Jika kamu tinggal terpisah dari orang tua, jauh dari keluarga, dan tentu hanya tinggal di kos-kosan, kelabakan di akhir bulan mungkin sering kamu rasakan. Sudah habis uang dari orang tua dan tanggal ” gajian ” tak kunjung datang. Mungkin keinginan untuk hemat itu selalu ada, tapi selalu juga untuk gagal dipenuhi.

Gagal berhemat juga bisa terjadi karena cara kita yang salah. Ini ada beberapa saran untuk menghemat uang bulananmu. Yuk simak!

1. Belanja sesuai kebutuhan

Seringkali yang terjadi pada saat mendapat “gaji” dari orang tua hal yang kita lakukan pertama kali adalah pergi ke supermarket untuk belanja bulanan. Tapi justru tanpa kamu sadari kebiasaan itu akan membuatmu boros. Saat belanja bulanan, kita seakan menganggap seluruh barang yang kita butuhkan habis dan perlu membeli persediaan yang baru.

Belanja sesuai kebutuhan [ Image Source ]

Belanja sesuai kebutuhan [ Image Source ]

Belum lagi, belanja di awal bulan akan memperbesar kemungkinan godaan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Mulai sekarang lebih baik berbelanjalah saat memang perlu dengan kebutuhan tesebut.

2. Cuci baju sendiri

Kedengerannya memang menghabiskan banyak waktu. Tapi ini adalah cara yang paling efektif untuk berhemat. Jika untuk laundry kamu akan menyiapkan uang sekitar 200ribu setiap bulannya, bayangkan jika kamu konversi jadi uang untuk makan.

Cuci baju sendiri [ Image Source ]

Cuci baju sendiri [ Image Source ]

Bahkan bukan hal yang lumayan lagi untuk seorang anak kos. Anggaplah mencuci baju sendiri sebagai olahraga yang bisa kamu lakukan di kos-kosan. Selain untuk olahraga, kamu juga akan merakasan kesegaran airnya.

3. Jalan kaki ke kampus

Kita mungkin tahu harga bensin sedang tidak stabil. Naik turun. Nah, jalan kaki ke kampus bisa jadi solusi kamu untuk berhemat dalam budget bensinmu. Bahkan tidak ada ruginya sama sekali. Selain akan berhemat dan sehat karena secara tidak langsung kita melakukan olahraga setiap ke kampus, kau pun bisa sekalian ‘olahraga mata’ alias melihat orang-orang yang menarik sepanjang perjalanan.

Jalan kaki ke kampus [ Image Source ]

Jalan kaki ke kampus [ Image Source ]

4. Jangan tergoda diskon

Diskon? Hmm .. apa yang kamu bayangkan jika mendengar dan melihat kata diskon. Pasti akan sangat susah untuk tidak tergoda hal yang satu ini. Biarpun susah, kamu harus bisa menahan dirimu dari godaan ini. Diskon akan membuatmu membeli barang-barang yang sebagian tidak kamu butuhkan.

Jangan tergoda diskon [ Image Source ]

Jangan tergoda diskon [ Image Source ]

Selain itu, kamu pun juga sebenarnya tahu jika barang yang di diskon tersebut merupakan barang yang sudah di naikkan harganya terlebih dahulu sebelum di jual. Daripada membeli barang diskon, lebih baik tabung saja uangmu. Nanti akan ada saatnya kamu membeli barang dengan kualitas yang lebih baik dan lebih murah.

5. Puasa

Puasa adalah menahan makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Semua agama tentu mengajarkan puasa. Karena puasa baik untuk kesehatan. Berpuasa sangat jelas akan membuatmu berhemat karena akan mengurangi satu kali jatah makanmu setiap harinya.

Puasa [ Image Source ]

Puasa [ Image Source ]

Sudah hemat dapat pahala pula. Tapi harus selalu diniatkan untuk puasa ya jangan hanya sekedar untuk berhemat. Selain sehat kamu juga bisa berhemat.

6. Jadilah lebih produktif

Semakin banyak waktu luang yang kamu punya, maka kamu akan semakin boros. Ini karena kegiatan yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang membutuhkan banyak uang seperti menonton bioskop, makan, main game atau yang lainnya.

Jadilah lebih produktif [ Image Source ]

Jadilah lebih produktif [ Image Source ]

Sekarang, coba untuk memperbanyak kegiatan di luar kuliah. Kamu bisa ikut organisasi di kampus, kepanitian atau kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Selain menghemat uang, kamu juga bisa memperluas wawasan dan memperoleh banyak teman.

Awal-awal berhemat mungkin akan susah untuk dilakukan. Tapi jika sudah terbiasa, kamu akan merasakan uang bulananmu yang tak ada habis-habisnya dan kamu bisa menabung serta membeli keperluan pribadimu, anggap saja itu apresiasi dari hasil kamu berhemat.

Nah, itu tadi hal-hal yang bisa kamu terapkan untuk jadi hemat. Semoga bermanfaat ya.

No more articles