Kucing sudah menjadi sahabat manusia sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Nabi Muhammad Saw misalnya, memiliki kucing yang bernama Mueeza. Kucing milik Nabi muhammad tersebut sangat disayangi oleh beliau. Rasa sayang Nabi Muhammad terhadap kucing ini terlihat dari kerelaan belia menggunting lengan jubahnya hanya untuk tidak mengganggu tidur si kucing. Peristiwa tersebut terjadi di suatu pagi. Ketika Nabi Muhammad mau bepergian, beliau mengambil jubah yang biasa di pakai. Ketika mau diambil,ternyata si kucing kesayangan sedang terlelap di bagian lengan jubah milik Nabi muhammad tersebut. Dengan alasan tidak ingin mengganggu tidur si Mueeza, Nabi muhammad pun memotong lengan jubahnya dan membiarkan si kucing tetap terlelap.

Efek Positif Memelihara Kucing Bagi Kesehatan.

Efek Positif Memelihara Kucing Bagi Kesehatan. image [source]

Di jaman mesir kuno, Bahkan kucing dianggap sakral karena mewakili Bastet si dewi musik dan pelindung wanita. di jaman kehidupan modern saat ini pun banyak orang yang memelihara kucing. Mereka merawat kucing seperti merawat anak-anak sendiri. Jika kucing sakit, dibawa ke dokter hewan, dan disediakan makanan khusus kucing yang harganya relatif mahal. Beberapa penelitian yang dilakukan baru-baru ini ternyata menunjukkan bahwa memelihara kucing memberikan efek positif bagi kesehatan. Ya meskipun kucing terkenal acuh terhadap pemilik dan tidak punya semangat melayani sebaik anjing, kucing memang memberikan efek positif bagi orang yang memeliharanya. Berikut ini, beberapa efek positif ketika kita memelihara kucing.

1. Memelihara Kucing Lebih Ramah Terhadap Lingkungan.

Setiap aktivitas manusia selalu menyisakan zat pencemar ke dalam lingkungan. Meskipun kamu berusaha sekeras tenaga menerapkan prinsip go green, tetap saja ada karbon dioksida yang kamu lepaskan kelingkungan. Sudah dengar kan bahwa efek karbon dioksida yang terlalu banyak ada di lingkungan bisa menyebabkan pemanasan global. Ya karbon dioksida jika terlalu banyak di atmosfer bumi bisa menyebabkan terjadinya efek rumah kaca. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa dengan memelihara anjing, maka kamu melepaskan gas co2 yang jumlahnya sama dengan yang dihasilkan oleh mobil land cruiser. Zat pencemar yang dihasilkan dari memelihara anjing tersebut sama dengan mengendari 10.000 km lancruiser. Satuan dalam mengukur jejak zat pencemar ini adalah ha.

Memelihara Kucing Lebih Ramah Terhadap Lingkungan

Memelihara Kucing Lebih Ramah Terhadap Lingkungan. image [source]

Anjing dalam setahun menghasilkan zat pencemar setara mobil land Cruisher yaitu 0.84 ha. Zat pencemar yang dihasilkan akibat memelihara kucing dalam setahun jauh lebih kecil daripada zat pencemar yang dihasilkan ileh kucing. Besarnya zat pencemar dari memelihara kucing ini adalah 0.15 ha. Angka ini setara dengan mengendarai VW golf dalam setahun. Dari dara ini terlihat bahwa memelihara kucing lebih irit daripada memelihara anjing. Jika kamu memang Go-Greener sejati maka memelihara kucing adalah polihan yang tepat.

2. Kucing Membuatmu Cepat Sembuh Dari Luka Akibat Kehilangan Seseorang.

Ketika kehilangan seseorang yang sangat kita sayangi, biasanya perasaan sedih dan rindu akan terus menerus menggelayut di pikiran. Kita menjadi cenderung menyendiri, sering melamun dan kadang menangis. Kesedihan akibat kehilangan sosok yang dicintai tersebut jika tidak segera dihilangkan bisa mengganggu aktivitas dan kesehatan kita. para peneliti menemukan sebuah pola bahwa memelihara kucing mampu membantu kita dalam melewati masa-masa berduka tersebut.

