Kebanyakan masyarakat Indonesia setelah selesai mengenyam pendidikan formal tentu akan melanjutkan ke jenjang lapangan pekerjaan yang telah disediakan oleh pembuka lapangan kerja. Setelah mengetahui tempat tujuan yang akan dituju melamar kerja pastinya kamu telah menyiapan segala sesuatunya.

Berkali-kali melamar kerja namun belum diterima juga jangan keburu frustasi dan berhenti berusaha dulu. Untuk dapat bekerja di sebuah BUMN, tentunya kamu harus mengetahui tips dan panduan agar dapat di terima. Kamu juga harus rajin mencari informasi lowongan kerja. Berikut ini adalah modal utama untuk kamu yang ingin diterima oleh perusahaan BUMN.

1. Persiapkan Mental

Siapkan dirimu untuk bersaing dengan ratusan orang dari berbagai daerah di Indonesia. Karena setiap perusahaan BUMN membuka lowongan pekerjaan, ribuan pelamar akan berlomba – lomba menarik simpati HRD (human resource development) di perusahaan BUMN tersebut.

Persipakan mental [ Image Source ]

Persipakan mental [ Image Source ]

2. Professional

Professionalisme bukanlah hanya sebuah kata, namun merupakan satu komitmen yang harus dijalankan. Profesionalisme merupakan suatu tingkah laku. Hasil pemaparan dari profesioalisme adalah harus bertanggung jawab dengan segala rencana juga pelaksanaan yang telah ditetapkan. Bersikap jujur dalam mengungkapkan segala macam bentuk informasi, menjadi pionir dalam menjalankan profesi, selalu berusah untuk memajukan kemampuan juga merupakan suatu penerapan dari sebuah professional.

Profesional [ Image Source ]

Profesional [ Image Source ]

Hal ini akan menjadi satu hal yang sangat penting bagi seorang pekerja, sebab sikap professional akan sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja atau bisnis serta dunia manajemen. Lowongan kerja di BUMN adalah lowongan yang diperuntukkan untuk mereka yang memiliki jiwa professional. Memiliki latar belakang keilmuan yang betul-betul mendukung dengan spesifikasi yang dicari. BUMN merupakan kerja professional yang hanya bisa dikerjakan oleh mereka yang memiliki keahlian serupa.

3. Pengalaman

Karyawan yang memilik pengalaman kerja yang baik, mereka sudah terbiasa dengan tekanan kerja, budaya kerja dan etika kerja. Hal ini karena mereka sebelumnya juga telah mengalaminya. Hal ini akan membuat mereka juga bekerja dengan lebih mudah daripada yang lain. Dengan mempekerjakan karyawan yang telah berpengalaman, perusahaan akan membayarnya dengan gaji yang lebih tinggi.

Pengalaman [ Image Source ]

Pengalaman [ Image Source ]

Perusahaan-perusahaan BUMN pada umumnya lebih sering mencari karyawan berpengalaman di bidangnya, minimal sebelumnya telah bekerja beberapa tahun di bidang yang sama. Namun ada juga yang membuka lowongan untuk fresh graduate di posisi yang tertentu.

4. Aplikasi ilmu

Perusahaan BUMN menuntu karyawannya untuk dapat mengetahui aplikasi dari ilmu-ilmu akademis yang kamu pelajari selama mengenyam pendidikan formal. Orang yang dicari adalah orang yang memahami ilmunya dengan baik. Bukan menghafal ilmunya. Karena dengan menghafal kita bisa saja lupa, tapi dengan memahami tidak akan lupa karena sudah terpatri dalam benak kita ilmu-ilmu tersebut.

Aplikasi ilmu [ Image Source ]

Aplikasi ilmu [ Image Source ]

Itulah modal utama yang harus kamu siapkan jika ingin diterima dan bergabung dengan perusahaan BUMN. Jangan keburu patah samangat. Karena rejeki orang masing-masing berbeda. Yang perlu kamu lakukan adalah lakukan sebaik mungkin yang kamu bisa.

Well guys, mungkin itu yang bisa kita bagikan. Semoga bermanfaat.

No more articles