Semua orang pasti tahu burung merak, binatang sebangsa unggas yang punya bulu sangat indah dan bikin kamum siapa saja yang melihatnya terutama saat ekor burung ini tengah mengembang. Banyak terlihat ratusan bola mata berwarna pelangi yang sangat menakjubkan.

Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa dibalik keindahan bulu burung merak tersimpan teori fisika yang sangat rumit. Terungkap bahwa warna-warna bulu merak yang berubah-ubah bukan disebabkan oleh pigmen yang mengontrol warna melainkan kombinasi dari berbagai warna yang terajut secara rapi, layaknya manusia yang mengkombinasikan beberapa warna untuk membuat warna baru.

Mengenal Hewan Merak yang Punya Bulu Indah

Burung merak yang dalam bahasa Inggris disebut Peacock adalah spesies burung dari famili ayam hutan. Di dunia hanya ada tiga spesies burung merak yakni Merak India (Pavo cristatus), Merak Hijau (Pavo muticus) dan Merak Kongo (Afropavo congensis).

071793800_1428289436-merak

Mengenal Hewan Merak yang Punya Bulu Indah [ Image Source ]

Merak memiliki bulu yang indah terutama pada si jantan, dimana ia memiliki ekor yang dapat mengembang hingga lebih dari 60 persen dari total panjangnya. Bulu ekor yang indah umumnya menjadi daya tarik si jantan untuk merayu betina. Untuk wilayah Indonesia, paling banyak ditemukan adalah spesies merak hijau yang tersebar di Pulau Jawa.

Fungsi Bulu Merak Ternyata Banyak Sekali

Tahukah Anda jika bulu merak yang sangat indah dan berwarna-warni tersebut ternyata memiliki banyak fungsi? Fungsi utama bulu merak pada ekor si jantan adalah untuk menarik lawan jenis ketika musim kawin datang. Bulu tersebut akan dimainkan seolah-olah sedang menari.

property-112-feng-shui-rumah-baik-dengan-hiasan-burung-merak-1

Fungsi Bulu Merak Ternyata Banyak Sekali [ Image Source ]

Fungsi lainnya adalah untuk mengelabuhi predator. Bulu ekor burung merak saat mengembang akan mengeluarkan motif totol-totol seperti puluhan bola mata. Predator yang akan memangsa akan terkelabuhi seolah-olah ia sedang menghadapi puluhan pasang mata hewan. Sedangkan fungsi yang terakhir adalah sebagai bentuk kewibawaan atau kekuasaan bagi si jantan.

Rahasia Warna Bulu Merak Terungkap Lewat Penelitian Panjang

Selama puluhan tahun para ilmuwan berusaha mengungkap asal warna dari bulu-bulu merak yang indah. Hasilnya terungkap setelah seorang insinyur sekaligus fotografer asal Kanada melakukan riset dengan memperbesar hasil gambar bulu merak yang ia dapatkan.

023013900_1459752044-peacockmicroscope8

Rahasia Warna Bulu Merak Terungkap Lewat Penelitian Panjang [ Image Source ]

Hasilnya mencengangkan sebab warna-warna yang dihasilkan oleh bulu merak tersebut bukan berasal dari pigmen, zat yang mengatur warna pada kulit atau organ tubuh lain. Setelah dilakukan pembesaran 500 kali, didapat bahwa warna-warna tersebut dihasilkan dari rajutan bulu-bulu halus yang disebut dengan bulu iridescent yang bahkan hampir tidak berwarna. Rajutan tersebut sangat rapi dan rumit yang kemudian menghasilkan kombinasi warna yang indah.

Mata di Bulu Ekor Merak Adalah Ilusi Optik Bukan Pigmen

Saat mengembang bulu ekor merak terlihat motif seperti bola mata berwarna pelangi seperti gelembung sabun saat terkenal sinar matahari. Warna tersebut dihasilkan oleh teori fisika optik yang dikenal dengan istilah Inferensi Konstruktif Cahaya.

042956300_1459751870-peacockmicroscope2

Mata di Bulu Ekor Merak Adalah Ilusi Optik Bukan Pigmen [ Image Source ]

Lagi-lagi bulu iridescent berperan dalam membentuk warna dan motif tersebut. Istilah lain menyebutkan bulu tersebut bernama babula. Konsepnya sama dengan terbentuknya warna-warni pada gelembung sabun yaitu dengan mengombinasikan beberapa warna menjadi warna baru.

Apa Itu Babula?

Menurut para ilmuwan, babula adalah semacam rambut-rambut mikro yang jauh lebih kecil yang terdapat pada barb, yakni serat bulu yang tumbuh pada tulang bulu. Ukurannya sangat kecil sekitar ratusan kali lebih tipis dibanding rambut manusia dan nyaris mustahil dilihat mata telanjang. Untuk mengetahuinya ilmuwan menggunakan mikroskop elektron.

086452300_1459752058-peacockmicroscope9

Apakah bulu merak [ Image Source ]

Kumpulan babula ini tersusun atas protein melanin yang terikat dengan protein keratin. Bulu-bulu yang hampir tak memiliki warna ini kemudian saling bertumpuk pada rambut mikro. Ruang antara tumbukan bulu tipis ini menjadi pemantul alami cahaya matahari yang kemudian menghasilkan warna-warna cantik yang dilihat manusia. Jadi warna tersebut bukan pigmen melainkan semacam ilusi optik karena pantulan cahaya matahari. Itulah mengapa warna bulu burung merak bisa berubah ketika dilihat dari sudut yang berbeda.

No more articles