Kucing Membuatmu Cepat Sembuh Dari Luka Akibat Kehilangan Seseorang.

Kucing Membuatmu Cepat Sembuh Dari Luka Akibat Kehilangan Seseorang. image [source]

Dengan bermain-main bersama kucing ketika sedang sendiri kesedihan kita akibat kehilangan orang yang dicintai tersebut perlahan-lahan akan teralihkan. Tingkah-tingkah lucu dari si kucing serta respon balik dari si kucing ketika kita beri kasih sayang dapat memunculkan ikatan batin yang kuat. Ikatan batin tersebut akan mampu menggantikan ikatan batin dengan orang terdekat yang telah pergi darimu. Kemampuan kucing dalam menyembuhkan luka kesedihan akibat kehilangan orang yang kita cintai pun akan semakin meningkat ketika kucing tersebut merupakan peliharaan kalian berdua. Jika sebelum pergi, orang yang kamu cintai tersebut sempat juga merawat kucing yang sekarang masih kamu rawat, maka kenangan tentang orang yang kamu cintai tersebut melekat dalam diri si kucing.

3. Kucing Mampu Menggantikan Peran Pacar Romantis Bagi Cewek Yang Masih Jomblo.

Bagi wanita wanita muda yang ingin tetap mempertahankan prinsip kejombloannya, memelihara kucing dapat membantumu bertahan hingga suatu saat nanti mendapatkan pasangan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 menunjukkan bahwa memelihara kucing bagi wanita singgel memberikan keuntungan emosional setara dengan memiliki pasangan yang romantis. Seperti kita tahu bahwa manusia itu merupakan mahluk sosial. Manusia membutuhkan kehadiran orang lain dalam 1 rumah. Jika kamu terpaksa tinggal sendiri di rumah, maka memelihara kucing ini sudah merupakan pengganti yang cukup.

Kucing Mampu Menggantikan Peran Pacar Romantis Bagi Cewek Yang Masih Jomblo

Kucing Mampu Menggantikan Peran Pacar Romantis Bagi Cewek Yang Masih Jomblo. image [source]

Meskipun sekedar hewan peliharaan biasa, ternyata kucing ini mampu mengingat semua perlakuan baik yang pernah diberikan oleh pemiliknya. Si kucing akan membalas budi baik tersebut di kemudian hari. Meskipun cara mereka membalas budi kadang adalah dengan membawakan bangkai tikus mati, paling tidak niat mereka baik. setelah berabad-abad hidup dengan manusia, ternyata kucing ini mengembangkan satu skill yang membuat pemiliknya tunduk dan tidak mampu menolak semua permintaan kucing. Skill tersebut adalah skill merengek-rengek dengan suara mirip rengekan bayi. Secara alami, sudah tertanam di otak kita bahwa kita tidak bisa mengabaikan tangisan bayi. Kucing tahun bahwa jika dia merengek seperti tangisan bayi maka si pemilik akan memberikan apapun keinginannya. itulah kenapa kucing seringkali mengeong dengan suara bayi ketika meminta sesuatu pada pemiliknya.

4. Dengkuran Kucing Memiliki Frekuensi Sama Dengan Alat-Alat Terapi Kesehatan Modern

Sebuah infografik yang dibuat oleh Gemma Busqut pada tahun 2015 merangkum daya penyembuhan yang dimiliki oleh dengkuran kucing. Dalam grafik tersebut terlihat bahwa dengkuran kucing memiliki frekuensi 20 sampai 140 Hz. Frekuensi sebesar ini sama dengan frekuensi alat-alat terapi kesehatan modern. Dengan frekuensi dengkuran yang setara alat terapi kesehatan ini, ketegangan sel saraf di tubuh si pemilik akan berkurang sehingga menjadi rileks. Efek positif berikutnya dari dengkuran kucing ini adalah mengurangi resiko terkena serangan jantung. Efek positif dengkuran kucing bagi jantung ini disebabkan karena dengan keberadaan kucing tersebut, tekanan darah serta stress kita berkurang. Ingat jantung merupakan organ yang memompa darah sepanjang hidupnya, jika darah yang dipompa memiliki tekanan yang rendah, kerja jantung pun menjadi ringan.

