Disiplin merupakan jalan menuju sukses. Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjdi tanggung jawabnya. Sering kali orang menjadi tidak disiplin karena sering menunda-nunda pekerjaan hanya karena hal yang sepele, seperti malas. Berapa tugas yang yang belum di kerjakan?

Kita sering kali direpotkan dengan kebiasan buruk yaitu menunda-nunda pekerjaan. Padahal mereka yang mampu melawan godaan menunda pekerjaan yang akan meraih kesuksesan dengan lebih cepat. Kamu tentu ingin sukses dengan di awali disiplin kan? Mari hentikan kebiasaan burukmu dalam menunda sesuatu.

1. Ingatlah bahwa tugasmu banyak

Don’t wait. The time will never be just right. Kamu pasti tahu bahwa pekerjaan yang kamu tunda bukanlah satu-satunya yang harus dikerjakan. Masih ada hal yang penting yang harus kamu lakukan selain pekerjaan rumahmu, selain tugas kuliah dan pekerjaan-pekerjaan yang lain.

Tugasmu banyak [ Image Source ]

Tugasmu banyak [ Image Source ]

Ingatlah dirimu selalu bahwa jika kamu tidak segera menyelesaikan suatu hal, maka pekerjaan yang lain akan menumpuk juga. Jangan buang waktumu! Lakukanlah apa yang kamu bisa saat ini juga.

2. Buatlah daftar catatan tentang apa saja yang akan kamu lakukan, entah kamu sukai atau tidak

Untuk hari ini kamu akan melakukan apa saja masukkanlah dalam catatan to-do list mu. Buat urutan sesuai dengan skala priorotas dari hal yang paling penting dan mendesak. Kemudian tempel catatan yang kamu buat itu dan letakkan dimanapun yang selalu terlihat mata. Kemanapun kamu pergi kamu akan terus melihatnya dan secara tidak langsung kamu akan terus melakukannya.

Buat to do list [ Image Source ]

Buat to do list [ Image Source ]

3. Kurangi keinginan untuk melakukan hal yang tidak penting

Godaan untuk melakukan hal yang tidak penting memang sangat sulit untuk dilakukan. Memang jika tidak menyukai pekerjaan yang dilakukan akan membuat kita menunda pekerjaan tersebut, tapi bagaimanapun itu adalah tanggung jawabmu dan kamu harus melakukannya.

Kurangi hal yang tidak penting [ Image Source ]

Kurangi hal yang tidak penting [ Image Source ]

Jangan terjebak untuk menundanya apalagi berpindah focus pada pekerjaan yang sebenarnya tidak penting dan tidak ada dalam to do list yang kamu buat. Ingatlah selalu tujuan akhirmu, dan lakukan tugasmu.

4. Ingat hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan setelah tugasmu selesai

Setelah kamu selesai mengerjakan pekerjaanmu dan sanggup untuk tidak menundanya, berikanlah dirimu penghargaan. Berikanlah dirimu hadiah. Tak usah besar-besar atau mahal-mahal, yang jelas manjakanlah dirimu.

Hal menyenangkan [ Image Source ]

Hal menyenangkan [ Image Source ]

Mungkin hanya sekedar makan ditempat favorit, jalan keliling kota dengan teman-teman, membeli satu dua baju atau hanya sekedar tidur untuk melepas penat. Yang pasti, selalu berikan apresisasi kecil untuk setiap targer yang berhasil kamu capai.

5. Hukum dirimu ketika kamu lalai melakukan kewajiban utama mu

Dalam kesuskesan pasti ada kalanya kamu akan gagal dalam mencapai tujuan atau melakukan rencana yang kamu buat di to do list sebelumnya. Jika ini terjadi, berikanlah hukuman kecil bagi dirimu.

Hukum dirimu [ Image Source ]

Hukum dirimu [ Image Source ]

Bukan dengan maksud untuk menyiksamu, tapi kamu bisa melakukannya dengan membatasi diri dengan pemotongan jam online di media social yang kamu miliki, menunda membeli barang yang kamu sukai, atau membatalkan rencana berjalan-jalan dengan temanmu. Sedikit hukuma kecil ini sangat perlu untuk menjadikanmu disiplin dalam melakukan hal-hal yang sudah menjadi tanggung jawabmu.

6. Ingatlah jika tugasmu tuntas, kamu akan terbiasa disiplin dan disiplin akan membuatmu sukses

Pikirkanlah tentang tujuan akhir yang akan kamu capai jika tugasmu telah tuntas. Ingatlah jika kamu sudah melakukan hal-hal di atas kamu akan terbiasa untuk selalu dispilin mengerjakan segala apa yang menjadi tanggung jawabmu. Dan bila itu sudah terjadi, bukan hal yang sulit untuk mendapatkan sebuah kesuksesan.

Disiplin membawa suskes [ Image Source ]

Disiplin membawa suskes [ Image Source ]

Ingatlah. Kamu harus keluar dari zona nyamanmu sekarang dan kamu akan mendapatkan kenyaman yang sesungguhnya hasil dari pengorbananmu selama ini. Pencapaian membutuhkan pengorbanan. No pain, No gain.

Well guys, itu tadi sedikit kiat untuk kamu mencapai kesuksesan dengan disiplin. Disiplin sangat mudah dilakukan jika kamu membiasakan dirimu mulai sekarang. Selamat mencoba semoga bermanfaat..

No more articles