Saat ini smartphone memang telah menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang. Dengan harga yang cukup terjangkau serta ribuan aplikasi yang dapat membantu dan mendukung kegiatanmu membuat smartphone selalu menjadi pilihan favorit. Namun sayang tak semua orang bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan fungsi kinerja smartphone mereka.

Kebanyakan dari mereka hanya menggunakan tidak lebih dari 50% kemampuan yang bisa dilakukan oleh smartphonenya. Maka dari itu bagi mereka yang menggunakan smartphone haruslah mengetahu beberapa hal agar fungsi optimal bisa didapatnya. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengoptimalkan dan memaksimalkan fungsi smartphonemu.

1. Ketahui Kemampuan Android-mu

Hal ini sangat penting bagi kamu pengguna android. Kamu harus tahu sampai mana kemampuan android milikmu untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang telah banyak kamu install. Jika kamu belum tahu bagaimana melihat kemampuan androidmu, masuklah kedalam menu Setting.

Ketahui kemampuan android [ Image Source ]

Ketahui kemampuan android [ Image Source ]

Carilah menu Apps, kemudian masuklah kedalam menu tersebut. Geser tampilan ke tab Running. Nah disitu kamu bisa melihat kemampuan RAM dalam memuat berbagai aplikasi yang telah terinstall.

2. Singkirkan Aplikasi yang Tidak Perlu

Download aplikasi gratis di smartphone Android memang seru. Kamu bisa mencoba berbagai aplikasi baru yang kira-kira cocok dengan kebutuhan mobile-mu. Namun, kamu harus mengetahui bahwa aplikasi yang tak terpakai di smartphone-mu dapat menguras tenaga smartphone tersebut.

Singkirkan aplikasi yang tidak perlu [ Image Source ]

Singkirkan aplikasi yang tidak perlu [ Image Source ]

Untuk itu, segera lakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi yang tak terpakai di smartphone-mu. Performa smartphone akan selalu prima, kamu pun dapat mengunduh aplikasi bermanfaat lainnya.

3. Aturlah Tingkat Kecerahan Smartphone dengan Baik

Tingkat brightness yang berlebihan pada smartphone tanpa disadari juga turut andil dalam memperlambat performa smartphone-mu. Jadi, aturlah tingkat kecerahan yang tepat pada smartphone-mu.

Atur tingkat kecerahan [ Image Source ]

Atur tingkat kecerahan [ Image Source ]

Selain bermanfaat untuk menghemat daya baterai dan kinerja smartphone, pencahayaan yang optimal juga baik untuk menjaga kesehatan matamu. Mata jadi tidak mudah lelah karena paparan cahaya layar smartphone yang terlalu tajam dan berlebihan. Cara mengatur tingkat kecerahan di Android adalah dengan cara klik Settings > Display > Brightness.

4. Hapuslah Cache Aplikasi Secara Teratur

Seiring dengan banyaknya aplikasi yang di install pada smartphone-mu, sistem smartphone akan lebih sering membuat cache yang bisa membuat kapasitas smartphone menjadi penuh dan kinerja smartphone mulai melambat. Kamu bisa menghapus cache di Android dengan cara klik Settings > Apps > klik app yang sering digunakan > Clear Cache.

Hapus cache [ Image Source ]

Hapus cache [ Image Source ]

Namun, melakukan penghapusan cache secara manual seperti ini akan sangat menyita waktumu untuk membuka puluhan aplikasi dan menghapusnya satu per satu. Agar lebih praktis, gunakan saja aplikasi cache cleaner, seperti Clean Master yang akan menghapus cache di smartphone-mu secara berkala.

5. Minimalkan Penggunaan Launcher

Penggunaan launcher pada smartphone ternyata dapat mempengaruhi performa smartphone, lho. Memori smartphone-mu akan tersita untuk widget dan shortcut. Jadi, untuk mendapatkan tampilan homescreen yang simpel sekaligus meningkatkan performa smartphone, minimalkan penggunaan launcher yang dapat menguras kinerja smartphone-mu.

