Sehat itu di mulai dari hal hal kecil. Penyakit datang ke tubuh kita tidak secara tiba tiba, melainkan dari kebiasaan buruk yang eeknya sedikit demi sedikit menumpuk. Tak ada jalan lain, untuk bisa sehat maka kita juga harus punya kebiasaan hidup yang sehat pula.

Cuma Butuh Waktu Kurang Dari Semenit, 8 Kebiasaan Sederhana Ini Punya Pengaruh Besar Bagi Kesehatanmu.

Cuma Butuh Waktu Kurang Dari Semenit, 8 Kebiasaan Sederhana Ini Punya Pengaruh Besar Bagi Kesehatanmu. image [source]

Kebiasaan hidup sehat bukan berarti kita harus rutin ke Gym setiap beberapa hari sekali. Bukan juga harus mengkonsumsi suplemen dengan harga jutaan tiap pagi. Kebiasaan kebeasaan sepele yang kita lakukan sehari hari terbukti justru punya pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh kita. berikut ini 8 kebiasaan sederhana yang Cuma butuh waktu kurang dari semenit untuk melakukannya tapi efeknya sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Apa saja kebiasaan sederhana tersebut? berikut ini daftarnya.

1. Menaruh Sandal Di Depan Pintu Rumah.

Menaruh Sandal Di Depan Pintu Rumah.

Menaruh Sandal Di Depan Pintu Rumah. image [source]

Orang orang jepang zaman dahulu melepas sandal atau sepatu ketika memasuki rumah. Ternyata kebiasaan itu terbukti bermanfaat. Dengan melepas alas kaki ketika masuk rumah, maka kotoran, kuman, zat kimia serta zat pemicu alergi tidak masuk rumah. Dengan begitu ruangan di dalam rumah tetap bersih. Nyeker tanpa alas kaki juga membuat telapak kaki santai dan terhindar dari kecapekan. Seperti kita tahu, banyak syaraf yang terhubung dengan telapak kaki kita.

2. Menyikat Permukaan Lidah.

Menyikat Permukaan Lidah.

Menyikat Permukaan Lidah. image [source]

Menyikat gigi sudah umum dilakukan oleh setiap orang, namun menyikat permukaan lidah? Ternyata aktivitas ini besar juga manfaatnya bagi kesehatan. Di permukaan lidah bagian atas banyak terdapat sisa sisa makanan. selain berpotensi jadi sarang kuman, bagian ini juga biang bau. Dengan rutin di bersihkan keseharan mulut bisa terjaga.

3. Jika Bersin, Tutupi Dengan Lengan.

Jika Bersin, Tutupi Dengan Lengan.

Jika Bersin, Tutupi Dengan Lengan. image [source]

Ketika sedang terjena flu biasanya kuta akan bersin bersin ngak karuan. Ketika bersin dan sedang ngak bawa tisu, maka telapak tangan lah yang dipajai untuk menutuo mulut saat bersin. Jebiasaan ini ternyata kurang sehat. Tangan kita jadi terpapar dengan virus yang tersebar lewat titik titik air. Ketika tangan yang sudah terkontaminasi tersebut menyentuh macam macam barang, secara tak langsung kita menyebarkan virus. Apalagi kalau kemudian kita berjabat tangan dengan orang. maka itu sebaiknya tutup bersin dengan bagian lengan.

4. Pandai Pandai Mensiasati Supaya Kita Rajin Minum Air Putih.

Pandai Pandai Mensiasati Supaya Kita Rajin Minum Air Putih.

Pandai Pandai Mensiasati Supaya Kita Rajin Minum Air Putih. image [source]

80 persen dari tubuh kita itu isinya cairan. Maka tak perlu diragukan lagi berapa pentingnya minum air putih yang cukup itu. Ketika rasa malas minum air putih mulai muncul, sebaiknya kita cari cara supaya aktivitas itu hadi menyenangkan. Misalnya saja dengan mencemplungkan berbagai jenis buah buahan kedalam air putih. Bisa strobery, bisa lemon, bisa juga buah lain. dengan berbagai variasi tersebut minum air putih pun akan menyenangkan.

5. Prinsip 20-20-20 Untuk Keseharan Mata.

Prinsip 20-20-20 Untuk Keseharan Mata.

Prinsip 20-20-20 Untuk Keseharan Mata. image [source]

Mata biasa jadi merupakan organ yang paling penting. Beberapa pekerjaan memaksa mata bekerja terus menerus. Akibatnya mata bisa kecapekan. Agar mata tetap sehat, maka ada satu aturan sederhana di dunia barat sana. Atura tersebut adalah aturan 20-20-20. Artinya, tiap bekerja 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik untuk melihat benda benda yang jaraknya 20 kaki darimu. Dengan cara ini, berbagai penyakit mata dapat dihindari.

6. Hitung Sampai 20 Sambil Tarik Nafas Dalam Dalam Ketika Sedang Marah.

Hitung Sampai 20 Sambil Tarik Nafas Dalam Dalam Ketika Sedang Marah.

Hitung Sampai 20 Sambil Tarik Nafas Dalam Dalam Ketika Sedang Marah. image [source]

Ketika marah, jantung kita berdegub kenjang. Hormon andrenalin dikeluarkan dan laju peredaran darah meningkat. Selama masih marah, kondisi seperti itu akan terus berlangsung. Bisa dibayangkan jika seseorang menderita tekanan darah tinggi. Jantung yang tiba tiba memompa lebih kuat bisa meningkatkan tekanan darah secara drastis. orang tersebut bisa terkena stroke karena marah marah. untuk orang orang seperti ini, marah harus segera di redakan. Salah satu cara sederhananya adalah dengan menghitunh 1 sampai 20 setiap kali kita merasa marah. di tengah tengah tiap hitungan, kita ambil nafas panjang. Setelah hitungan 20 selesai biasanya emosi sudah kembali diambil alih oleh logika. Resiko stroke pun jadi berkurang.

No more articles