Minum merupakan aktivitas penting dalam hidup kita. Menahan lapar mungkin bisa kita lakukan dengan mudah, namun menahan haus akan lebih susah dilakukan. Penyebabnya adalah tubuh kita 80 persennya merupakan air. Air tersebut berfungsi sebagai media berbagai macam reaksi kimia yang di perlukan tubuh. Sebagai contoh, sel-sel tubuh kita mendapatkan nutrisi yang larut dalam cairan darah. Suplai oksigen juga di dapatkan sel tubuh dari cairan darah. Kita perlu minum air dalam jumlah cukup karena setiap saat tubuh kita kehilangan air. Air terus menerus di keluarkan oleh tubuh kita lewat pori-pori. Tujuannya untuk mengatur suhu tubuh tetap stabil. Jika tubuh kita kepanasan misalnya, keringat akan dikeluarkan ke permukaan tubuh lewat pori. Dengan keluarnya keringat ini tubuh menjadi dingin ketika keringat menguap ke udara. Karena terus kehilangan air lewat keringat inilah kita harus banyak-banyak minum.

Terlalu Banyak Minum Air Panas Ternyata Berbahaya

Terlalu Banyak Minum Air Panas Ternyata Berbahaya. image [source]

Ada dua tipe orang di dunia ini terkait dengan kebiasaan minum mereka. Tipe orang pertama, suka minum minuman dingin. Sedangkan tipe yang ke dua, suka meminum minuman panas. Anda termasuk tipe yang mana? Jika anda termasuk penyuka minuman panas maka anda perlu berhati hati. Penyebabnya beberapa penelitian menunjukkan terlalu banyak meminum minuman panas ternyata membawa efek buruk bagi tubuh. Efek buruk apa saja yang ditimbulkan akibat meminum minuman panas ini? Berikut ini penjelasannya.

1. Air Panas Mempunyai Kontaminan Yang Lebih Tinggi.

Seperti kita ketahui, semakin panas air maka zat zat tertentu semakin mudah larut kedalamnya. Ya seperti ketika kita melarutkan gula, lebih mudah mana melarutkan gula dalam air panas atau dalam air dingin. Gula mudah larut dalam air panas bukan. Begitu juga, bila kita meminum air dalam keadaan panas, kemungkinan besar logam logam yang berasal dari alat pemanas masih terlarut dalam air panas tersebut.

Air Panas Mempunyai Kontaminan Yang Lebih Tinggi

Air Panas Mempunyai Kontaminan Yang Lebih Tinggi. image [source]

Kemungkinan besar banyak timbal yang masih banyak larut dalam minuman panas yang kita minum. Terlalu banyak timbal berbahaya bagi tubuh kita. Timbal merupakan logam berat dan logam berat bersifat racun bagi tubuh kita.

2.Air Panas Membuat Lapisan Permukaan Mulut Melepuh.

Meminum air panas kadang berbahaya bagi lapisan permukaan mulut. Air panas dapat merusak selsel epitel yang melapisi permukaan mulut. Akibat terkena aliran air panas ini sel sel lapisan permukaan mulut akan mati dan bisa memicu sariawan. Sebaiknya jika ingin meminum minuman yang masih panas, diamkan dulu beberapa saat, kemudian tes dengan minum sedikit untuk memastikan suhu air tersebut aman bagi mulut kita.

Air Panas Mempunyai Kontaminan Yang Lebih Tinggi

Air Panas Mempunyai Kontaminan Yang Lebih Tinggi. image [source]

Atau jika terburu buru ingin menghabiskan minuman, sedangkan suhunya masih panas, kamu bisa menggunakan tempat yang permukaan nya melebar. Contohnya piring kecil yang biasanya digunakan sebagai alas menyajikan minuman. Tuang minuman panas ke tempat yang permukaannya lebar tersebut agar minuman lebih cepat dingin. Sebetulnya mencemplungkan sendok besi ke dalam minuman juga mempercebat proses pendinginan. Sendok besi merupakan penghantar panas yang baik. Dengan mencelupkan ujung sendok ke minuman panas, maka panas akan merembet dari minuman ke udara di atas melalui gagang sendok. Dengan begitu minuman akan cepat dingin.