Dengkuran Kucing Memiliki Frekuensi Sama Dengan Alat-Alat Terapi Kesehatan Modern

Dengkuran Kucing Memiliki Frekuensi Sama Dengan Alat-Alat Terapi Kesehatan Modern. image [source]

Selain bagus bagi jantung ternyata getaran yang memiliki frekuensi setara dengan dengkuran kucing tersebut merupakan getaran yang bagus bagi tulang dan otot manusia. Dengan diekspose secara rutin dengan dengkuran kucing tulang dan otot kita akan menjadi makin kuat. Otot otot yang sebelumnya mengalami kelelahan akibat di forsir dalam jangka waktu yang lama, menjadi cepat pulih setelah terkena frekuensi getar dari dengkuran kucing.

5. Kucing Dapat Menjadi Penyelamat Di Saat-Saat Tidak Terduga.

HMS Amethys merupakan kapal perang amerika yang dipakai dalam perang cina pada tahun 1949. Ketika kapal tersebut sedang berpatroli di laut cina, sebuah rudal mengenai lambung kapal tersebut sehingga menyebabkan lumpuhnya pergerakan kapal. Akibat serangan rudal tersebut banyak prajurit awak kapal meninggal. Yang kapal pun dikepung oleh armada angkatan laut cina. Dimasa-masa krisis tersebut ada seekor kucing yang bernama simon yang punya peranan penting dalam menjaga awak kapal tetap bertahan dalam kepungan selama 20 hari.

Kucing Dapat Menjadi Penyelamat Di Saat-Saat Tidak Terduga

Kucing Dapat Menjadi Penyelamat Di Saat-Saat Tidak Terduga. image [source]

Kucing tersebut menjaga gudang logistik dai serangan tikus. Berkat penjagaan dari si kucing simon, para prajurit mampu bertahan selama 20 hari dengan cadangan makanan yang aman. Sepulangnya dari perang, kucing itupun di beri medali penghargaan sebagai pejuang.Selain si kucing simon ada juga kucing di montana yang membangunkan si pemilik rumah ketika terjadi kebocoran gas. Pemili krumah tersebut pun bangun tepar waktu untuk mencegah kebakaran terjadi. Petugas yang datang ke lokasi menjelaskan bahwa rumah tersebut bisa saja meledak akibat kebocoran gas jika saja si kucing tidak membangunkan pemilik.

6. Memperkecil Kemungkinan Menderita Alergi.

Kehidupan kucing sangat lekat dengan bulu, debu dan kadang kuman. Jika anak kecil sudah terbiasa berinteraksi dengan bulu, debu dan kuman dari si kucing, maka sejak dini tubuh anak sudah membangun sistem kekebalan terhadap hal-hal tersebut. Sistem kekebalan tubuh milik anak-anak yang tumbuh bersama kucing, terbukti lebih kuat. Selain kebal terhadap alergi bulu hewan, biasanya anak-anak yang tumbuh bersama kucing tersebut juga kebal terhadap serangan penyakit yang diakibatkan oleh kuman.

Memperkecil Kemungkinan Menderita Alergi.

Memperkecil Kemungkinan Menderita Alergi. image [source]

Satu-satunya yang perlu dicemaskan saat anak tumbuh bersama kucing adalah keberadaan bakteri toksoplasma gondi. Bakteri ini seringkali membuat anak mengalami gangguan di sistem saraf pusat dan menyebabkan keguguran pada kehamilan. Namun jika kucing selalu dibersihkan, kotoran kucing di buang setiap hari dan kandang di sterilkan, maka ancaman penyakit ini dapat dihilangkan. Dengan menjaga kebersihan, anak akan aman bermain bersama kucing.

Banyak juga ya ternyata efek positif dari memelihara kucing ini. makanya bagi kamu kamu yang merasa kesepian di tengah-tengah pencarian jodoh yang tak kunjung datang, memelihara kucing adalah alternatif terbaik. Selain badan sehat, tidak stress kamu pun bisa kebal terhadap kuman. Namun kalau sudah memutuskan untuk memelihara kucing, jangan lupa untuk telaten memberi makan ya. Kebaikan hatimu pasti akan selalu diingat oleh kucing. Siapa tahu kucingmu di masa depan nantinya bisa menjadi penyelamat di saat-saat genting.

No more articles