Mungkin di antara kalian, para pembaca Iyakan.com di sini banyak yang suka menyaksikan atraksi – atraksi hewan di tempat wisata. Yaa, hewan-hewan itu memang kerap menampilkan atraksi dengan begitu lucu, menggemaskan dan juga sangat menghibur.

Tapi tahukah kamu dan sadarkah kamu, bahwa sesungguhnya ada fakta kejam yang tersembunyi dibalik kelucuan atraksi para hewan tersebut. Penasaran seperti apa fakta tersebut? Kamu mungkin tidak akan menyangkanya dan inilah beberapa fakta tersebut.

1. Pertunjukkan Lumba-Lumba

Pertunjukkan mamalia laut yang pintar ini pasti kamu tahu dong. Dalam pertunjukkan ini, lumba-lumba akan beratraksi seperti mencium pipi penonton, menghitung angka, melompat di lingkaran api, bahkan ada juga yang menawarkan untuk berenang bersama hewan yang lucu ini.

4qWLP4Z4as

Atraksi Lumba-Lumba [ Image Source ]

Ternyata, sang lumba-lumba dilatih dengan kekerasan agar bisa menampilkan pertunjukkan yang sempurna. Seperti contohnya saat melewati lingkaran api, entah seperti apa saat proses latihannya. Tentunya tubuhnya akan ada kemungkinan terbakar bukan. Belum lagi, sebelum pertunjukkan sang lumba-lumba akan dibuat kelaparan dulu agar menurut dengan instrukturnya.

2. Gajah Yang Bisa Ditunggangi

Selain lumba-lumba, gajah juga sering dilatih agar menjadi pintar dan bisa dipertunjukkan ke penonton. Hewan yang satu ini biasanya akan mempertunjukkan aksi menghitung angka, berdiri dengan dua kaki, menganggkat benda dengan belalainya ataupun menungganginya.

IMG_0252

Atraksi Gajah Sirkus [ Image Sourcer ]

Tahukah kamu, sang gajah ini sudah dipisahkan dari induknya sejak kecil. Hewan ini dikurung dalam kandang yang kecil, tidak sesuai dengan ukuran badannya yang begitu besar. Hewan berbelalai panjang ini juga kerap menerima kekerasan jika tidak patuh dengan pelatihnya.

3. Berfoto Dengan Hewan Yang Masih Balita

Dibeberapa tempat wisata, kamu pasti pernah ataupun sering menemui sebuah tempat yang menawarkan kita untuk berfoto dengan hewan-hewan yang msih kecil atau berumur balita. Hewan-hewan itu begitu jinak, sehingga kita tidak perlu merawa khawatir diserang saat berfoto dengan pose memeluk hewan tersebut.

bali_safari

Berfoto Dengan Orang Hutan Yang Masih Kecil [ Image Source ]

Padahal, kita tidak tahukan apakah hewan tersebut merasa nyaman atau justru terancam dengan perlakuan kita yang memeluknya seperti itu. Belum lagi, cahaya lampu yang dikeluarkan dari kamera bisa membuat sang hewan itu tidak nyaman. Lagipula, sebenarnya hal ini juga membahayakan diri kita sendiri loh.

4. Petunjukkan Topeng Monyet

Kalau yang satu ini tidak perlu jauh-jauh ke tempat wisata, karena pertunjukkan hewan yang satu ini dapat ditemui dengan mudah di mana saja. Dalam pertunjukkannya, seekor monyet akan menampilkan kepintarannya seperti menaiki sepeda, menari dengan payung dan masih banyak lagi.

masalah-topeng-monyet-mendunia-jokowi-lakukan-4-langkah-ini

Atraksi Topeng Monyet [ Image Source ]

Tapi faktanya, pertunjukkan ini juga merupakan bentuk ekploitasi terhadap hewan. Bayangkan saja, hewan tersebut saat pawangnya berkeliling, ia hanya ditempatkan dalam sebuah kandang berukuran 30 cm x 40 cm x 40 cm. Tentu itu adalah ukuran yang sangat kecil dan kandang yang kecil bisa membuat sang monyet stress.

Kasihan sekali yaa hewan-hewan ini. Tak ada salahnya menghentikan ekploitasi hewan mulai dari diri sendiri readers. Cobalah untuk tidak memilih tempat hiburan yang dimana disana mempertunjukkan hewan – hewan, yang entah sengaja atau sengaja terekploitasi ini.

No more articles