Saat ini sedang berlangsung event kompetisi olahraga antar negara anggota asean yang di kenal dengan Seagame 2017. Malaysia kebetulan menjadi tuan rumah event olahraga dua tahunan ini. di hjadwalkan SEA Games 2017 akan belangsung dari tanggal 19-31 Agustus 2017. Acara Pembukaan SEA Games 2017 yang dilakukan pada gari sabtu 19 Agustus 2017 pun berlangsung meriah. Sayang sekali ada ganjalan dalam momen pembukaan tersebut yang membuat bangsa indonesia marah.

Selain Bendera Terbalik,  Ini Insiden Insiden Dalam SEA Games 2017 Di Malaysia Yang Membuat Rakyat Indonesia Marah.

Selain Bendera Terbalik, Ini Insiden Insiden Dalam SEA Games 2017 Di Malaysia Yang Membuat Rakyat Indonesia Marah. image [source]

Dalam buku panduan SEA Games 2017, bendera indonesia di cetak terbalik. Menteri Pemuda dan olahraga indonesia Imam Nahrawi yang hadir dalam event tersebut langsung menyadari dan mengungkapkan keberatannya di twitter. Tak perlu waktu panjang, info bendera indonesia yang di cetak terbalik pun langsung menyebar lewat medsos dan membuat rakyat indonesia marah. insiden bendera terbalik tersebut ternyata bukan satu satunya hal yang membuat rakyat indonesia marah lho. Berulang kali berbagai kesalahan yang merugikan indonesia dalam SEA Games 2017 terjadi. Berulang kali pula rakyat indonesia terpicu kemarahannya sewaktu menyaksikan event SEA Games 2017 ini. mau tahu apa saja insiden di SEA Games yang membuat banyak rakyat indonesia marah tersebut? berikut ini info lengkapnya

1. Insiden Bendera Terbalik Dalam Buku Panduan SEA Games 2017

Insiden Bendera Terbalik Dalam Buku Panduan SEA Games 2017

Insiden Bendera Terbalik Dalam Buku Panduan SEA Games 2017 image [source]

Adanya insiden bendera yang tercetak terbalik dalam buku panduan seagame ini di ketahui publik dari cuitan Menpora Imam Nahrawi. Dalam buku panjuan tersebut, bendera indonesia memang di cetak terbalik dengan warna putih diatas. Netizen pun langsung bereaksi keras dengan kesalahan yang dilakukan malaysia ini. rakyat indonesia memviralkan hastag #ShameOnYouMalaysia yang dibagikan lebih dari 70.000 kali dan bertahan hingga siang. Selain mempopulerkan tagar tersebut, komunitas hacker asal indonesia juga menumbangkan satu persatu website website yang di kelola oleh orang malaysia.

2. Insiden Keputusan Wasit Yang Berkali Kali Merugikan Tim Sepak Takraw Indonesia.

Insiden Keputusan Wasit Yang Berkali Kali Merugikan Tim Sepak Takraw Indonesia.

Insiden Keputusan Wasit Yang Berkali Kali Merugikan Tim Sepak Takraw Indonesia. image [source]

Pada pertandingan sepak takraw antara tim indonesia melawan malaysia pada 20 Agustus 2017, keputusan wasit dinilai berat sebelah. Berkali kali servis yang dilakukan oleh tim sepak takraw asal indonesia dianggap fault. Berkalikali pula tim malaysia mendapat point dari keputusan wasit yang terkesan disengaja ini. puncaknya, pada set ke duai, saat posisi indonesia unggul 16-10 terhadap tim malaysia, sekali lagi wasit menganggap servis yang dilakukan oleh pemain asal negara kita fault dan memberikan point kepada tim malaysia. Pelatih tim sepak takraw indonesia pun kemudian marah dan meminta anak asuhnya keluar dari lapangan dan menghentikan permainan.

3. Insiden Ketidak Tegasan Wasit Saat Tim Kesebelasan Sepakbola Indonesia Melawan Timor Leste.

Insiden Ketidak Tegasan Wasit Saat Tim Kesebelasan Sepakbola Indonesia Melawan Timor Leste.

Insiden Ketidak Tegasan Wasit Saat Tim Kesebelasan Sepakbola Indonesia Melawan Timor Leste. image [source]

Pada event SEA Games 2017 ini tim sepakbola indonesia di pertemukan dengan kesebelasan timor lester. Perteandingan antara indonesia dengan tim timor leste ini berlangsing pada minggu 20 agustus 2017 lalu. Setelah indonesia berhasil memimpin 1-0 lewat gol marinus manewar pada menit ke 21, para pemain timor leste bermain dengan penuh kekerasan. Mereka tak ragu mengangkat kaki tinggi tinggi sehingga berpotensi mencelakai para pemain indonesia. puncak ketegangan terjadi ketika pemain timor lester yang bernama Felipe oleivera menendang Evan Dimas yang sedang terkapar akibat didorong oleh pemain timor leste lain.

Mendapat perlakuan seperti itu, Evan Dimas dan pemain indonesia lainnya pun emosi dan terlibat dorong dorongan dengan para pemain Timor Leste. Akibat keributan tersebut pemain timor lester yang bernama Felipe Oleivera pun di kartu merah. Publik indonesia kemuadian merah karena evant dimas juga ikut di kartu kuning dalam pertandingan tersebut padahal nyata nyata biang keributannya adalah para pemain timur leste. Kemarahan publik indonesia punmakin bertambah setelah menyadari bahwa evant dimas tidak bisa ikut dalam pertandingan berikutnya melawan vietnam karena sudah mengkoleksi 2 kartu kuning.

4. Insiden Timnas Indonesia Yang Kehabisan Makanan

Insiden Timnas Indonesia Yang Kehabisan Makanan

Insiden Timnas Indonesia Yang Kehabisan Makanan image [source]

Insiden memalukan kembali dilakuakan oleh pihak penyelenggara SEA Games 2017 malaysia. Beredar foto dimana para pemain timnas indonesia masuk ke ruang makan, tapi baki baki tempat makanannya sudah kosong semua. Para pemain timnas indonesia pun hanya kebagian roti saja. setalah dikomplain, satu jam kemudian barulah pihak hotel membuatkan makanan untuk para pemain indonesia ini

Bagaimana mungkin ya penyelenggara event olahraga sekelas SEA Games bisa membuat kesalahan beruntun seperti itu? Wajar lah kalau banyak rakyat indonesia berprasangka bahwa kesalahan kesalahan ini disengaja. Wajarlah kalau rakyat indonesia marah karena merasa bangsanya di rendahkan. Apalagi tidak sekali dua kali malaysia ini pernah buat buat masalah dengan bangsa kita. main klaim pulau pulau milik RI, main klaim produk produk kebudayaan RI serta berbagai aksi menjengkelkan lainnya. semoga saja malaysia cepat tobat, meminta maaf atas semua insiden yang merugikan indonesia dan tidak mengulanginya lagi. Semoga juga indonesia bisa berjaya di ajang SEA Games 2017 ini.

No more articles