Minimalkan penggunaan launcher [ Image Source ]

Minimalkan penggunaan launcher [ Image Source ]

5. Pastikan Aplikasi dan Sistem Anda Selalu Up To Date

Melakukan pembaruan untuk setiap aplikasi dan sistem adalah hal yang harus kamu lakukan agar smartphonemu kembali meningkatkan performanya. Logikanya, jika setiap ada pembaruan tentu ada perbaikan yang sebelumnya terlewatkan oleh para developer, baik itu berupa bug dan peningkatan beberapa fitur yang ada.

Pastikan aplikasi dan sistem up to date [ Image Source ]

Pastikan aplikasi dan sistem up to date [ Image Source ]

Untuk melakukan pembaruan biasanya anda akan menemukan di area notifikasi layar, atau kamu bisa memeriksanya di Settings > about device > software update, cara ini adalah untuk semua merk smartphone berbasis android. Atau kamu juga bisa memeriksanya melalui Play Store, dengan cara membuka menu pada bagian kiri dan tekan My Apps.

6. Gunakan Kartu Memori Yang Tepat

Beberapa smartphone android mengindikasikan kartu memori tertentu yang dapat terbaca oleh sistem. Jika kartu memori yang dibaca tidak mendukung sistem android, yang terjadi adalah kartu memori akan rusak hanya dalam hitungan hari. Maka dari itu pilihlah kartu memori yang tepat agar dapat memaksimalkan kinerja android.

Gunakan kartu memori yg tepat [ Image Source ]

Gunakan kartu memori yg tepat [ Image Source ]

Pilihlah kartu memori yang memiliki kapasitas besar dengan kecepatan akses data yang tinggi. Jangan mengandalkan hanya karena kamu suka salah satu merk kartu memori saja. Karena bila tidak cocok, sebesar apapun kapasitas memorinya, tak berapa lama juga akan rusak.

7. Hindari Live Wallpaper

Jika kamu adalah pengguna baru android, dan suatu saat kamu menemukan fitur bernama Wallpaper Live, kamu tidak akan sabar menggunakannya. Padahal jika kamu mengaktifkan fitur tersebut, CPU smartphone-mu akan bekerja lebih keras sehingga membuat baterai cepat terkuras (walaupun tidak kamu gunakan). Dan setiap kamu menyalakan smartphone, secara otomatis beberapa aplikasi akan segera menjalankan service-nya, termasuk layanan Live Wallpaper.

Hindari live wallpaper [ Image Source ]

Hindari live wallpaper [ Image Source ]

Itu akan memberatkan tampilan awal smartphone-mu. Maka dari itu tak perlu menggunakan fitur tersebut, jika menginginkan wallpaper yang unik dan bagus, download saja wallpaper gambar kesukaanmu serta sesuaikan resolusi gambar dengan resolusi smartphone-mu.

8. Jangan Memakai Tema / Tema Tambahan

Seringkali kita merasa bosan dengan tampilan smartphone kita, dan akhirnya mendownload dan memakai Theme dari pihak ketiga seperti Go Launcer, Apus launcer, dll agar tampilan smartphone kita terlihat menarik dan enak dilihat. Memang dari segi tampilan akan terlihat lebih segar dan lebih baik, namun memakai Laucher seperti ini akan membuat smartphone mu LEBIH BOROS BATERAI dan KINERJA NYA LEBIH LAMBAT karena pemakaian Launcher ini menguras RAM smartphone kita.

Jangan memakai tema tambahan [ Image Source ]

Jangan memakai tema tambahan [ Image Source ]

Untuk tetap bisa memaksimalkan kinerja smartphonemu maka kamu harus rajin melakukan pembersihan pada file-file sampah yang memang tidak diperlukan lagi. Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan atau melakukan optimalisasi penggunaan memory dengan software pembersih memory.

Well guys, itu tadi beberapa tips agar smartphonemu bisa bekerja dengan optimal. Kamu bisa mencobanya mulai sekarang. Percuma saja namanya smartphone tapi menggunaannya tidak smart. Semoga bermanfaat yaa..

No more articles