Sakit pada persendian memang menjadi masalah bagi banyak orang yang merasakannya. Biasanya penyakit ini diderita oleh pada orang yang sudah dewasa. Hingga kini belum diketahui bagaimana cara untuk menghilangkan rasa sakit pada persendian secara permanen. Namun dalam beberapa penelitian menunjukan bahwa ada beberapa makanan yang mampu memberikan efek anti-inflamasi seperti terdapat pada minyak zaitun, kacang-kacangan, dan lemak ikan, jenis makanan tersebut dipercaya ampuh untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi-sendi.

Perlu diketahui bahwa selain ada makanan yang mampu meredakan sakit pada persendian ternyata faktor sakit pada persendian juga bisa diakibatkan oleh makanan. Berikut adalah beberapa makanan yang mampu membuat persendian menjadi sakit atau bahkan bisa menambah rasa sakit saat mengkonsumsinya.

1. Buah Tomat

Buah berwarna merah ini terlihat sangat menarik untuk dimakan, karena buah tomat memberikan kesegaran saat menyantapnya. Meski banyak yang mengatakan buah tomat di anggap dapat memberikan efek-inflamasi, ternyata bagi penderita gout atau sering disebut arthritis di sarankan untuk tidak mengkonsumsinya. Karena dari beberapa survey di penelitian, dari 2.051 yang menderita gout, 20 persen menyatakan bahwa tomat mampu memicu nyeri pada sendi mereka.

buah tomat

buah tomat dapat memicu asam urat – image [source]

Dari data penelitian saat menganalisis 12.720 orang yang tak menderita gout, menyatakan bahwa ternyata mengkonsumsi buah tomat ternyata dapat meningkatkan kadar asam urat. Para peneliti menyampaikan, lebih baik untuk menghindari mengkonsumsi buah tomat dalam keseharian atau bagi yang takut terkena sakit persendian diharapkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah tomat. Jika memang anda ingin mengkonsumsinya sebaiknya dipastikan untuk secara teratur meminum obat yang diberikan dokter.

2. Bunga Matahari, Jagung, Minyak Kedelai dan Biji Kapas

Pasti anda tak asing dengan yang namanya asam lemak omega-3, vitamin ini memang sangat baik bagi tubuh. Tapi apa anda pernah mendengar tentang asam lemak omega-6, mingkin secara tidak sadar telah mengkonsumsinya secara berlebih. Asam omega-6 biasanya terdapat pada minyak kedelai, yang banyak dijumpai hampir disetiap makanan kemasan di supermarket.

omega-6

lemak omega-6 dapat memperparah sakit di persendian – image[source]

Lemak omega-6 ternyata dapat menimbulkan masalah dalam tubuh. Seperti bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti asma, penyakit jantung dan peradangan jika di konsumsi secara berlebih dengan rasio konsumsi asam lemak omega-6 berbanding omega-3 yaitu 10:1. Di sarankan bagi siapapun penderita rheumatoid arthritis untuk mengurangi mengkonsumsi omega-6 dari tiga ke satu. Omega-6 biasanya terdapat dalam makanan seperti gorengan, margarin, kuning telur dan daging.

3. soda

Sesuatu yang mengandung soda memanglah terlihat menyegarkan, contohnya seperti minuman bersoda yang kini sering di kita jumpai pada toko-toko dengan harga yang relatif terjangkau. Bahkan dari sekian banyak jenis minuman bersoda yang beredar, kini sudah ada soda yang memiliki label soda diet. Namun perlu di perhatikan meskipun menyegarkan saat diminum, bukan berarti bagi anda yang memiliki masalah sakit pada persendian bisa bebas mengkonsumsinya.

minuman soda

minuman soda dapat memicu timbulnya sakit persendian – image [source]

Meskipun berlabel soda diet, ternyata minuman ini tidak menjadikannya benar-benar aman untuk di konsumsi. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, ternyata walaupun telah berlabel soda diet, kita masih di mungkinkan terkena resiko diabetes dan juga penyakit jantung. Karena dalam soda diet juga masih mengandung gula yang dapat memicu pelepasan zat inflamasi yang berhubungan dengan resiko arthritis. Bagi kaum wanita yang gemar meminum soda pada setiap harinya, ternyata dapat terkena resiko 63 persen lebih besar terkena arthritis dari pada wanita yang tidak meminum soda sama sekali.

Sakit pada persendian memang membuat penderitanya sangatlah repot dibuatnya, selain menghambat pergerakan tubuh ini juga dapat menghambat kegiatan sehari-harinya. Maka dari itu bagi yang sedang mengalami sakit pada bagian persendian diharapkan untuk tidak banyak mengkonsumsi bahan makanan tersebut di atas atau bahkan menghindarinya.

No more articles