Maldives, Hawaii, Santorini atau segudang destinasi wisata luar negeri terkenal mungkin akan membutuhkan kantong ‘menggemuk’ dulu agar dapat berkunjung ke sana. Memang menarik dan mengasyikkan, sih, jika dapat terbang dan pergi ke tempat wisata terkenal di dunia, namun apa daya jika dompet nyaris melompong?

Semua hal tentunya harus dimulai dari menabung dan menabung terlebih dahulu, bukan? Dengan menabung, bukan hanya sekadar ke Malaysia saja, pesona negara-negara Eropa lainnya juga dapat Anda jangkau dengan mudah.

Akan tetapi, buat apa melirik ‘surga’ di negara lain jika di negeri sendiri saja sudah lebih dari cukup tersedia dan dapat Anda kunjungi sewaktu-waktu? Contohnya saja di Kepulauan Seribu. Keindahan destinasi wisata terkenal yang masuk wilayah DKI Jakarta ini tidak perlu diragukan lagi.

Bagi Anda yang ingin pergi ke sana namun tidak memiliki budget yang berlebih, tenang, ada kok cara mensiasatinya. Gak percaya? Yuk, coba simak beberapa tips liburan murah meriah ke Kepulauan Seribu.

1. Mengetahui lokasi yang siap dituju
Tentunya Anda tidak menginginkan jika berlibur dan menghabiskan waktu dengan berputar-putar saja tanpa mengetahui tempat yang akan dituju, bukan? Selain capek, hal tersebut juga dapat membuat Anda mengeluarkan dana lebih.

[Image source Techsbooks.com]

[Image source Techsbooks.com]

Untuk itu, disarankan jika ingin berlibur ke Kepulauan Seribu untuk mencari dan mengetahui segala informasinya terkait destinasi wisata ini melalui berbagai media atau juga bertanya-tanya kepada siapa saja yang pernah pergi ke sana. Dengan semakin mengetahui arah atau tempat yang ingin dituju, Anda dapat membuat estimasi terperinci mengenai berapa dana yang harus disiapkan.

2. Tentukan tujuan

Selain mengetahui tempat yang akan dituju, Anda juga wajib menentukan tujuan yang akan dikunjungi karena ada banyak sekali pulau-pulau cantik di Kepulauan Seribu yang siap menyambut para pengunjung. Ada mulai Pulau Pramuka, Pulau Bidadari sampai dengan Pulau Anyer.

Jika Anda hanya bermodal cekak tapi tetap ingin berwisata sekaligus menetap agak lama di Kepulauan Seribu, ada baiknya untuk menentukan tujuan terlebih dahulu. Apakah Anda akan ke tempat tersebut sebagai backpacker atau kah sebagai turis. Jika Anda menetapkan untuk pergi sebagai turis, maka ada banyak penginapan yang siap menyambut, tentu saja dengan harga yang agak mahal, akan tetapi jika sebagai backpacker, maka hanya dibutuhkan tenda atau hammock saja untuk tempat istirahat.

3. Bawa semua barang yang dibutuhkan

Memang akan sedikit memberatkan dan merepotkan jika harus membawa banyak barang ketika akan ke Kepulauan Seribu. Akan tetapi jika Anda ingin berlibur secara murah, maka hal itu adalah opsi yang tidak dapat ditolak. Contohnya saja, jika Anda mau membawa peralatan snorkeling sendiri, maka Anda dapat menghemat setidaknya Rp 200 ribu untuk menyewa peralatan yang sama di tempat tersebut.

[Image source Summithut.com]

[Image source Summithut.com]

Tidak hanya peralatan seperti itu saja, sandal jepit sampai dengan pakaian atau handuk juga dapat Anda siapkan sendiri dari rumah agar tidak harus keluar uang lagi untuk membelinya di tempat tujuan.

4. Membawa perbekalan

Boleh saja, sih, Anda membeli makanan di warung-warung atau restoran yang didirikan di Pulau Pramuka sebagai pintu masuk Kepulauan Seribu, akan tetapi ada baiknya perbekalan berupa makanan dan minuman tersebut Anda siapkan dari rumah untuk menghemat pengeluaran.

[Image source Yard2dinnerplate.com]

[Image source Yard2dinnerplate.com]

Anda tentu tidak ingin kaget karena harga makanan atau minuman yang dijual di tempat tersebut lumayan tinggi. Menjadi satu hal yang lumrah karena tidak ada lagi tempat berjualan makanan dan minuman lain selain di tempat tersebut.

5. Mengetahui cara tercepat dan termurah

Jika tidak ingin ribet, Anda dapat menyewa mobil carteran atau ikut paket wisata untuk menuju Kepulauan Seribu. Akan tetapi pastinya, harga yang ditawarkan juga cukup besar, kabarnya dapat mencapai sekitar Rp 1,2 jutaan. Namun jika Anda ingin berhemat, ada cara lain yang dapat dilakukan, yaitu dengan menggunakan kendaraan umum secara estafet.

[Image source Youtube.com]

[Image source Youtube.com]

Berangkat dari Jakarta, Anda dapat memulai perjalanan dariĀ Grogol > Satria Raya > Gerbang Tol Jelambar > Tol Dalam Kota > Interchange Pluit > jalan tol ke arah Tanjung Priok > Exit Jembatan Tiga > Jembatan Tiga > Pluit Indah Raya > Pluit Karang > Muara Angke. Total biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 75 ribuan. Setelah dari Muara Angke, Anda dapat membayar karcis masuk ke pelabuhan sebesar kurang lebih Rp 30 ribuan.

6. Membawa uang cash

Salah satu hal yang patut diingat adalah Anda wajib membawa uang cash jika berkunjung ke Kepulauan Seribu. Walaupun bukan nantinya digunakan sebagai foya-foya, melainkan sebagai cadangan sewaktu-waktu, akan tetapi menyiapkan uang cash adalah hal yang tak boleh dilupakan.

[Image source Teropongbisnis.com]

[Image source Teropongbisnis.com]

Kenapa harus menyiapkan uang cash, hal ini dikarenakan masih belum adanya mesin pengambilan uang tunia atau ATM di tempat tersebut. Jadi menjadi satu hal yang merepotkan jika Anda kehabisan uang dan tidak tahu harus berbuat apa lagi.

Memang tips-tips di atas bukanlah yang terbaik karena masih ada banyak cara paling efektif lainnya. Akan tetapi, jika Anda menerapkan cara-cara di atas, setidaknya Anda dapat menekan pengeluaran serendah mungkin. Selamat mencoba.

No more articles