Sejak pertama kali menginjakkan kaki di dunia perkuliahan, kamu pasti berharap dan punya rencana agar kamu bisa menimba ilmu dengan sebaik-baiknya tentu dengan waktu lulus yang tepat. Mungkin tidak ada yang mau jika tidak lulus tepat waktu. Tentu kamu juga tidak akan mau dikatakan sebagai mahasiswa abadi.

Mau lulus tepat waktu atau tidak tepat memang menjadi urusan pribadi masing-masing. Tapi kamu akan mendapatkan banyak hal positif jika kamu bisa lulus tepat waktu. Lulus kuliah dengan tepat akan membuatmu jadi kandidat yang akan lebih diperhitungkan. Kamu juga bisa lebih bebas menekuni pekerjaan dan impianmu. Bukan hanya otak encer yang menjadi faktor utama dalam menentukan lulus tepat waktu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan juga. Berikut ulasannya.

1. NIAT

niat [image source]

niat [image source]

Ketika kamu tengah berada di semester akhir, 6 atau 7 maka segeralah mengatur rencana atau target untuk semester mendatang. Target itu bisa kamu gunakan untuk niat segera membuat judul skripsi. Kebanyakan permasalahan yang dialami oleh mahasiswa adalah menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan adalah hal yang tidak sangat disarankan karena bersifat sangat negatif. Kalau bisa melakukan sekarang kenapa harus dikerjakan nanti.

2. BUAT LIST JUDUL

Permasalahan selanjutnya adalah terlalu banyaknya ide dan keinginan untuk melakukan penelitian sehingga akan membuat bingung diri sendiri. Banyak ide memang bagus, akan tetapi lebih bagus kalau ide-ide tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan di list. Buat prosentase dan perkiraan, kira-kira judul mana yang akan diterima sesuai dengan subjek bidang studi dan mana judul yang tersulit untuk diteliti.

buat list judul [image source]

buat list judul [image source]

Jangan sampai hanya karena masalah yang berbelit-belit malah membuatmu lama untuk mengerjakan skripsi. Dengan membuat list akan membuat ide-idemu semakin mngerucut dan kamu akan jauh lebih mudah dalam melakukan persiapan untuk membuat skripsi.

3. TEMBAK DOSEN PEMBIMBING

tembak dosen pembimbing [image source]

tembak dosen pembimbing [image source]

Dosen pembimbing skripsi adalah hal yang wajib  kamu miliki sebagai mahasiswa akhir. Ada beberapa kampus yang memiliki peraturan dosen pembimbing ditetapkan oleh Prodi (Pogram studi/jurusan) dan bukan ditentukan oleh mahasiswa sendiri. Jika sudah seperti itu maka kamu harus rajin-rajin melakukan pendekatan dengan dosen yang biasanya membimbing skripsi sesuai bidang yang kamu pilih. Kamu bisa tanya-tanya dan sharing terkait skripsi kepada dosen-dosen tersebut. Meskipun judulmu belum fix diterima, tidak ada salahnya belajar dari orang nomer satu di dunia program studi kampusmu.

4. BUAT TIMELINE

buat timeline [image source]

buat timeline [image source]

Timeline digunakan sebagai alarm bagi mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi dengan segera. Jangan sampai timelinemu itu satu tahun dalam menyelesaikan skripsi. Buat timeline sesingkat mungkin sebagai pemacu semangatmu untuk segera lulus. Dan buatlah fanisment untuk dirimu sendiri jika kamu melanggar atau lewat dari timeline yang sudah kamu buat.

5. MANAGE WAKTU

manage time [image source]

manage time [image source]

Jika kamu termasuk kedalam jajaran mahasiswa aktif di kelas dan juga organisasi, maka mengatur waktu adalah hal mutlak yang wajib kamu lakukan. Ada sebagian orang yang bisa mengatur waktu akademis dengan orgnisasi, ada juga yang tidak bisa. Jika kamu termasuk kedalam bagian orang-orang yang susah mengatur konsentrasi ke banyak pekerjaan, maka jauh lebih baik jika kamu mulai menfokuskan ke satu pekerjaan terlebih dahulu yakni skripsi. Tapi jika kamu termasuk orang yang bisa mengatur waktu antara organisasi dan skripsimu itu jauh lebih baik karena kamu bisa melakukan dua kegiatan yang positif sekaligus.

6. MOOD DATANG SESUKA HATI

mood datang sesuka hati [image source]

mood datang sesuka hati [image source]

Ketika mood untuk mengerjakan skripsi telah datang, maka segeralah ambil laptop dan selesaikan skripsimu. JANGAN MENUNDA! Karena bisa jadi mood tersebut hanya datang sejam. Satu jam mengerjakan skripsi lebih berharga dibanding berjam-jam berada didepan laptop tapi hati dan pikiran sedang tidak bersahabat atau tidak ada didepan laptop. Lawan rasa malasmu.

7. JADWALKAN REFRESHING

jadwalkan refreshing [image source]

jadwalkan refreshing [image source]

Jika pagi hingga sore kamu mengerjakan skripsi dan bosen karena seharian di depan laptop, maka kamu bisa refreshing atau sekedar kongkow bersama temanmu dimalam hari bisa menjadi moodbostermu. Jangan terus-terusan garap skripsi. Skripsi dan refreshing juga harus seimbang.

Ini hal yang harus kamu jadikan tes mentalmu, jangan pernah menyerah ketika hasil karyamu dicoret dengan tinta merah, kamu dimarah dan sebagainya. Anggap saja itu adalah bagian dari perjuangan menuju masa depan. Siapkan diri dan hatimu untuk menerima segala kritikan dan saran. Terima segala masukan yang diberikan oleh dosen pembimbing. Kalaupun kamu tidak setuju dengan argumen beliau, maka sampaikan secara baik-baik.

Well guys, itu tadi beberapa hal yang harus kamu lakukan agar kamu bisa lulus tepat waktu. Yang terpenting dari semua poin di atas adalah berdoa kepada Allah SWT dan meminta restu orang tua. Jika semua sudah ridho, kamu akan berhasil dalam mengerjakan tugas akhirmu dan tentunya kamu akan bisa lulus tepat waktu. Semoga bermanfaat. Semangat mahasiswa akhir!

No more articles