkan api. Dan yang kedua adalah dengan membakar madu diatas sendok. Madu yang asli teksturnya cairannya akan tetap encer, sedangkan yang palsu akan semakin tambah mengental.

5. Menggunakan Kuning Telur

Menggunakan Kuning Telur

Menggunakan Kuning Telur [ image source ]

Cara paling familiar yang dipercaya dapat mengunkap madu asli dan yang palsu adalah dengan menggunakan kuning telur. Caranya pun cukup mudah yaitu hanya cukup mencampurkan madu dengan kuning telur dari berbagai macam unggas. Madu yang asli dipercaya akan menjadikan kuning telur menjadi nampak matang karena efek dari kandungan asam alaminya. Sedangkan madu palsu sama sekali tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kuning telur.

No more articles