Sosial media dewasa ini sudah menjadi kebutuhan pokok. Di katakan kebutuhan pokok karena ada sebagian orang yang jika tidak bisa akses sosial media, ia merasa nervous, bad mood dan serba salah dalam bertindak. Sosial media seperti facebook twitter dan instagram menjadi sarana penghubung antara seseorang dengan keluarga atau teman dekatnya. Tanpa sosial media seseorang seolah olah merasa terasing terpisah dari teman temannya. Yah mirip anak kecil yang terpisan dari induknya di tempat asing gitu lah rasanya.

Kecanduan Sosial Media Itu Penyakit Atau Bukan Sih Ini Kata Para Ahli features

Kecanduan Sosial Media Itu Penyakit Atau Bukan Sih Ini Kata Para Ahli features Image [source]

Penggunaan sosial media akhir akhir ini mulai banyak di keluhkan baik oleh guru, oleh orang tua ataupun oleh para bos yang karyawannya banyak yang sibuk bersosmed. Ada yang menuduh pemakaian sosial media ini sebagai penyebab utama, prestasi belajar seseorang menurun pada mereka mereka yang masih sekolah. Sedangkan pada mereka mereka yang sudah bekerja, kierja mereka juga menurun. Orang tua pun banyak yang mengeluh akibat anak anak mereka enggak bisa lepas dari layar handphone. Dari berbagai fenomena ini timbul sebuah pertanyaan, kecanduan sosial media itu penyakit bukan sih? Berapa lama waktu penggunaan sosial media yang masuk kategori normal? Apa juga efek negatif dari kecanduan media sosial ini? berikut ini jawaban lengkapnya.

1. Fenomena Kecanduan Media Sosial Itu Memang Nyata.

Fenomena Kecanduan Media Sosial Itu Memang Nyata.

Fenomena Kecanduan Media Sosial Itu Memang Nyata. Image [source]

Mark Griffith, seorang peneliti dari universitas Nothingham Trent amerika serikat sudah melakukan penelitian selama bertahun tahun terkait perilaku orang yang menggunakan sosial media dan internet. Menurut dia fenomena kecanduan media sosial itu memang benar benar ada. ada orang yang menghabiskan banyak waktu di depan layar sosial media. Ketika akses terhadap sosmed ini di batasi, mereka menunjukkan perilaku perilaku tertentu yang mengindikasikan bahwa mereka kecanduan.

2. Gejala Kecanduan Media Sosial, Mirip Dengan Kecanduan Obat Obat Terlarang.

Gejala Kecanduan Media Sosial, Mirip Dengan Kecanduan Obat Obat Terlarang.

Gejala Kecanduan Media Sosial, Mirip Dengan Kecanduan Obat Obat Terlarang. Image [source]

Kecanduan media sosial ternyata tidak hanya mempengaruhi pikiran seseorang. Fisik serta mental mereka ternyata juga terpengaruh. Gejalanya mirip seperti gejala orang orang yang kecanduan obat terlarang dan narkotika. Ketika tidak mendapat kan akses ke sosmed seperti facebook, instagram dan twitter meraka memngalami perubahan mood jadi buruk, menariuk diri dari masyarakat perasaan cemas berlebihan mengalami konflik peran serta kambuhan. Konflik [eran karena terjadi karena, mereka terlalu sibuk di sosmed sehingga tugas tugas di dunia nyata terabaikan.

3. Siap Yang Rentan Kecanduan Media Sosial?

Siap Yang Rentan Kecanduan Media Sosial?

Siap Yang Rentan Kecanduan Media Sosial? Image [source]

Dari survey yang diselenggarakan secara nasional di amerika serikat pada tahun 2017, ternyata yang rentan kecandiuan media sosial ini adalah wanita, orang orang muda serta mereka mereka yang single. Antara introver dan ekstrover juga punya kecenderungan yang berbeda dalam penggunaan sosial media ini. para ekstrover atau mereka mereka yang mudah gaul menggunakan sosial media untuk terkoneksi dengan teman dan sahabat sahabat mereka. sedangkan para introvert atau para penyendiri cenderung memaki media sosial dengan cara negatif. Mereka menggunakan media sosial sebagai kompensasi ketidak adaan interaksi sosial di dunia nyata.

4. Berapa Sih Lama Waktu Penggunaan Media Sosial Yang Man?

Berapa Sih Lama Waktu Penggunaan Media Sosial Yang Man?

Berapa Sih Lama Waktu Penggunaan Media Sosial Yang Man? Image [source]

Dari hasil survey, rata rata penggunaan sosial media yang aman adalah 2 jam an setiap harinya. Penggunaan sosial media lebih dari 2 jam setiap hari perlu menjadi warning khusus sebagai pertanda awal kecanduan sosial media. Kalau penggunan sosial media sudah diatas 5 jam, maka sudah masuk kategori kecanduan parah.

5. Berita Baiknya, Kecanduan Sosmed Belum Di Kategorikan Sebagai Gangguan Mental.

Berita Baiknya, Kecanduan Sosmed Belum Di Kategorikan Sebagai Gangguan Mental.

Berita Baiknya, Kecanduan Sosmed Belum Di Kategorikan Sebagai Gangguan Mental. Image [source]

Dua lembaga yang berwenang mengkategorikan sesuatu sebagai penyakit atau bukan adalah the World Health Organisation (WHO) dan Organisasi Psikiatrik amerika. Untungnya kedua lembaga ini belum memasukkan kecanduan medsos sebagai gangguan mental. Yang sudah masuk gangguan mental adalah kecandual game. sedikit lega sih, tapi tetap saja kecanduan media sosial itu enggak baik.

Yang merasa dirinya kecanduan medsos pasti lega dengan kabar ini. pasalnya mereka belum dianggap mengalami gangguan mental akibat kecanduannya online di medsos tersebut. meskipun tidak dianggap mengalami gangguan mental, sebaiknya kecanduan medsos perlu dikurangi. Jangan sampai aktivitas di media sosial justru membuat kita lupa terhadap tugas di dunia nyata.

No more articles