3. Memicu Luka Bakar Ringan Pada Saluran Pencernaan

Selain membuat mulut melepuh, ternyata air panas yang kita minum juga bisa menimbulkan luka bakar ringan pada bagian saluran pencernaan yang sensitif. Bagian yang rentan terkena luka bakar ringan akibat meminum air panas ini adalah bagian kerongkongan. Malah dari penelitian terakhir terlalu sering meminum air panas ini juga mempertinggi resiko terkena kanker esofagus. Aliran air panas yang jauh melebihi suhu internal tubuh juga bisa melukai bagian saluran pencernaan lainnya seperti lambung dan usus.

Memicu Luka Bakar Ringan Pada Saluran Pencernaan

Memicu Luka Bakar Ringan Pada Saluran Pencernaan. image [source]

Seperti yang kita ketahui, di dalam rongga sistem pencernaan kita permukaannya cuma dilapisi dengan sel epitel tipis. Saking tipisnya lapisan dalam organ pencernaan tersebut sangat peka terhadap panas. Kulit luar kita saja jika tersiram minuman panas kadang melepuh bukan, bisa di bayangkan apa yang akan terjadi jika lapisan dalam organ pencernaan tersiram cairan yang sama. Tentu juga akan melepuh seperti kulit luar kita. Maka itu jika hobi meminum minuman panas, suhunya harus dikurangi.

4. Meminum Terlalu Banyak Air Merusak Ginjal

Berbeda dengan anggapan sebagian besar orang yang berpendapat bahwa semakin banyak minum air, maka semakin bagus pula bagi kesehatan tubuh kita. Ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Meminum terlalu banyak air menyebabkan sistem pembuangan air bekerja lebih keras dari yang seharusnya.

Meminum Terlalu Banyak Air Merusak Ginjal

Meminum Terlalu Banyak Air Merusak Ginjal. image [source]

Tubuh kita mempunyai ginjal dan saluran saluran khusus yang berfungsi untuk mengolah dan membuang kelebihan air di dalam tubuh. Meminum air panas untuk membersihkan ginjal serta saluran salurannya tidak akan berhasil. Ginjal dan salurannya malah di paksa bekerja lebih keras untuk menyaring dan membuang kelebihan air tersebut. Untuk itu jika ingin ginjal dan salurannya sehat, minum saja seperlunya dan tidak melulu harus air panas.

5. Menganggu Jantung Dan Sistem Peredaran Darah.

Sebagian besar darah yang mengalir dalam tubuh kita berupa cairan. Jika kita meminum terlalu banyak air, maka efeknya volume darah kira akan meningkat. Dalam tubuh, darah kita mengalir melewati pembuluh darah yang ukurannya sudah tertentu.

Menganggu Jantung Dan Sistem Peredaran Darah

Menganggu Jantung Dan Sistem Peredaran Darah. image [source]

Ketika volume darah bertambah maka saluran pembuluh darah ini akan terisi melebihi kapasitasnya. Demikian pula, jantung harus memompa sejumlah volum darah di atas beban normalnya. Resiko terkena penyakit jantung menjadi meningkat. Tekanan darah juga menjadi lebih tinggi dari yang seharusnya akibat peningkatan volume darah ini.

6.Membuat Sel-Sel Di Bagian Tertentu Pecah

Air yang kita minum langsung menuju ke darah. Darah berisi cairan cairan elektrolit yang kadarnya seimbang dengan elektrolit yang ada di dalam sel sel tubuh. Ketika banyak minum air, maka cairan darah akan lebih encer dari cairan di dalam sel tubuh. Untuk menjaga keseimbangan kadar elektrolit air dari darah akan masuk ke sel-sel tubuh, namun cairan dari sel tubuh tidak dapat keluar ke cairan darah karena tidak bisa melewati membran sel yang bersifat selektif permeabel.

Membuat Sel-Sel Di Bagian Tertentu Pecah

Membuat Sel-Sel Di Bagian Tertentu Pecah. image [source]

Semakin banyak kelebihan air yang kita minum, semakin banyak pula air yang masuk mengisi sel tubuh. Akibatnya tekanan sel menjadi semakin besar. Jika tekanan air dalam sel terlalu besar, sel akan pecah. Jika sel yang pecah ini berada di bagian otak, maka kita akan merasa pusing pusing.

Itulah ulasan beberapa efek buruk dari meminum terlalu banyak air panas. Jadi agar tubuh kita sehat, kita harus minum air dalam jumlah yang tidak berlebihan. Di samping itu suhunya juga harus sesuai, tidak terlalu panas.

No more articles