Saat seseorang hamil, bukan main banyaknya nasihat dari sana-sini mengenai hal-hal yang dilarang atau harus dilakukan demi jabang bayi. Umumnya, nasihat ini berasal dari orang tua yang katanya sudah terbukti kebenarannya secara turun-temurun. Banyak juga akhirnya ibu hamil yang percaya dan melakukan semua hal yang dianjurkan.

Namun pertanyaannya, bagaimana mitos kehamilan tersebut dipandang dari segi medis? Yuk, simak fakta sebenarnya di balik 6 mitos kehamilan yang masih banyak dipercaya di Indonesia hingga sekarag:

1. Makan nanas bikin keguguran

[Image Source momjunction.com]

[Image Source momjunction.com]

Mitos satu ini sangat dipercaya oleh banyak orang. Padahal faktanya, nanas merupakan buah yang baik dikonsumsi saat hamil karena tinggi kandungan vitamin C. Nah, zat satu ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh si ibu yang menurun selama kehamilan. Yang harus diperhatikan adalah menghindari nanas yang masih muda karena rasanya cenderung asam sehingga bisa menimbulkan sakit perut.

2. Membunuh hewan bisa bikin jabang bayi berwajah seram

[Image Source ocweekly.com]

[Image Source ocweekly.com]

Banyak mitos yang mengatakan bahwa wanita hamil dan suaminya dilarang membunuh hewan karena bisa menurunkan sial atau celaka pada bayi yang dikandung, mulai dari kemungkinan lahir cacat hingga memiliki wajah menyeramkan mirip hewan. Mitos ini tentu tidak benar karena sama sekali tak ada hubungannya antara wajah dan kesehatan bayi dengan hal tersebut. Namun tentu saja membunuh hewan tanpa alasan bukan hal yang dibenarkan meski tak ada hubungannya dengan kehamilan.

3. Menjahit atau memotong baju menyebabkan bayi berbibir sumbing

[Image Source eventfinda.co.nz]

[Image Source eventfinda.co.nz]

Satu lagi mitos tak masuk akal seputar kehamilan yang banyak dipercaya. Tentu saja, tak ada hubungannya antara bibir sumbing dengan aktivitas memotong atau menjahit baju. Bibir sumbing pada bayi disebabkan oleh kelainan genetik dan bukannya karena si ibu memotong atau menjahit kain. Yang harus diperhatikan adalah ibu hamil perlu lebih berhati-hati saat menggunakan benda tajam agar tidak sampai melukai diri sendiri.

4. Ngidam tak dituruti sebabkan bayi ngiler

[Image Source irelandsbabyshow.com]

[Image Source irelandsbabyshow.com]

Wanita hamil memang identik sekali dengan ngidam atau memiliki keinginan yang sangat besar untuk menyantap suatu makanan. Kabarnya, kalau keinginan ini tak dituruti maka nantinya bayi akan mudah ngiler atau meneteskan air liur. Faktanya, ngidam sebenarnya hanyalah keinginan biasa seperti halnya saat orang tidak hamil ingin menyantap makanan tertentu. Hanya saja, saat hamil akan terjadi perubahan hormon secara drastis sehingga si ibu mudah merasa sedih atau marah saat keinginannya tidak dituruti. Dan bayi memang ada masanya akan mudah ileran terutama saat akan tumbuh gigi, jadi tidak ada hubungannya dengan ngidam.

5. Tak boleh mandi terlalu sering karena kotoran akan meresap ke dalam tubuh

[Image Source oogeewoogee.com]

[Image Source oogeewoogee.com]

Meski terdengar tak masuk akal, nyatanya banyak orang yang percaya dengan hal ini. Padahal, ibu hamil justru harus mandi secara teratur karena suhu tubuhnya mudah meningkat dan menimbulkan keringat. Kalau dibiarkan, keringat bisa berkembang menjadi bakteri dan menimbulkan rasa gatal terutama di lipatan kulit.

6. Memotong rambut saat hamil membuat jalan lahir bayi terpotong

[Image Source bigcommerce.com]

[Image Source bigcommerce.com]

Ada juga mitos yang mengatakan bahwa memotong rambut saat hamil akan membuat jalan lahir bayi terpotong sehingga proses persalinan berjalan sulit. Hal ini tentu saja tidak benar karena lancar tidaknya proses persalinan dipengaruhi oleh gaya hidup si ibu hamil, bukan karena memotong rambut. Justru, memotong rambut saat hamil bisa jadi pilihan tepat untuk menghindari si ibu merasa terlalu gerah karena ketika hamil suhu tubuh akan meningkat.

Nah, setelah tahu fakta di balik mitos tersebut, kini Anda jadi bisa lebih fokus menjaga kehamilan dengan cara yang tepat.

No more articles