Hidup memang sangat rentan dengan semua hal yang harus dicapai bahkan tidak jarang kita menemukan hambatan dan halangan. Tetapi ketika ingin menemukan semangat dan passion yang hendak di capai maka sudah saatnya membuat jadwal dan komitmen untuk menjadikannya prioritas nomor satu dalam hidup.

Kalau hingga hari ini kamu masih belum menemukan passionmu, wajar kok, karena menemukan passion itu seiring dengan menemukan jati diri. Tapi mumpung masih muda, ada baiknya kamu mencoba menemukan passionmu mulai dari sekarang. Semakin cepat kamu menemukannya, semakin luas kesempatan yang terbentang di hadapanmu untuk bisa menggeluti dan mengembangkannya. Dan inilah 5 tips jitu untuk dilakukan yang bisa dimulai hari ini .

1. Menjadi Detektif, Selidiki Hidup

Ketika sudah memulai dengan perlahan dan menikmati waktu untuk diri sendiri kemudian harus gimana? Cobalah ambil ingat-ingat beberapa hal yang bisa membuat hidup menjadi lebih menyenangkan. Aktivitas apa saja yang membuat energi besar? Apakah yang melengkapi hidupmu selama ini? Apa yang sangat kamu yakini walau ditentang oleh hampir setiap orang yang kamu kenal?

Menjadi dektektif [ Image Source ]

Menjadi dektektif [ Image Source ]

Kemampuan apa yang ada padi dirimu yang paling menonjol? Apa hal yang paling kamu sukai sewaktu kecil? Kegiatan apa yang paling penasaran bagimu untuk mencobanya? Dalam seminggu buatlah jurnal dan tulis serta rekam bagaimana perasaanmu ketika sedang menjalani aktivitas hari demi hari. Kalau bisa jangan sampai melewatkan satu aktivitas pun karena usaha ini yang bisa mendekatkanmu dengan apa yang di inginkan dan jadi petunjuk.

2. Berkompromi untuk bereksplor

Setelah mulai mengerti kegiatan apa yang menjadi perhatian lebih banyak dan membuat bersemangat maka terus lakukan dan jauhi beberapa orang yang bisa mematahkan semangatmu. Ketika sudah meyakinkan diri maka gali lebih dalam apa yang bisa membuat semakin bersemangat.

Berkompromi untuk bereksplor [ Image Source ]

Berkompromi untuk bereksplor [ Image Source ]

Semakin sering melakukan maka akan semakin terlihat dan semakin mudah mengerti passion yang diinginkan.

3. Temui banyak orang

Selama proses berjalan maka yakini untuk terus berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Cobalah bertanya kepada mereka adakah perubahan yang terjadi hari demi hari terhadap diri dan masukan yang bisa membangun semangat lebih besar.

Temui banyak orang [ Image Source ]

Temui banyak orang [ Image Source ]

4. Tetapkan untuk Terbuka dan Fleksibel

Terakhir ketika sudah tahu dan mengikuti apa yang menjadi ketertarikan, terkadang akan ada kesulitan yang tidak pernah terpikirkan. Jadi sangat penting untuk bersikap terbuka dan fleksibel terhadapa semua kemungkinan yang ada. Memang kadang kita tidak akan pernah tahu bahwa sesuatu yang senang dikerjakan dapat membuatmu jauh lebih baik namun harus yakin bahwa keinginan tersebut bisa membawamu ketempat yang diinginkan.

Terbuka dan fleksibel [ Image Source ]

Terbuka dan fleksibel [ Image Source ]

Berhasil menemukan passion berarti kamu sudah maju selangkah lebih dekat ke dirimu sendiri. Yang berikutnya harus kamu lakukan adalah bertahan di jalurnya dan tetap konsisten. Rasa bosan itu pasti ada, tapi percayalah bahwa hal inilah yang akan membuatmu merasa cukup.

Nah, sudah siap mengajukan berbagai pertanyaan pada diri sendiri agar bisa menemukan passionmu?

No more articles