Zaman memang semakin bertambah maju dan berkembang, namun soal tradisi tidak semuanya lantas hilang terbawa arus modernisasi. Seperti halnya dengan berbagai macam ritual tradisi dengan meminta bantuan dari para normal yang dianggap mampu membantu mengatasi masalah yang sedang dihadapinya. Salah satu contohnya adalah dengan meminta bantuan dari pawang hujan yang dianggap bisa mengendalikan cuaca dari mendatangkan hujan hingga menolak turunnya hujan disuatu tempat secara khusus.

Ritual Pawang Hujan

Ritual Pawang Hujan [ image source ]

Nah, masih bicara soal pawang hujan, tahu nggak meski profesi ini sangat jarang dilirik oleh banyak orang tapi soal pendapatan ternyata tidak bisa dianggap remeh. Menurut beberapa informasi, pendapatan pawang hujan sekali melakukan ritual bisa mencapai jutaan rupiah. Buat kamu yang penasaran dengan profesi ini, yuk simak profesi unik sang pengendali hujan.

1. Profesi Nyleneh Tapi Nggak Menerima Uang Receh

Honor Pawang Hujan Lumayan Tinggi

Honor Pawang Hujan Lumayan Tinggi [ image source ]

Menjadi pawang hujan memang tidaklah gampang, karena profesi ini mengharuskan seseorang mempelajari ilmu khusus yang tidak sembarang orang bisa melakukannya. Menurut sebuah informasi yang didapat, meski tergolong sebagai profesi yang nyleneh tapi soal kisaran honor yang didapat ternyata cukup luarbaiasa yaitu sekitar 1 hingga 2 juta per tiga jam dari jasanya. Bahkan ada beberapa para pawang hujan yang mematok lebih hingga mencapai 10 juta rupiah untuk sehari. Nggak kebayang kan berapa uang yang akan didapat, jika para pawang hujan bekerja full selama satu bulan?

2. Tidak Mudah Untuk Menjadi Pawang Hujan

Menjadi Pawang Hujan Tidaklah Mudah

Menjadi Pawang Hujan Tidaklah Mudah [ image source ]

Seperti pada penjelasan sebelumnya, untuk menjadi pawang hujan mengharuskan seseorang menguasai ilmu khusus yang tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Salah satu ilmu khususnya adalah tentang ilmu perpawangan itu sendiri yang harus dipelajari lewat para pawang hujan senior. Namun selain harus mempelajari ilmu perpawangan, menurut salah satu pawang hujan sebut saja dengan mbah Bejo mengatakan bahwa yang paling utama dari sebuah ritual adalah tentang seberapa besar akan keyakinannya. Jika tidak ada keyakinan yang tinggi, mustahil pawang hujan akan berhasil melakukan pekerjaannya.

3. Beradu Kemampuan Dengan Pawang Hujan Lain

Perang Antar Pawang Hujan Juga Bisa Terjadi

Perang Antar Pawang Hujan Juga Bisa Terjadi [ image source ]

Saat sedang menjalankan pekerjaannya, tidak mustahil ada kalanya pawang hujan mau nggak mau harus berhadapan dengan pawang hujan lainnya. Oleh karenanya, jika sudah seperti itu maka pertarungan sesama pawang hujan pun tidak dapat dihindarkan. Bahkan jika sudah seperti itu tidak mustahil akan terjadi adu kekuatan yang menguras tenaga untuk saling dorong dalam memindahkan awan. Namun sekali lagi, menurut mbah Bejo adu kekuatan ini pasti akan dimenangkan oleh pawang hujan yang memang benar-benar memiliki keyakinan tinggi tanpa dengan adanya keraguan kalah dalam pertempuran.

4. Menjadi Pawang Hujan Juga Memiliki Resiko

Menjadi Pawang Hujan Juga Memiliki Resiko

Menjadi Pawang Hujan Juga Memiliki Resiko [ image source ]

Perang antar pawang hujan saat memindahkan atau memanggil hujan memang sudah menjadi resiko yang harus dihadapi oleh setiap para pawang hujan. Namun tidak hanya itu resiko yang harus di hadapi oleh para pawang hujan. Pasalnya selain harus perang dengan antar pawang hujan, kekalahan dalam adu kekuatan juga menjadi resiko tersendiri bagi para pawang hujan. Jika sudah gagal, hujan yang akan dipindah atau dipanggil pun tidak akan berhasil. Otomatis pawang hujan akan kembali dihadapkan dengan masalah selanjutnya yaitu bertemu dengan pihak penyewa jasa yang menuntut ganti rugi lebih besar dari tarif yang ditawarkan oleh pawang.

Sahabat iyakan.com, itulah kisah seluk beluk dari profesi pawang hujan yang dipercaya dapat memanggil hingga memindahkan hujan dari satu tempat ke tempat lainnya. kalau kamu sendiri, tertarik nggak untuk mencoba menjadi pawang hujan?

No more articles