Kalian pasti sering melihat iklan yang menyentuh hati dan tak sedikit membuat kamu menitikkan air mata. Yup, Thailand dan China rata-rata sukses membuat TVC (TV Commercial) membuat hati kamu terenyuh. Walaupun pada intinya hanya menawarkan sebuah asuransi atau promosi suatu barang, mereka handal dalam cerita yang sangat menyedihkan ala drama korea.

Para pembuat iklan ini berani melawan arus atau membuat alur cerita berubah produk yang ditawarkan. Berbeda sekali dengan iklan di Indonesia. Iklan shampoo di Indonesia, disajikan dengan seorang wanita cantik mengibaskan rambut panjang hitam mengkilap dengan senyuman. Memangnya seperti apa sih iklan di Thailand dan China ini? Apakah kamu sudah menyiapkan tisu?

1. Thai Life Insurance CM : “Silence Of Love” (Eng Sub)

Iklan asuransi asal Thailand ini menceritkaan sebuah kisah perjuangan seorang ayah yang menderita tuna rungu dan tuna wicara hidup berdua dengan puteri tunggalnya. Karenanya, puterinya kerap menjadi sasaran bully di sekolahnya. Bahkan dia terlihat malu ketika bersama dengan ayahya ketika diantar ke sekolah.

Thai Life Insurance CM silent of love [ Image Source ]

Thai Life Insurance CM silent of love [ Image Source ]

Hingga akhirya sang puteri memutuskan untuk menyayat urat nadinya karena sudah tak tahan dengan hidupnya itu. Tak lama, ayah menemukan puteri kesayangannya tergeletak di kamar mandi dengan bersimpah darah.

2. I Want More Time “Thai Life Insurance”

Cerita ini bermula dari seorang ayah yang harus membesarkan anak laki-lakinya seorang diri karena sang istri telah meninggal dunia. Ayahnya mendidik anak laki-laki dengan cara yang disiplin dan keras. Hubungan mereka tidak berjalan mulus bahkan sang anak diusir dari rumah. Seiring waktu, sang anak mengundang ayahnya untuuk hadir ke konser musik perdananya.

I Want More Time “Thai Life Insurance” [ Image Source ]

I Want More Time “Thai Life Insurance” [ Image Source ]

Sayangnya, sang ayah mengalami kecelakaan mobil ketika dalam perjalanan ke konser. Walaupun orang tua kita terkadang keras, bukan berarti mereka tidak menyayangi kita. Mereka hanya ingin kita bisa mandiri ketika dewasa kelak. Sayangilah mereka selagi masih ada waktu sebelum terlambat.

3. Bernas | Hari Raya 2012 (The Journey) Tv Commercial Director’s Cut

Pada hari raya Idul Fitri, dua anak laki-laki dari sebuah panti asuhan mempunyai rencana untuk mudik mengunjungi keluarga. Walaupun menemukan banyak rintangan dalam perjuangan pulang, mereka mendapat kemudahan dan sukses mendapat tujuan mulia mereka.

Bernas [ Image Source ]

Bernas [ Image Source ]

4. Gift- Singapore Drama Short Film

Iklan ini menceritakan seorang anak laki-laki yang tidak senang kalau ayahnya tidak kaya raya. Ayahnya memberikan hadiah ulang tahun yang tak dia inginkan. Ketika beranjak dewasa sang anak memutuskan untuk keluar dari rumah untuk hidup sendiri dan merintis karir, yang mana tanpa sengaja mendapat jawaban atas hadiah ulang tahun dari ayahnya di masa kecilnya.

Gift- Singapore Drama Short Film [ Image Source ]

Gift- Singapore Drama Short Film [ Image Source ]

5. saddest Ads Love Of Father (Dementia Dad)

Perjuangan seorang pria untuk mengurus ayahnya yang menderita pikun kronis. Sang anak lantas menitipkan sang ayah ke panti jompo karena tak tahu bagaimana cara mengobati sang ayah walaupun sang ayah sudah tidak ingat siapa anaknya lagi.

Saddest Ads Love Of Father (Dementia Dad) [ Image Source ]

Saddest Ads Love Of Father (Dementia Dad) [ Image Source ]

Ditempat penampungan, sang anak menemukan surat yang ditulis ayahnya sebelum sakit yang berhasil mengubah keadaan.

6. Bernas| Chinese New Year Commercial – Family Reunion Dinner “Sek Fan”

Apapun yang terjadi, keluarga adalah segalanya. Ketika beranjak dewasa salah satu anak laki-lakinya mulai asik berkumpul dengan teman-temannya hingga larut malam. Tidak hanya itu, hubungan sang anak dengan ayahnya pun semakin jauh dan memburuk. Sang anak lantas pergi dari rumah. Namun, pada akhirnya walau sang anak terpaksa kembali ke rumah dengan kelumpuhan akibat terjatuh ketika bekerja, sang ayah tidak sedikitpun marah malah menuntun anaknya supaya bisa berjalan kembali layaknya di saat anaknya masih bayi belajar jalan dahulu. Pada Tahun Baru China sang anak akhirnya bisa berjalan kembali bagaikan sebuah keajaiban yang didapat oleh cinta sejati seorang ayah.

Chinese New Year Commercial – Family Reunion Dinner “Sek Fan” [ Image Source ]

Chinese New Year Commercial – Family Reunion Dinner “Sek Fan” [ Image Source ]

Terkadang iklan yang kita lihat memang tidak nyambung dengan produknya. Hal ini dilakukan agar para penonton bisa mengingat iklan itu dalam jangka waktu yang lama. Bisa dikatakan bahwa iklan-iklan ini merupakan strategi pemasaran yang di buat oleh perusahaan dari produk. Bisa kita hargai dan apresiasi karena memiliki ide kreatif sampai terkadang kita bisa terenyuh melihat iklan tersebut. Bagaimana? Apakah kalian langsung teringat orang tua kalian dan langsung menelponnya?

Well guys, itu tadi beberapa iklan yang membuatmu teringat akan orang tua mu di rumah yang mungkin sudah jarang kamu berikan mereka kabar. Ingatlah mereka selalu menunggumu pulang. Mulai sekarang kamu bisa lebih intens untuk menghubungi atau memberi mereka kabar. Semoga bermanfaat.

No more articles