Dari Sabang Sampai Merauke terbentang kebudayaan Indonesia yang beragam tak terhitung jumlahnya. Keragaman itu bisa kita nikmati saat ini karena memang dulu sebelum kita mengenal Indonesia, bumi Nusantara diduduki oleh Kerajaan-kerajaan yang terkenal kuat dan bahkan bisa menancapkan pengaruhnya hingga ke wilayah Asia Tenggara.

Kekuatan itu tentu juga didukung oleh dinasti yang mewarisi kemasyuran leluhur mereka. Beberapa dinasti Nusantara berikut ini contohnya, para rajanya terkenal kuat dan bisa mempertahankan kekuasaannya dalam waktu yang lama. Penasaran? Simak informasi berikut ini.

1. Dinasti Rajasa

Dinasti Rajasa adalah salah satu dinasti terkuat pada masanya. Didirikan oleh Ken Arok yang Bergelar Sri Ranggah Rajasa. Dari Ken Arok dan istri-istrinya lahir penerus dinasti Rajasa yang memimpin Kerajaan Singhasari dan Majapahit dalam kurun Waktu abad ke-13 hingga ke-15.

Peninggalan dinasti Rajasa

Dinasti Rajasa [ Image Source ]

Dinasti Rajasa runtuh seiring runtuhnya Majapahit dan digantikan oleh Kerajaan-Kerajaan lain yang berhasil menaklukannya. Beberapa raja terkenal dari Dinasti ini adalah Raja Kertanegara dari Singhasari dan Raja Hayam Wuruk dari Majapahit.

2. Dinasti Isyana

Dinasti Isyana didirikan Oleh Mpu Sindok jauh sebelum ada Singhasari dan Majapahit sebagai salah satu kekuatan besar di Nusantara. Mpu Sindok sendiri adalah penerus dari Dinasti Sanjaya yang menguasi Kerajaan Medang di Jawa Tengah.

Prasasti peninggalan dinasti Isyana

Dinasti Isyana [ Image Source ]

Diduga karena bencana alam, Mpu Sindok yang bergelar Sri Isyana Wikramadharmottunggadewa memindahkan ibu kota dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Dan sejak saat itulah periode kekuasaan Dinasti Isyana dimulai. Selain Mpu Sindok, Raja Airlangga dari kahuripan juga termasuk dalam Dinasti Ini.

3. Dinasti Sailendra

Selain Majapahit, Kerajaan Sriwijaya dan Medang juga merupakan Kerajaan Besar. bahkan Kekuasaan Sriwijaya bisa sampai ke Sebagai wilayah Asia Tenggara. Para Raja Sriwijaya dan Medang itu adalah keturunan dinasti Sailendra. Dengan penguasa yang pertama adalah Sentanu kemudian dilanjutkan dengan Dapunta Selendra.

Peninggalan dinasti Sailendra

Dinasti Sailendra [ Image Source ]

Ada banyak teori tentang asal – usul dinasti tersebut. Ada yang menyebut berasal dari India, bahkan ada yang menduga dinasti Sailendra berasal dari Kamboja. Namun yang pasti peininggalan-peninggalannya berdiri megah di Indonesia. Salah satunya adalah Candi Borobudur.

4. Dinasti Mataram Islam

Dinasti Mataram Islam adalah nama yang merujuk pada keturunan Ki Ageng Sela dan Ki Ageng Pemanaha. Keduanya mengaku masih keturunan bangsawan Majapahit. Itu artinya mereka adalah penerus dari dinasti Rajasa. Kerajaan Mataram Islam pun berdiri di abad ke-17. Dan raja pertama yang berkuasa adalah Panembahan Senopati yang juga anak dari Ke Ageng Pemanahan.

Istana keturunan dinasti mataram Islam saat ini

Dinasti mataram [ Image Source ]

Dinasti ini pernah menyatukan Jawa bahkan juga Madura di bawah panjinya. Namun Mataram mulai menunjukkan kemunduran sejak VOC datang. Meski begitu, hingga saat ini dinasti Mataram Islam masih bertahan dan berkuasa di Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta.

Itulah beberapa dinasti terkuat sepanjang sejarah Nusantara. Leluhur orang Indonesia adalah masyarakat hebat yang terkenal bahkan hingga ke negeri Tiongkok. Tentu kita patut bangga bukan? Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kita ya.

No more articles