Bagaimana jika Ka’bah itu berada di Makassar? Tentu jutaan umat muslim di Indonesia tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukan ibadah haji maupun umrah. Ka’bah memang ada di ibukota Sulawesi Selatan, eits tapi tunggu dulu tentu bukan yang asli melainkan hanya replika.

Adalah sebuah masjid Alfatih Al Anshar, masjid unik yang memiliki replika Ka’bah di salah satu sudutnya. Masjid ini bisa traveler jumpai di Jalan Paccinang Raya, kelurahan Tello, kecamatan Panakukang, Makassar.

Ka'bah di Makassar [via instagram account: musyayadahramadhan]

Ka’bah di Makassar [via instagram account: musyayadahramadhan]

Masjid Alfatih Al Anshar baru diresmikan setahun yang lalu atau sebulan sebelum Ramadan tiba. Bukan menara atau kubah yang menjadi daya tarik masjid ini melainkan bangunan Ka’bah di sisi timur masjidlah yang banyak mencuri perhatian traveler.

Replika Ka’bah ini dibangun menempel dengan dinding sisi timur masjid dengan ukuran lebar 7 meter dan tinggi 12 meter. Desainnya pun dibuat semirip mungkin dengan Ka’bah asli yang ada di Mekkah yaitu lengkap dengan keberadaan Hajar Aswad di salah satu sudutnya.

[via instagram account: haerul_lah]

[via instagram account: haerul_lah]

Dari berbagai sumber yang didapat, masjid keren ini didirikan oleh seorang konsultan keuangan pajak yang memang sangat mencintai masjid dan Ka’bah bernama Mustamin Anshar. Kabarnya ia mulai memiliki ide membangun masjid tersebut setelah pulang dari ibadah di Mekkah.

Selama menjalankan ibadah di tanah suci itu ia merasa sangat nyaman sehingga ia memutuskan untuk membangun masjid dengan replika Ka’bah agar dirinya bisa selalu merasa beribadah di dekat Ka’bah setiap hari.

Interior Masjid [via instagram account: musyayadahramadhan]

Interior Masjid [via instagram account: musyayadahramadhan]

Menilik pada desain ruang masjid ternyata memiliki banyak makna. Seperti pemilihan jumlah pintu sebanyak 17 yang melambangkan jumlah rekaat pada salat 5 waktu. Sedangkan di dalam ruangan dilengkapi dengan 9 pilar yang lagi-lagi menjadi lambang bahwa Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah.

Hal menarik lainnya bisa traveler temukan di lantai dua masjid yang mana ada lukisan pohon besar yang rimbun di dindingnya. Jika didekati ternyata di setiap daun pohon tersebut tertuliskan asmaul husna. Jika kebetulan sedang berlibur di daerah ini coba saja mampir ke masjid Alfatih Al Anshar

No more articles