Otak merupakan bagian paling pentingdari tubuh kita. organ tersebut merupakan sistem pusat syaraf yang mengatur semua fungsi fungsi tubuh, daya ingat, kecerdasan, gerakan otot sampai suhu tubuh yang mengatur adalah otak. Tidak kebayang kan bagaimana kalau organ yang satu ini mengalami kerusakan? Bisa lumpuh, hilang ingatan atau masalah masalah serius lain. yang bikin ngeri, tarnyata kerusakan otak itu sebagian besar bukan di sebabkan karena penyakit penyakit bahaya lho. kebiasaan kebiasaan sepele yang kita lakukan dalam hidup sehari hari ternyata juga bisa memicu kerusakan otak.

5 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Fatal Efeknya Bagi Otak, Ada Yang Masih Sering Kamu Lakukan

5 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Fatal Efeknya Bagi Otak, Ada Yang Masih Sering Kamu Lakukan Image [source]

Beberapa dari kebiasaan sepele yang bahaya bagi otak tersebut mungkin masih kamu lakukan sampai saat ini. untuk mencegah terjadi nya kerusakan otak serius, berikut ini kebiasaan kebiasaan sepele yang perlu kamu hindari.

1. Kebiasaan Memakai Terlalu Banyak Garam Dalam Makanan.

Kebiasaan Memakai Terlalu Banyak Garam Dalam Makanan.

Kebiasaan Memakai Terlalu Banyak Garam Dalam Makanan. Image [source]

Kalau sudah terbiasa mengkonsumsi makanan dg banyak garam, kurang garam sedikit saja rasanya sudah hambar. Oleh karena itu ada kecenderungan orang akan menambahkan lebih banyak garam supaya makananterasa lezat. Garam sih sebenarnya tidak bahaya,. Tapi kalau kebanyakan, efeknya bisa merusak otak lho. kebanyakan garam bisa meningkatkan resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi. Kalau sudah terkena darah tinggi, kemampuan kognitif seseorang bisa turun dan ia rawan kena seranga stroke.

2. Kebiasaan Kurang Tidur.

Kebiasaan Kurang Tidur.

Kebiasaan Kurang Tidur. Image [source]

Tidur merupakan hal sepele tapi sering diabaikan orang. apalagi di jaman modern seperti ini dimana hiburan banyak macemnya. Ada video game, ada film dan ada juga sosial media. Semua hal tersebut membuat banyak orang jadi begadang dan sedikit waktu tidurnya. Padahal tidur yang cukup itu penting bagi kesahatan tubuh termasuk otak. Ketika tidur otak mendetoksifikasi zat zat brebahaya dalam tubuh. Ketika kurang tidur, zat zat berbahaya tersebut terkumpul banyak melewati otak sehingg konsentrasi serta mood kita jadi buruk. Jika berlangsung lama, otak bisa menurun kemampuannya hanya karena kebiasa kurang tidur ini.

3. Kebiasaan Tinggal Di Tempat Yang Bising.

Kebiasaan Tinggal Di Tempat Yang Bising.

Kebiasaan Tinggal Di Tempat Yang Bising. Image [source]

Hidup di jaman modern, ternyata banyak polusi suara yang terpaksa kita dengar. Suara mobil di jalan, suara pesawat hingga suara musik yang disetel keras keras ternyata membuat telinga kita tersiksa tanpa kita sadari. Kebisingan yang berlebihan ternyata bukan buruk untuk telinga saja. kecerdasan seseorang juga menurun jika terus menerus terekspose pada suara bising. Oleh karena itu jika ada di tempat umum, ada baiknya pake heatset dan mendengarkan musik yang lembut alunan nadanya.

4. Kebiasaan Banyak Makan.

Kebiasaan Banyak Makan.

Kebiasaan Banyak Makan. Image [source]

Makan bisa jadi pelarian. Ketika kita stres, ketika kita bosan dan ketika sedang ada masalah bisa jadi kita makan lebih banyak. ternyata banyak banyak makan itu tak Cuma memicu kegemukan saja lho. ada efek berantainya. Orang yang cenderung kegemukan akan mengalami penurunan tingkat kecerdasan otaknya. Ini berdasar sebuah penelitian yang di publikasikan di jurnal neurologi pada tahun 2000an. Memang sudah di ubah sih kebiasaan banyak makan ini. tapi kalau pengen otakmu sehat, makan secukupnya dan sewajarnya saja ya.

5. Kebiasaan Hidup Menyendiri.

Kebiasaan Hidup Menyendiri.

Kebiasaan Hidup Menyendiri. Image [source]

Kesepian ternyata juga punya efek merusak bagi tubuh kita. ketika merasa kesepian otak kita bisa mengalami stress dan peradangan. Mungkin disebabkan karena ketika merasa kesepian, hormon hormon di otak beda ya komposisinya dengan saat kita bahagia. penelitian menunjukkan bahwa orang yang merasa selalu kesepian akan mengalami penurunan fungsi otak yang parah. Ini bisa kita lihat pada orang orang jompo yang tak punya teman. Wah kalau seperti ini berarti banyak teman, makin sehat kan otak kita.

Itulah 5 kebiasaan sepele yang ternyata buruk efeknya bagi otak kita. dari ke 5 kebiasaan tersebut adakah yang masih kamu lakukan? Lebih baik, ubah kebiasan burukmu tersebut menjadi kebiasaan yang sehat ya.

No more articles