Tubuh manusia itu canggih. Sejak lagir kita sudah dibekali dengan sistem kekebalan yang berguna saat ada bibit penyakit atau virus yang masuk ke dalam tubuh kita. sistem kekebalan tersebut berupa sel darah putih atau leukosit yang bisa bergerak menembus dinding sel dan menuju organ tubuh yang kemasukan bibit penyakit. Bibit penyakit pun kemudian akan di makan oleh sel kekebalan tubuh ini.

Ini 5 Bahan Makanan Yang Kerap Memicu Alergi Beserta Gejalanya.

Ini 5 Bahan Makanan Yang Kerap Memicu Alergi Beserta Gejalanya. Image [source]

Sel kekebalan tubuh memang sangat bermanfaat. Tapi sayang, kadang ia salah dalam mendeteksi sesuatu yang dianggap sebagai kuman. Protein yang berasal dari bahan bahan makanan seperti telur, ikan laut, bahkan kedelai seringkali dianggap sebagai virus. Akibat kehadiran protein asing tersebut, sistem kekebalan jadi terpicu untuk aktif. Bukannya menghancurkan virus, sel sel tubuh kita sendiri pun ikut kena serang dan muncullah reaksi alergi seperti gatal gatal, bengkak ataupun melepuh. Berikut ini 5 bahan makanan yang menyebabkan reaksi alergi bagi banyak orang.

1. Makanan Yang Kerap Memicu Alergi: Susu

Makanan Yang Kerap Memicu Alergi: Susu

Makanan Yang Kerap Memicu Alergi: Susu Image [source]

Alergi susu umumnya terjadi pada bayi dan anak anak yang masih mengkonsumsi susui sapi atau susu kambing. Pada kasus ini sistem kekebalan tubuh anak salah menganggap protein yang ada susu sebagai zat yang berbahaya mirip kuman. Sistem kekebalan tubuh pun memproduksi imunoglobulin E untuk menetralkan ancaman tersebut. reaksi alergi bisa muncul dalam hitungan jam atau bahkan menit. si anak biasanya muntah muntah, sesak nafas , kulit kemeraha atau gangguan pencernaan. Ada yang bisa hilang sendiri seiring pertambahan umur, namun ada juga yang tetap alergi susu meski sudah dewasa. Penanganan paling jitu ya menghindari sumber makanan yang mengandung kasein ini.

2. Makanan Yang Kerap memicu Alergi: Telur

Makanan Yang Kerap memicu Alergi: Telur.

Makanan Yang Kerap memicu Alergi: Telur. Image [source]

Telur juga sering memicu reaksi alergi pada bayi dan anak anak. Sebagian besar alergi telur akan berkurang ketika bayi terebut tumbuh dan bertambah umurnya. Sumber telur sendiri bisa berasal dari asi yang ibunya mengkonsumsi telur. Gejala alergi dari ringan sampai mematikan. orang tua yang memiliki riwayat alergi telur juga rentan mewariskan sifat alergi telur ini pada anaknya. Cara penanganan adalah sebisa mungkin menghindari bahan bahan makanan yang ada undur telurnya.

3. Makanan Yang Kerap Memicu Alergi: Ikan Laut

Makanan Yang Kerap Memicu Alergi: Ikan Laut

Makanan Yang Kerap Memicu Alergi: Ikan Laut Image [source]

Alergi ikan merupakan kasus yang banyak ditemui. Biasanya alergi ikan ini muncul setelah orang memasuki usia dewasa. Ada yang menganggap bahwa penyebabnya karena orang tersebut jarang mengkonsumsi ikan. Beberapa jenis ikan yang kerap memicu alergi ini adalah ikan kembung, tongkol, tuna, sardin, kakap, cod, makerel, dan salmon. Bahkan mengkonsumsi masakan yang pancinya habis dipakai untuk masak ikan pun sering memicu reaksi alergi. Cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan menghindari makanan makanan yang mengandung ikan ikan ini. kebutuhan protein bisa di dapat dari mengkonsumsi protein pengganti.

4. Makanan Pemicu Reaksi Alergi: Kacang

Makanan Pemicu Reaksi Alergi: Kacang

Makanan Pemicu Reaksi Alergi: Kacang Image [source]

Kacang juga menjadi salah satu pemicu alergi yang banyak dialami oleh orang. reaksi alergi nya pun bisa ringan sampai fatal. Yang paling fatal adalah tekanan darah menurun drastis sementara saluran nafas menyempit. Ini terjadi lagi lagi karena sistem kekebalan salah mengartikan protein kacang sebagai ancaman. Alergi kacang bisa terjadi pada bayi maupun orang dewasa, yang punya keluarga dengan riwayat alergi kacang punya resiko lebih besar mengalaminya juga. penanganan dilakukan dengan menghindari makanan yang dibuat dari kacang. Bisa juga diberi obat anti histamin dan epinefrin untuk mengurangi gejala alergi.

5. Makanan Pemicu Reaksi Alergi: Gandum

Makanan Pemicu Reaksi Alergi: Gandum

Makanan Pemicu Reaksi Alergi: Gandum Image [source]

Gandum sebagai bahan makanan yang sering di pakai untuk membuat kue ternyata juga sering memicu alertgi. Zat pemicu alergi pada gandum ini sering disebut dengan glutten. Sering dengar kan makanan makanan yang dilabeli dengan bebas glutten. Reaksi alergi terhadap gandum ini juga enggak galah serius lho. ada yang ringan namunada juga yang sampai mengalami sesak nafas akibat saluran pernafasan menyempit. Orang yang punya alergi terhadap gandum tentu saja perlu hati hati dalam memilih bahan makanan yang bebas gandum ini.

Dari kelima bahan makanan yang sering memicu alergi tersebut, adakah yang juga memicu alergi saat kamu mengkonsumsinya. Kadang reaksi alergi susah di deteksi penyebabnya. kalau kamu sering gatal gatal namun belum tahu penyebabnya apa, coba ingat ingat apa kamu habis mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan bahan diatas atau tidak. Kalau ia, kemungkinan kamu alergi terhadap makanan itu. Untuk memastikannya, jangan segan pergi ke dokter.

No more articles