Saat terjadi empa lombok pada minggu 29 juli 2018 lalu ada sekitar 800 an lebih wisatawan yang sedang mendaki gunung rinjani. Mengalami bencana gempa saat sedang ada di atas gunung tentu suasananya cukup mengerikan.

Mulai Dari Hampir Jatuh Ke Jurang Sampai Jalur Pendakian Longsor, Ini Kengerian Yang Dihadapai Para Pendaki Gunung Rinjani Saat Terjadi Gempa Lombok.

Mulai Dari Hampir Jatuh Ke Jurang Sampai Jalur Pendakian Longsor, Ini Kengerian Yang Dihadapai Para Pendaki Gunung Rinjani Saat Terjadi Gempa Lombok. Image [source]

Tebing tebing gunung disekitar mereka banyak yang runtuh, lintasan banyak yang retak sementara pos pos pendakian jauh dari posisi mereka. berikut ini 5 kengerian yang harus dihadapai para pendaki gunung rinjani ketika terjadi peristiwa gempa lombok beberpa hari yang lalu.

1. Tak Mengira Bahwa Goncangan Yang Terjadi Merupakan Gempa.

Tak Mengira Bahwa Goncangan Yang Terjadi Merupakan Gempa.

Tak Mengira Bahwa Goncangan Yang Terjadi Merupakan Gempa. Image [source]

Ketika melakukan pendakian, tubuh tentu saja mengalami banyak tekanan baik secara fisik maupun psikis. Pusing pusing serta halusinasi merupakan hal yan wajar. Nah seorang pendaki mengaku tidak mengira bahwa goncangan berkali kali yang ia rasakan disebabkan karena gempa. Ia mengira bahwa dirinya sedang pusing saja karena tanah yang ia pijak terasa bergoncang berkali kali

2. Jalur Pendakian Pada Runtuh Semua.

Jalur Pendakian Pada Runtuh Semua.

Jalur Pendakian Pada Runtuh Semua. Image [source]

Ketika gempa terjadi, insting pertama para pendaki tentu saja adalah kembali turun. Namun mereka harus menghadapi kenyataan mengerikan karena beberapa jalur yang mereka lewati untuk naik runtuh dan retak retak akibat gempa. Mereka pun terpaksa mencari jalan baru untuk turun. Sebagian berhasil dan sebagian tertahan di atas gunung.

3. Sumber Air Tertimbun Longsor.

 Sumber Air Tertimbun Longsor.

Sumber Air Tertimbun Longsor. Image [source]

Di lokasi pendakian gunung rinjani ada beberapa sumber air yang biasa digunakan para pendaki untuk mengisi cadanga air minum. Nahas, saat terjadi gempa, sumber air di jalur pendakian gunung rinjani tertimbun longsor. Para pendaki pun harus menghadapi kekurangan sumber air akibat tempat mereka biasa mengisi cadanga air sudah tidak ada lagi.

4. Ada Pendaki Asal Malaysia Yang Meninggal.

Ada Pendaki Asal Malaysia Yang Meninggal.

Ada Pendaki Asal Malaysia Yang Meninggal. Image [source]

Seorang pendaki cantik asal malaysia dilaporkan meninggal. Sebenarnya ia sudah berhasil mendaki hingga puncak gunung rinjani di hari sebelumnya. Ia sudah turun dan tinggal di homestay di lereng gunung rinjani. Malang, homestay yang ia tempati bersama temannya roboh akibat gempa. Temannya mengalami luka luka sementara si pendaki cantik bernama Siti Nur Lesmawida tersebut meninggal akibat tertimbun reruntuhan.

5. Terjebak Di Segara Anakan.

Terjebak Di Segara Anakan.

Terjebak Di Segara Anakan. Image [source]

Ketika gempa terjadi ratusan orang sedang berada di sekitar segara anakan yang ada di jalur pendakian gunung rinjani. Suasana ngeri juga dialami oleh para pendaki disini salah satunya bernama Azka firman. Ia mengungkapkan bahwa ketika terjadi goncangan berkalikali, gunung disamping kanan dan kiri runtuh. Jalur turun pun tertimbun reruntuhan. Mereka mengaku terpaksa menginap satu malam di sekitar segara anakan dan berembuk cara turun keesokan paginya. Malangnya, jembatan yang biasa mereka lewati juga putus akibat gempa. Beruntung mereka bisa dievakuasi pakai tali porter.

No more articles