Selain Menyelam, Ini Lho Deretan Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Wakatobi
Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara sangat terkenal di antara para pecinta pantai. Bahkan di sini juga banyak terdapat spot menyelam yang populer dengan keindahan biota bawah lautnya yang sangat kaya.

Eits, tapi tunggu dulu. Meski terkenal sebagai spot diving, ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di sini selain menyelam. Jadi, kalau kamu termasuk orang yang nggak bisa berenang, jangan ragu berkunjung ke Wakatobi, karena kamu bisa melakukan deretan kegiatan seru berikut ini.

1. Menyaksikan Matahari Terbenam di Lembah Kayangan

Selain berenang, pantai itu adalah tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam. Nah, di Wakatobi kamu bisa menyaksikan cantiknya sunset dari lembah Kayangan. Lembah ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati cantiknya langit biru yang bersih serta melihat indahnya matahari yang perlahan tenggelam di ufuk barat.

Sunset

Sunset

Dengan ditemani suara deburan ombak yang merdu dan menenangkan, ditemani hembusan udara yang sejuk dan indahnya langit yang berubah kemerahan, kamu akan jatuh cinta dengan tempat ini. Tempat ini sangat sempurna untuk kamu yang ingin menikmati suasana kesendirian.

2. Berkunjung ke Suku Bajo

Di Wakatobi, tinggal juga masyarakat unik yang sering dijuluki sebagai manusia laut yaitu suku Bajo. Mereka tinggal dengan membuat rumah-rumah di atas laut dan memiliki matapencaharian sebagai nelayan. Tapi, mereka mencari ikan dengan cara yang masih tradisional.

Rumah Suku Bajo [via instagram account: aalghifar]

Rumah Suku Bajo [via instagram account: aalghifar]

Mencoba berkenalan dengan suku Bajo dan mempelajari pola hidup, adat, seni, dan budaya mereka akan menjadi pengalaman baru yang menarik. Kamu akan takjub melihat kemampuan mereka bertahan hidup di atas laut hanya dengan mengandalkan kayu sebagai tempat tinggal dan perahu sebagai alat transportasi.

3. Menjelajahi Benteng Tua Kerajaan Buton

Di Wakatobi terdapat sebuah benteng tua yaitu benteng Patua. Benteng yang berada di Dusun Kollo Patua ini sudah berdiri sejak abad ke-18. Bangunannya memang nggak terlalu besar, tapi jika berdiri di atasnya, kamu akan bisa melihat cantiknya Laut Banda, Pulau Runduma, Pulau Kaledupa, Wangi-wangi, dan Pulau Buton di kejauhan.

Benteng Tua Buton [via instagram account: wisnuadiprabowo234]

Benteng Tua Buton [via instagram account: wisnuadiprabowo234]

Di kawasan benteng ini, kamu juga akan menemukan sebuah kuburan keramat. Selain itu juga ada sebuah rongga rahasia yang menjadi jalan masuk ke dalam hutan. Panjangnya hanya 10 meter, tapi kamu akan merasakan sensasi berpetualang yang menyenangkan.

4. Berpetualang ke Hutan Terlarang

Untuk kamu yang mencintai petualangan, hutan mangrove di Pulau Kaledupa juga bisa jadi alternative. Hutannya sangat luas dengan pohon yang tumbuh berjajar rapat. Kamu bisa mencoba menjelajahi hutan yang dikeramatkan oleh penduduk lokal sejak ratusan tahun lalu itu.

Mangrove

Mangrove

Saat menjelajah hutan ini, pengunjung dilarang untuk menebang pohon atau membawa keluar kayu-kayu dari sana. Pasalnya, semua yang ada di dalam hutan dilindungi oleh negara.

5. Mencicipi Kuliner Khas Wakatobi

Wakatobi memiliki Kasuami, makanan pokok pengganti nasi. Bentuknya kerucut seperti tumpeng tapi berukuran mini dan terbuat dari ubi jalar. Jangan takut masih lapar, karena satu kasuami juga cukup untuk mengganjal perutmu.

Kuliner Wakatobi [via instagram account: alvinadam1]

Kuliner Wakatobi [via instagram account: alvinadam1]

Di Wakatobi juga banyak menu lezat lainnya yang wajib dicoba. Ada ikan Parende yang hanya ada di Wakatobi, atau ikan goreng yang dicocol dengan sambal colo-colo, serta banyak lagi menu khas lezat lainnya.

Wakatobi memang terkenal dengan wisata lautnya. Tapi ternyata juga banyak hal lain yang nggak kalah seru untuk dilakukan di sana. Jadi, kapan nih ngetrip ke Wakatobi?

No more articles