Begitu mendengar kata Papua apa yang ada di pikiran Anda? Ya, jika tidak Freeport ya Raja Ampat. Selain dua hal itu sebenarnya Papua memiliki beberapa hal yang sangat luar biasa. Bahkan bisa dibilang sangat unik hingga layak untuk dikunjungi, terutama Anda yang hobi traveling. Salah satu hal luar biasa itu adalah Lembah Baliem.

Mungkin Anda baru ingat jika di pulau yang berbentuk burung itu ada lembah yang sangat indah. Tak hanya pemandangan saja yang memukau. Suku yang mendiami dan segala kebudayaannya wajib Anda datangi saat ini juga. Inilah lima fakta unik Lembah Baliem yang bisa membuatmu kepincut ingin segera bersua.

1. Suku Dani yang Sangat Ramah dengan Tamu

Salah satu penghuni dari Lembah Baliem adalah Suku Dani yang konon telah ada di sana sejak ratusan tahun yang lalu. Suku ini terus berjuang dengan sekuat tenaga untuk mempertahankan tradisi yang ada sejak dahulu kala. Mereka tidak peduli dengan modernisasi yang telah ada sejak lama.

Suku Dani

Suku dani yang sangat ramah dengan tamu [ Image Source ]

Salah satu ciri khas dari Suku Dani adalah para prianya memakai koteka. Selain itu jika ada pengunjung yang datang mereka akan menyambutnya dengan ramah. Bahkan mereka memberikan pertunjukan seperti tari perang agar pengunjung jadi terpukau.

2. Ada Mumi yang Berusia Ratusan Tahun

Lembah Baliem juga menyimpan mumi yang memiliki warna hitam dan wujudnya sedikit menyeramkan. Mumi ini adalah orang yang dianggap berjasa kepada desa. Akhirnya untuk menghormati semua jasanya, Suku Dani membuat jasadnya menjadi mumi dan menyimpannya di dalam pilamo atau rumah laki-laki.

Mumi Suku Dani

Ada mumi yang berusia ratusan tahun [ Image Source ]

Saat ada pengunjung yang datang, mumi ini biasanya akan dikeluarkan. Pengunjung bisa melihat seperti apa bentuk dan wujud dari mumi itu dari depan. Oh ya, mumi ini juga dianggap mampu memberi keberkahan pada desa.

3. Ada Festival Lembah Baliem yang Super Seru

Setiap tahun pada bulan Agustus selalu ada festival akbar yang diadakan di sini. Festival itu diberi nama Festival Lembah Baliem. Acara ini dimeriahkan oleh tiga suku utama yang ada di Lembah Baliem. Suku itu adalah Suku Dani, Suku Lani, dan Suku Yali. Tiga suku ini akan berperang, meski tidak sebenarnya. Perang ini dilakukan sebagai simbol perjuangan suku-suku lokal di masa lalu.

Festival lembah Baliem

Fastival lembah beling [ Image Source ]

Festival Lembah Baliem biasanya berlangsung selama tiga hari. Meski terbilang sangat singkat, festival ini mampu menarik banyak sekali wisatawan. Tak sedikit wisatawan dari luar negeri rela datang jauh-jauh untuk menyaksikan momen langka ini.

4. Ada Tradisi Potong Jari yang Mengerikan

Percaya atau tidak, ada satu tradisi mengerikan yang sampai sekarang masih dilakukan di Lembah Baliem. Tradisi itu adalah memotong ruas jari tangan sebagai ungkapan kesedihan. Jika anggota keluarga meninggal, akan ada upacara yang disebut dengan ikipalin ini.

Ikipalin

Tradisi Ikipaling [ Image Source ]

Rasa sakit yang dirasakan saat memotong jari disamakan dengan kesedihan saat kehilangan. Tradisi ini masih dipertahankan meski generasi muda jarang sekali melakukanya. Mungkin sudah dianggap kuno dan tidak sesuai dengan perkembangan zaman meski mereka tetap mempertahankan kebudayaan asli.

5. Ada Pesta Bakar Massal yang Sangat Seru

Pada acara tertentu seperti pernikahan dan kelahiran, Suku Dani suka merayakannya dengan berpesta. Biasanya orang satu kampungĀ  akan berbondong-bodong untuk menyiapkan pesta bakar ini. Para pria biasanya membuat lubang dan mengumpulkan batu yang akan dipanaskan sebagai tempat memasak.

Pesta Bakar

Pesta bakar [ Image Source ]

Jika semuanya sudah siap, maka bahan seperti ubi dan daging babi akan dimasukkan ke dalam lubang yang sebelumnya telah diberi daun. Semua bahan akan ditutup dengan batu yang sangat panas. Dalam waktu beberapa jam makanan ini akan masak dan disantap oleh semua orang.

Inilah lima keunikan yang bisa Anda temukan di Lembah Baliem. So, jangan ragu lagu untuk mempersiapkan liburan Anda, jauh-jauh hari. Papua yang penuh pesona, siap menyambut Anda dengan hangat.

Baca juga Ini Keindahan Lembah Di Papua Serta Desa Desa Sekitarnya

No more articles