Kebiasaan, tingkah laku, gerak tubuh serta cara berbicara akan selalu diperhatikan orang. Dimanapun itu, baik di tempat kerja, di kampus, di kosan maupun dilingkungan beraktivitas setiap harinya. Ada beberapa kebiasaan yang akan di nilai baik oleh orang lain, dan ada juga beberapa kebiasaan yang akan dinilai buruk oleh orang lain.

Kali ini kita akan membahas tentang beberapa kebiasaan sehari-hari yang justru akan membuatmu terlihat kurang cerdas. Ada beberapa hal yang harus kamu hindari jika tak mau dianggap bodoh. Berikut ulasannya.

1. Menghindari Kontak Mata

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan menghindari kontak mata pada saat berbicara kepada lawan bicara akan membuatmu terlihat tidak cerdas. Orang akan beranggapan kamu sedang gugup, merasa kurang percaya diri atau bahkan dianggap berbohong. Maka dari itu, jika berbicara kepada lawan bicara, lakukanlah kontak mata maka kamu akan di nilai cerdas dan percaya diri.

Menghindari kontak mata [ Image Source ]

Menghindari kontak mata [ Image Source ]

2. Mengumpat atau Berbicara Kasar

Sestres atau sefrustasi apapun kamu, hindari untuk mengumpat atau mengeluarkan kata-kata kasar. Hindari ini ketika kamu sedang ada di tempat kerja, tempat berorganisasi ataupun tempat-tempat yang berisi khalayak ramai.

Mengumpat dan berbicara kasar [ Image Source ]

Mengumpat dan berbicara kasar [ Image Source ]

Jika kamu melakukan hal ini, kebanyakan orang akan menilaimu tidak baik, bodoh atau bahkan mereka tidak mau mengenalmu padahal nyatanya kamu tidak seperti yang mereka pikirkan. Dalam survei tahun 2012, lebih dari separuh atasan kerja menganggap pegawainya yang mengumpat itu kurang cerdas.

3. Merengut atau Mengerutkan Dahi

Merengut atau mengerutkan dahi jelas perbuatan yang tidak sopan. Tak hanya akan membuatmu terlihat tidak ramah, hal ini juga bisa membuatmu terlihat kurang cerdas. Bisa dibayangkan jika kamu ingin meminta bantuan kepada seseorang dengan merengut dan mengerutkan dahi, orang pasti akan berpikir berkali-kali untuk menolongmu.

Merengut atau Mengerutkan Dahi [ Image Source ]

Merengut atau Mengerutkan Dahi [ Image Source ]

Cobalah untuk tetap tersenyum dalam keadaan apapun, selain untuk meningkatkan mod orang lain, itu juga bisa meningkatkan moodmu dan kamu akan terlihat cerdas.

4. Tak Berani Meminta Saran

Mungkin bagi kebanyakan orang menganggap orang yang tidak pernah meminta saran atau bertanya merupakan orang yang cerdas. Tapi ternyata, justru orang yang seperti itu merupakan orang yang kurang dalam segala hal. Saat kamu takut untuk meminta saran atau bertanya, kamu akan dianggap kurang kompeten.

Tak berani minta saran [ Image Source ]

Tak berani minta saran [ Image Source ]

So, mintalah saran dan bertanyalah apa yang tidak kamu ketahui. Selain akan menambah wawasanmu, kamu juga dapat introspeksi diri untuk memperbaiki dirimu.

5. Menggunakan Kalimat yang Berlebihan

Dalam sebuah studi kasus yang diteliti oleh peneliti, sebuah abstrak dalam disertasi banyak mengandung kata yang panjang. Kemudian mereka mengubah kata-kata yang terlalu panjang digantikan dengan kata yang lebih singkat tetapi tetap memiliki makna yang sama. So, kalau kamu tidak ingin dianggap bodoh, hindari penggunaan kata-kata yang berlebihan atau bertele-tele.

Menggunakan kalimat yang berlebihan [ Image Source ]

Menggunakan kalimat yang berlebihan [ Image Source ]

So guys.. kalau kamu ingin dikenal sebagai orang yang terlihat cerdas dan kompeten, hindari lima kebiasaan tersebut ya. Tetaplah menjadi dirimu sendiri untuk selalu berproses lebih baik dari waktu ke waktu. Banyak-banyaklah mempunyai teman dan kerabat agar mereka memberi tahumu tentang apa kekuranganmu sehingga kamu bisa memperbaiki dirimu sendiri.

No more articles