Aktivitas begadang sepertinya sudah menjadi salah satu trend rutinitas yang hampir setiap hari dijalani oleh sebagian kalangan anak muda. Padahal Raja Dangdut Roma Irama sendiri sudah menekan dalam salah satu lagunya yang berjudul begadang yang berpesan bahwa nggak usah begadang kalau nggak ada manfaatnya. Terlepas dari lagu si raja dangdut ini, tau nggak kalau hal yang terlihat sepele seperti begadang ini ternyata dapat berdampak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Nggak usah panjang lebar, berikut ini adalah beberapa efek negatif yang akan dialami oleh seseorang yang sering sekali melakukan kegiatan begadang.

Membuat Jantung Bermasalah

mengakibatkan terkena penyakit jantung

mengakibatkan terkena penyakit jantung [ image source ]

Jika jantung bermasalah sama juga halnya dapat terkena penyakit seperti gagal jantung, stroke atau penyakit yang berkaitan dengan jantung lainnya. Tentu penyebabnya adalah karena saat jantung yang seharusnya ikut menurunkan kinerjanya saat tidur malam justru di forsir untuk bekerja lebih ekstra saat begadang. Jika kamu sayang sama kesehatan jantungmu, sebaiknya mulai kini kurangilah aktivitas begadangmu yang nggak ada manfaatnya.

Berpeluang Besar Terkena Kanker

mudah terkena kanker

mudah terkena kanker [ image source ]

Kekurangan waktu tidur pada malam hari ternyata dapat mempengaruhi penurunan kinerja tubuh dalam memproduksi hormon melatonin. Hormon melatonin sendiri memiliki fungsi yang sangat banyak bagi tubuh yang salah satunya adalah melawan dan memerangi sel kanker. Sedangkan hormon melatonin sendiri puncak produksinya adalah saat menjelang tengah malam saat seseorang tengah tertidur. Buat kamu yang suka begadang, coba deh pertimbangkan lagi dampak negatifnya ini.

Mempercepat Terjadinya Penuaan Dini

mempercepat penuaan dini

mempercepat penuaan dini [ image source ]

Untuk efek negatif berikutnya adalah merupakan kebalikannya dari penurunan produksi hormon melatonin, aktifitas begadang dapat meningkatkan produksi kortisol salah satu hormon yang dapat mengakibatkan seseorang menjadi mudah stres. Nggak hanya menyebabkan stres, hormon krotisol juga dapat memecah kolagen pada kulit yang nantinya akan berdampak kulit menjadi mudah keriput. Dampak paling cepat terlihat dari pengkeriputan kulit akibat begadang adalah pada bagian kantung mata.

Mengakibatkan Kematian Mendadak

mita diran mendadak meninggal karena begadang selama 30 jam

mita diran mendadak meninggal karena begadang selama 30 jam [ image source ]

Efek negatif terakhir yang dapat terjadi karena sering begadang adalah mengalami kematian mendadak. Memang sih kematian itu sudah menjadi takdir seseorang, tapi setidaknya kematian itu ada penyebabnya ya kan? Masih terkait dengan dampak negatif pada poin pertama, seseorang dapat mengalami serangan jantung jika terlalu sering begadang. Kapan waktu terjadinya itu tergantung dengan seberapa kuat jantungmu bertahan dalam siklus aktifitas begadang yang sering kamu lakukan.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa ulasan mengenai efek negatif yang akan di dapat dari seringnya menjalani aktivitas begadang. Nah bagi kamu yang sering banget begadang, semoga ini bisa menjadi bahan pertimbangamu agar mulai kini kamu mulai mengurangi aktivitas begadangmu. Ingat tubuhmu itu juga perlu istirahat kan ya?

No more articles