Budaya bersih memang baik. kebersihan membuat kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Seperti kita ahu, di sekeliling kita banyak sekali kuman kuman yang tidak terlihat. Rutin cuci tangan sebelum makan, rajin menggosok gigi serta mandi teratur bisa membuat tubuh kita tetap sehat.

Niatnya Bersih Bersih Eh Ternyata Efeknya Kurang Baik Bagi Kesehatan, Salah Satunya Pasti Pernah Kamu Lakukan

Niatnya Bersih Bersih Eh Ternyata Efeknya Kurang Baik Bagi Kesehatan, Salah Satunya Pasti Pernah Kamu Lakukan Image [source]

Setiap orang punya kebiasaan hidup bersih sendiri sendiri. misalnya saja ada yang kumur kumur harus memakai cairan khusus, atau selalu membersihkan tangan denga hand sanityzer setiap kali mau makan. Tak semua kebiasaan bersih ternyata bagus buat kesehatan. Beberapa diantaranya justru ada efek negatifnya. Apa saja sih kebiasaan bersih yang efeknya buruk bagi kesehatan? Ini dia daftarnya.

1. Cepat Cepat Sikat Gigi Sehabis Makan.

Cepat Cepat Sikat Gigi Sehabis Makan.

Mother teaching little girl how to brush her teeth Image [source]

Sisa makanan di gigi sering menjadi biang kerok berbagai masalah kesehatan mulut. Oleh karena itu ada beberapa orang yang langsung sikat gigi beberapa saat setelah selesai makan. Namun dari hasil penelitian, ternyata langsung sikat gigi sehabis makan justru membuat resiko tergerusnya lapisan dentin gigi meningkat. Para ahli kesehatan gigi menganjurkan sikat gigi paling tidak setelah 1 jam sehabis makan.

2. Sering Sering Membersihkan Lubang Telingga Dengan Cotton Bud.

Sering Sering Membersihkan Lubang Telingga Dengan Cotton Bud.

Sering Sering Membersihkan Lubang Telingga Dengan Cotton Bud. Image [source]

Telinga secara rutin mengeluarkan kotoran telinga. Istilah yang kurang tepat ya karena sebenarnya cairan kental lengket itu bukan kotoran. Ia adalah cairan pelumas yang justru melindungi telinga dari debu dan hewan hewan luar. Karena dianggap kotoran, banyak orang yang sebentar sebentar membersihkan telinga dengan Cotton Bud. Kebiasaan ini ternyata kurang baik. ketika kita mengorek ngorek lubang telinga denga cotton bud, sebagian cairan telinga tersebut ternyata justru terdorong ke dalam, menjadi keras dan menutup saluran telinga. Sebenarnya tidak perlu di korek korek. Cukup dijaga agar tidak sampai kelihatan dari luar saja. karena cairan telinga itu ada fungsinya.

3. Sering Sering Menggunakan Hand Sanityzer.

Sering Sering Menggunakan Hand Sanityzer.

Sering Sering Menggunakan Hand Sanityzer. Image [source]

Hand sanityzer sering di pakai sebagai penganti cuci tangan. Kalau malas cuci tangan, sebelum makan tinggal pakai hand sanityzer saja dan makan pun aman. Tapi ternyata hand sanityzer itu ada efek burukny. Pertama, kulit kita jadi kering. Selain itu terlalu sering menggunakan hand sanityzer juga membuat bakteri bisa resistant. Senyawa senyawa dalam hand sanityzer seperti Triclosan dan alkohol juga bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh kita.

4. Menutup Mulut Saat Bersin.

Menutup Mulut Saat Bersin.

Menutup Mulut Saat Bersin. Image [source]

Menutup mulut dengan tangan saat bersin bisa jadi merupakan kebiasaa banyak orang. kebiasaan ini ternyata kurang sehat. Saat bersin dan menutup mulut dengan tangan , maka ada sebagian kuman yang menempel di tangan. Kuman ini akan menyebar ketika kita bersalaman dengan orang lain atau menyentuh benda benda yang nantinya sering di sentuh orang lain. kebiasaan ini menyebabkan virus flu cepat menular di sekitar penderita.

5. Mandi Dengan Air Hangat Terlalu Lama.

Mandi Dengan Air Hangat Terlalu Lama.

Mandi Dengan Air Hangat Terlalu Lama. Image [source]

Pulang kerja kehujanan, paling enak memang mandi dengan air hangat. Namun kebiasaan ini ternyata kurang sehat. Berendam lama dengan air hangat membuat kelenjar minyak di permukaan kulit jadi rontok. Kulit pun jadi kering. Untuk amannya usahakan mandi air hangat yang suhunya di bawah 40 derajat celcius dan kurang dari 10 menit.

Itulah 5 kebiasaan bersih yang ternyata efeknya tidak baik bagi kesehatan. Dari kelima kebiasaan tersebut mana yang sering kamu lakukan? Sebaiknya mulai hentikan ya kebiasaan kebiasaan itu.

No more articles