Hidup dan mati manusia memang Tuhan yang menentukan. Tidak ada yang bisa menebaknya. Bisa mungkin hari ini, besok, lusa atau bisa juga lima menit lagi. Tetapi umur panjang dan resiko kematian juga dapat diperngaruhi oleh kesehatan dan gaya hidup seseorang.

Jangan sampai melewatkan hal-hal yang sebenarnya ringan hanya karena kita malas untu k melakukannya. Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan yang tanpa kita sadari dapat mendekatkan kita pada kematian. Berikut ulasannya.

1. Makan Junk Food terlalu banyak

Semua orang tentu berharap makanan yang dikonsumsinya dapat memenuhi nutrisi, baik vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun sayang, nyatanya tidak semua makanan yang kita makan bermanfaat bagi tubuh. Salah satu makanan yang tidak baik bagi kesehatan kita adalah makanan cepat saji atau biasa dikenal junk food.

Makan junk food [ Image Source ]

Makan junk food [ Image Source ]

Makanan cepat saji mengandung kalori yang sangat tinggi. Makanan cepat saji dapat beresiko tinggi diabetes karena asupan jumlah kalori yang diserap oleh tubuh sangat banyak. Jika kalori tidak dipergunakan dengan baik, maka tubuh akan menyimpannya sebagai lemak. Dan lemak berlebih dalam tubuh diyakini akan membuat tubuh gemuk.

2. Kurang tidur

Apakah kamu salah satu orang yang kurang tidur atau suka begadang? Jika ya, berhati-hatilah karena malaikat sang pencabut nyawa sedang berada di ruang tidurmu. Menurut penelitian, orang yang kurang tidur mempunyai resiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memenuhi kebutuhan tidurnya.

Kurang tidur [ Image Source ]

Kurang tidur [ Image Source ]

Pola tidur yang baik adalah tujuh hingga delapan jam semalam. Kurang tidur dapat melemahkan kekebalan tubuh, meningkatkan resiko terkena serangan jantung, tekanan darah tinggi, obesitas dan diabetes. Tidak mau kan terkena penyakit seperti itu?

3. Tidak pernah berolahraga

Gaya hidup yang buruk adalah termasuk kurangnya aktifitas fisik atau berolahraga. Semakin berkembangnya teknologi, pekerjaan yang dulunya melibatkan aktifitas fisik, kini sudah banyak yang diambil alih oleh sistem komputasi. Orang-orang semakin banyak yang menghabiskan waktunya didepan meja operator atau komputer. Pekerjaan yang menuntut banyak waktu untuk duduk, tanpa diimbangi dengan aktifitas secara fisik dan olahraga sangat beresiko berat terhadap kesehatan Anda.

Tidak pernah berolahraga [ Image Source ]

Tidak pernah berolahraga [ Image Source ]

Tekanna darah tinggi, sindrom metabolic, terganggu kesehatan tulang dan otot, resiko terkena kanker ganas adalah beberapa penyakit yang akan timbul bila tidak pernah berolahraga. Bergeraklah semasih bisa untuk bergerak.

4. Tidak safety riding saat berkendara

Mengendarai sepeda motor memang sangat menyenangkan dan sangat menarik. Tapi di satu sisi, mengendari motor juga penuh dengan resiko. Resiko tersebut bisa kita minimalisir atau bisa kita hindari jika kita memahami norma-norma berkendara yang baik. Ada baiknya jika kita berkendara selalu memperhatikan beberapa peraturan yang dibuat untuk keselamatan kita sendiri.

Safety riding [ Image Source ]

Safety riding [ Image Source ]

Mungkin tidak semua orang akan beruntung dalam berkendara, kita tentu saja tidak mau mengalami hal-hal yang tidak kita ingingkan bila sedang berkendara. Maka dari itu ada baiknya untuk melakukan safety riding dengan memakai helm dengan benar, memakai jaket, sarung tangan, serta sepatu.

5. Perokok pasif

Perokok pasif adalah seseorang yang tidak merokok secara langsung namun menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok di sekitarnya seperti di rumah maupun di lingkungan kerja. Meski tidak secara langsung merokok, perokok pasif bisa turut terkena dampak buruknya juga. Makin sering seseorang terkena asap rokok, makin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang dialaminya. Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk, baik secara sementara maupun dalam jangka panjang.

Perokok pasif [ Image Source ]

Perokok pasif [ Image Source ]

Terpajan asap rokok dapat langsung menimbulkan gejala seperti mata merah, sakit kepala, dan batuk-batuk. Asap rokok yang tersebar mengandung lebih dari 7000 jenis bahan kimia. Ratusan di antaranya telah terdeteksi berbahaya, seperti karbon monoksida dan amonia. Selain itu, asap rokok mengandung lebih dari 50 bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker, seperti arsenik, nikel, kadmium, dan formaldehida.

Mungkin kita melakukan hal-hal diatas tanpa sadar atau ketidaksengajaan. Ada baiknya untuk kita lebih memperhatikan hal-hal yang ringan ini karena sebenarnya ini merupakan hal yang penting untuk diketahui karena menyangkut masalah kehidupan kita. Tidak mau kan mati sia-sia hanya karena masalah sepele yang seharusnya tidak kita lakukan? Semoga tulisan ini bermanfaat ya..

No more articles